Header Ads

Cara Membuat Puree Pisang/Alpukat/Pepaya

  1. Yang harus pertama kali dan yang paling penting diperhatikan adalah rasa dari buah. Pilihlah buah yang paling manis dari jenisnya. Jika rasa buah kurang enak, maka besar kemungkinan bayi akan menolak makan dan bisa menjadi trauma jika diberi buah yang sama dilain waktu. Biasanya yang digunakan adalah pisang ambon, alpukat mentega dan pepaya california.
  2. Pastikan buah yang akan diolah sudah matang. Pisang ambon matang ditandai dengan adanya bercak cokelat kehitaman dikulit buah, alpukat mentega matang berwarna hijau pekat dan agak lunak jika ditekan, serta pepaya matang ditandai dengan warna kulit buah yang berwarna orange bahkan ada bercak kecokelatannya dan permukaan kulit yang tidak kencang lagi seperti pepaya muda.
  3. Pisang : buka setengah kulit pisang, kerok pelan bagian daging buah dengan lembut. Sisakan bagian bijinya. Jika satu sisi sudah habis, lanjut dengan sisi belakangnya.
  4. Alpukat : potong buah menjadi dua bagian, buang bijinya. Kerok lembut bagian daging buah dengan sendok. Ambil saja bagian kuningnya dan tinggalkan yang bagian hijau karena rasanya agak pahit.
  5. Pepaya : potong buah pepaya sesuai kebutuhan. Buang bijinya. Kerok lembut bagian daging buah dengan sendok. Jangan mengerok buah terlalu dekat dengan kulit karena rasa buah akan lebih pahit. 
  6. Jika hasil kerokan dirasa terlalu padat untuk bayi, maka bisa ditambahkan air matang. Biasanya yang ditambahkan air hanya pisang dan alpukat karena memiliki tekstur yang agak kental. Sedangkan pepaya karena mengandung banyak air maka teksturnya sudah pas diberikan untuk bayi yang baru memulai MPASI sekalipun.
  7. Buah-buah ini lebih enak diberikan dalam keadaan segar. Jadi jangan disimpan dikulkas atau dibekukan ya moms.

No comments