Header Ads

Perkembangan Anak Usia 1,5 Tahun


Byan bener-bener udah gede lho om tante. Udah nggak bisa disebut bayi lagi, tapi anak kecil yang tingkahnya udah macem-macem. Beda baget deh waktu masih usia satu tahun kemaren. Sekarang udah bisa diajak dan ngajak main, milih-milih mainan apa yang dia mau, suka coret-coret, dan buanyaaaakk lagi. Yuk dibahas satu-satu.

Pertumbuhan Fisik.
Walaupun berat badan Byan termasuk kurang dari yang seharusnya, tapi kata dokter masih oke. Kemaren sih sempet sampai 10 kg, cuma karena bapil trrus tumbuh gigi yang bikin makannya susah ampun-ampunan, turun lagi jadi 9,6 kg. Mamaknya yang pengen nangis, huhuhu. Sebulan aja belum tentu naik, eh seminggu aja bisa turun hampir setengah kilo. Ya sudah lah ya, yang penting Byan udah sembuh. Kalau tinggi badannya sih normal, sama lah dengan teman-teman seumurannya yaitu 80 cm. 
Gigi geraham juga mulai tumbuh. Dua dibawah, dua diatas. Jadi langsung 4 gigi yang tumbuh. Kebayang kan sakitnya itu gimana, hiks. 

Kosa Kata
Byan udah bisa manggil Ayah. Kalau Bunda sih belum, susah kali ya. Sering meniru kata-kata yang dia dengar. Jadi udah mulai hati-hati kalau ngomong didepan dia sekarang. Walaupun Byan belum bisa merangkai kata, tapi Alhamdulillah mengucapkan satu kata dan meniru sudah bisa. 

Motorik
Hmmmmm kalo ngomongin perkembangan motoriknya bakalan panjang ini. Udah bisa macem-macem soalnya. Lari-larian kesana kesini, keliling rumah entah berapa puteran sehari. Apalagi kalau dibiarkan bebas sendirian diarea yang luas dan kosong, waaah bahagia banget dia lari-lari sambil ketawa-ketawa. Pokoknya nggak bisa diem. Sering meniru apa yang dilakukan orang lain. Kalau bundanya nyapu, pasti dia ikutan nyapu dengan sapu yang lain haha. Tingkat penasarannya meningkat berkali-kali lipat, apa-apa pasti dipretelin. Setiap hari bundanya bisa berkali-kali beresin rumah, kalo nggak nanti Byan bisa jatoh keinjek mainannya sendiri. Manjat-manjat juga hobi banget. Kadang dibiarin sebentar aja udah manjat sofa, kasur dan udah jatoh ke lantai (berasa gagal jadi ibu kalau ngeliat Byan jatoh begini). Lempar-lempar mainannya juga seneng banget, tapi ajaibnya nanti pasti diambil lagi dan dimasukin ke keranjang mainannya. Walaupun nggak semuanya sih, tapi itu bikin terharu bunda lho, hehe. Corat-coret sana sini juga merupakan salah satu kegiatan favorit Byan. Kalau lupa ngasih buku atau ditinggal sebentar dengan alas tulisnya, pasti dinding, lantai dan pintu yang jadi korban. Muka Byan sudah kaya dengan ekspresi, kalau sakit kena sesuatu pasti langsung monyong-monyong sambil mengernyit, tutup muka sambil geleng-geleng kalau nggak mau makan, pura-pura nangis untuk menarik perhatian dan banyak lagi ekspresi lain yang sering bikin ngakak. Dikasih instruksi sederhana juga udah pinter, misalnya bunda bilang "mana matanya? Mana hidungnya? Mana kakinya?" Pasti langsung nunjuk ke mata, hidung dan kakinya. Yang paling lucu kalau bilang "mana gantengnya?" Telunjuknya langsung ke pipi sambil memperlihatkan senyum pepsodent dan kapala dimiringin. MasyaAllah :)

Ketertarikan 
Kalau dulu Byan dikasih mainan apa aja udah seneng, sekarang udah milih-milih. Kalau nggak suka ya dibuang. Udah sering minta dibacain buku, apalagi buku dengan gambar binatang, wuuuiiihh sampe teriak-teriak saking girangnya. Terus suka milih-milih pensil warna buat coret-coret dan minta dibikinin gambar dibuku. Kalau bundanya yang milih pensil warna, langsung ribut dia, haha. Tertarik dengan hal baru yang belum pernah dilihat sebelumnya, tapi kalo udah dapet yang dia mau, dimaenin sebentar doang terus ditinggal. Alamaaakkk kadang yang satu ini bikin jengkel, sering dibeliin mainan eh cuma dipegang semenit doang terus dilempar.

Selera Makan
Masalah ibu-ibu sedunia ini bener-bener menguras emosi mamaknya. Susaaaaaaah banget kalo disuapin makan. Udah dimasakin beranekaragam masakan sampai nyari resep sana sini, nggak dimakan juga. Yassalam.
Tapi tetap harus sabar dan optimis badai GTM ini cepat atau lambat akan berlalu.

Begitulah perkembangan Byan diusia 1,5 tahun ini. Mungkin ada beberapa yang lupa ditulisin, tapi secara garus besar sudah menggambarkan keseluruhannya.

Inget ya moms, setiap anak itu unik dengan pertumbuhan dan perkembangannya masing-masing. Stop membandingkan anak kita dengan anak orang lain.

Semoga bermanfaat :)


No comments