Header Ads

Review Slow Cooker Takahi


Pas lagi galau-galaunya karena Byan mau mulai MPASI, alat inilah yang membuat segalanya terasa mudah, haha. Bukan iklan lhooo..tapi beneran kalo slow cooker itu membuat kegiatan masak-memasak MPASI semakin gampang nggak pake ribet. Masukkan semua bahan, colokin sebelum tidur, paginya mateng deh. Kalau sesuai buku petunjuk sih 4-6 jam dengan suhu tinggi. Berhubung slow cooker yang aku punya nggak ada pengaturan suhu, ya udah bablas aja dari malam sampai pagi, palingan cuma kelabihan setengah jam.


Pasti ada yang kaget nggak percaya kaan??? Emang itu nggak gosong ya? Dimasak selama itu nutrisinya nggak ilang? Karena alat ini memang dibikin untuk memasak dengan lambat (namanya aja slow cooker) jadi jangan khawatir dengan nutrisi makanannya, tetap terjaga kok. Kecuali ada beberapa makanan yang nggak bisa dimasak lama seperti keju, susu, seafood atau sayuran jika ingin mempertahankan warnanya karena jika dimasak lama warnanya akan jadi tidak menarik. Bahan-bahan ini bisa dimasukkan 2 jam sebelum dimatikan. Sebaiknya bahan yang bertekstur keras dipotong kecil agar masak maksimal. Supaya tidak tumpah-tumpah selama proses memasak, jangan diisi penuh sampai bibir panci, sisakan kira-kira 3-4 cm. Terus jangan sering membuka tutupnya karena bisa menyebabkan hilangnya panas sehingga waktu memasak jadi lebih lama. Taruh bahan makanan yang paling lama matang dibagian paling bawah. 

Kalau masalah perawatan sih gampang, cuma butuh kehatian-hatian aja karena pancinya kayak terbuat dari tanah liat gitu dan tutupnya kaca, rawan pecah banget kan. Dinginkan dulu selama 2 jam setelah colokan dicabut, baru boleh dicuci. Soalnya perubahan suhu yang drastis akan membuat panci dan tutup kacanya jadi gampang pecah. Terus sebisa mungkin sebelum menaruh panci di alat masaknya dilap kering dulu supaya nggak berkarat. 

Slow cooker dengan merek Takahi ini punya beberapa ukuran, nah yang aku punya ukuran yang paling kecil yaitu 0.7 liter. Cukup lah buat masak MPASI untuk sehari. Kalau ukuran yang besar mungkin bisa digunakan untuk masak makanan keluarga. Pancinya juga ada beberapa tipe yaitu premium, original dan puple clay. Hanya seri premium yang bisa digunakan untuk memasak diatas kompor dengan api kecil. Untuk masalah tenaga listriknya nggak usah dipikirin deh, kecil banget cuma 55-65 watt (mungkin beda ukuran beda juga watt-nya).

Gimana moms? Berminat? Dijamin bikin MPASI jadi lebih mudah.



No comments