Header Ads

Review dokter anak Dr. Hj. Siti Budiati, SpA


Ini dokter pertama yang megang Byan mulai dari lahir sampai 2 bulan. Kenapa cuma 2 bulan? Bukan karena dokternya nggak bagus, tapi karena jadwal prakteknya yang waktu itu nggak ada di hari sabtu. Kasian juga maksain bawa Byan yang masih mungil unyu-unyu keluar malem-malem setelah ayahnya pulang kerja. Apalagi waktu itu lagi musim hujan.

Kesan pertama adalah energik, wanita powerfull, hehe. Selalu bersemangat saat menghadapi pasien. Saat Byan kuning (padahal cuma dipegang doang udah langsung tau), Dokter Atik juga nyuruh kita buat periksa lab agar melengkapi diagnosanya. Ada positif dan negatifnya sih. Buat emaknya Byan yang super duper panikan ini pasti heboh banget kalo anaknya bakalan disuntik buat ngambil darah, kasian masih seumur jagung udah ditusuk-tusuk. Tapi positifnya kita bisa tau dengan pasti kadar billirubinnya berapa dan waktu itu Byan juga didiagnosa kalau hatinya belum matang. Jadi bisa langsung dikasih obat yang pasti pas untuk menanganinya. Selain itu juga diajarin bagaimana membangunkan bayi yang lemes karena terkena kuning, berapa takaran ASI yang harus diminum agar sembuh, dan yang paling oke dari dokter atik ini adalah kita disuruh usaha dulu dirumah selama 3 hari untuk menaikkan billirubin Byan tanpa tergesa-gesa menyuruh masuk ke ruang penyinaran. Nggak kebayang deh Byan nginep di rumah sakit waktu itu. Alhamdulillah setelah diberi waktu Byan pulih dari sakit kuningnya.

Kalau kita nanya sesuatu, pasti bakalan dijawab panjang kali lebar haha. Sangat komunikatif kalau menjawab pertanyaan dari pasien. Sayangnya saat terakhir ketemu nggak dikasih tau kalau pas 3 bulan harus diimunisasi rotavirus. Emang disuruh balik sih waktu itu, cuma karena dijadwal imunisasi nggak ada vaksin yang diberikan pas usia 3 bulan aku jadi nggak konsul deh. Kelewat satu vaksin jadinya, padahal pengen ngasih lengkap ke Byan. Mungkin saja waktu itu beliau lupa ngasih tau dan aku juga masih awam dalam ilmu perimunisasian ini.

Dokter atik juga nggak terlalu berpantangan dalam makanan. Semua makanan boleh dimakan untuk ibu menyusui, setelah anak sudah mulai MPASI semuanya juga boleh diberikan asal tidak berlebihan. Temanku saat konsul anaknya terkena bapil diusia 9 bulan dan saat bilang kalau anaknya susah makan, diperbolehkan memberikan sedikit garam ke MPASI agar ada rasanya. Boleh juga memberikan bubur instan kok. Malah sedikit terlihat lebih pro ke bubur instan karena gizinya yang dijamin sesuai standar. Tapi nggak maksa lho ya..tetap memberikan pilihan kepada kita orang tuanya.

Mungkin kalau Dokter Atik buka praktek dihari sabtu, aku bakalan masih setia konsul dengan beliau.
Sebagai informasi Dokter Atik praktek di RS Muhammadiyah Taman Puring hari Selasa jam 17.30-20.00, Kamis jam 17.30.00-20.00 dan Jumat jam 18.00-20.00.

Sekian sedikit gambaran mengenai Dokter Atik. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Wah sama sy juga dsa langganannya dr atik smp skrg.. Kenapa ga di rspp aja bund? Sy di rspp konsulnya dan dr atik praktek sampe sabtu.. Btw setuju beliau emg komunikatif bgt. Kdg mlh bnykn beliau jelasin drpd sy yg nanya.. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya bùnd? Saya nggak pernah ke rspp karna lumayan jauh dari rumah. Mungkin lain kali bisa dicoba. Makasi ya bund infonya :)

      Delete