Header Ads

Tumbuh Gigi pada Anak


Gemesnya lihat bayi yang baru tumbuh gigi. Entah kenapa kelucuannya meningkat beberapa level saat gigi susu mulai nongol. Pengen tak unyel-unyel hahaha.

Umumnya gigi pertama pada bayi akan muncul pada usia 6 bulan, tetapi masih bisa ditunggu sampai usia 24 bulan. Gigi pertama yang muncul adalah gigi seri tengah bagian bawah. Sejak gigi pertama muncul, bayi akan memiliki tambahan  empat gigi setiap 4 bulannya. Misalnya gigi pertama muncul pada usia 8 bulan, nah pada usia 12 bulan bayi akan senyum dengan memperlihatkan 4 gigi, dan di usia 16 bulan akan terlihat 8 gigi, dan seterusnya sampai semua gigi susu tumbuh.


Untuk lebih jelasnya urutan dan usia tumbuhnya gigi pada pada bayi bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Keterangan :
Gigi seri tengah rahang bawah muncul pada usia 6-10 bulan.
Gigi seri tengah rahang atas muncul pada usia 8-12 bulan.
Gigi seri samping rahang atas muncul pada usia 9-13 bulan.
Gigi seri samping rahang bawah muncul pada usia 10-16 bulan.
Gigi geraham pertama rahang atas muncul pada usia 13-19 bulan.
Gigi geraham pertama rahang bawah muncul pada usia 14-18 bulan.
Gigi taring rahang atas muncul pada usia 16-22 bulan.
Gigi taring rahang bawah muncul pada usia 17-23 bulan.
Gigi geraham kedua rahang bawah muncul pada usia 23-31 bulan.
Gigi geraham kedua rahang atas muncul pada usia 25-33 bulan.

Urutan pertumbuhan gigi tersebut disusun berdasarkan rata-rata pertumbuhan gigi anak di seluruh dunia. Artinya dapat saja terjadi pertumbuhan gigi yang lebih cepat atau lebih lambat dari rata-rata waktu di atas, dan antara anak yang satu dan anak yang lain mungkin rentang waktunya dapat berbeda. Namun selama rentang waktu pertumbuhan gigi tidak terlalu jauh dari rata-rata maka hal ini dapat merupakan kondisi yang normal.

Sebaiknya biasakan anak untuk membersihkan mulut sedini mungkin agar nantinya dia akan terbiasa dengan ritual untuk membersihkan mulut setelah makan dan sebelum tidur. 
  • 0-11 bulan : Jika gigi belum tumbuh gunakan kasa steril yang dibasahi air hangat untuk membersihkan gusi dan lidah. Jika gigi sudah tumbuh bisa menggunakan sikat karet lembut yang dipasang di jari. Ini dapat merangsang pertumbuhan gigi.
  • 12 bulan : ganti dengan sikat gigi yang berbulu lembut.
  • Diatas 2 tahun : baru ganti dengan sikat gigi untuk balita.
Saat tumbuh gigi bayi akan merasa tidak nyaman karena ada rasa sakit yang ditimbulkan oleh cikal bakal gigi yang akan menembus gusi. Memberikan teether atau mainan empuk dari plastik atau karet yang berisi air bisa memberikan rasa nyaman pada bayi. Selain itu buah-buahan dingin atau beku juga bisa menjadi pilihan lain sebagai pengganti teether. Contohnya pisang beku yang dipotong-potong dan disimpan di freezer selama 3-4 jam. Pisang bisa digigit atau dihisap oleh bayi.

Semoga bermanfaat.

Sumber :
Buku "Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun"
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/bayi-tumbuh-gigi

No comments