Header Ads

Curhatan Bunda Byan : Anak GTM, Sering Muntah dan Tidak Bisa Tidur

Buibuuuu tau nggak kenapa eike udah lama nggak nulis lagi? Jadi kemarenan itu berasa dapat ujian yang maha dahsyat saat Byan bener-bener nggak mau makan walaupun sesuap, bapil yang bikin sering muntah (walaupun belum kena bapil juga sering muntah kalau makan), yang masuk sesuap, yamg keluar bisa semangkok. Belum lagi kalau tidur pasti selalu bangun dan guling-guling sampai nungging yang berujung nangis. Dimimikin juga nggak mau. Byan jadi kurus ceking, miris deh pokoknya. Huaaaaa berasa mau teriak kenceng saking stress nya. 


Udah berminggu-minggu nih otak mikir terus Byan kenapa? Sampai sufornya distop dan ganti susu soya. Eeehh malah merah sebadan-badan. Sebenarnya sih Byan masih ASI, cuma karena bb nya nggak naik-naik 3 bulan ini makanya disuruh tambah sufor sama pak dokter. Ya udah lah pasrah aja kalau emang tubuh Byan belum bisa menerima sufor, mudah-mudahan ASI masih cukup. Yang biasanya makan bubur instan lahap, sekarang malah nggak mau dan juga sering muntah. Padahal baru 3 suap. Apalagi makan nasi, yassalaaaam. Udah dibikinin macem-macem deh, yang kering, berkuah, gulai, sop, goreng, tumis, bubur, yang kriuk-kriuk, mie, bihun, nasgor, makaroni, ubi, labu daaaan masih banyak lagi yang lain. Hasilnya? Teteeep mingkem si pak bos.

Sampai juga menduga-duga kalau Byan alergi sabun mandinya. Emang sih pas banget nyobain merek baru. Sampai aku mandiin nggak pake sabun coba. Tapi ya nggak ngaruh apa-apa. Berarti fix nggak karena sabun dong.

Sampailah aku dititik yang tak bisa berbuat apa-apa lagi. Udah pasrah walaupun hati masih selalu berontak. Byan bisa makan 5 suap aja rasanya bahagia luar biasa. Byan nggak muntahin yang 5 suap itu aja aku langsung sujud syukur. Byan bisa tidur siang setengah jaaamm ajaaa aku berasa menemukan keajaiban. Ini bukan lebay lho ya, beneran. Mungkin ibu-ibu yang pernah mengalami hal yang sama bisa mengerti apa yang aku rasakan.

Sampai curhat ke temen dengan harapan akan ada saran yang bisa menyelesaikan masalah ini atau paling tidak bisa meredakan kegalauan ini walau sedikit. Tapi ya tetep balik lagi ke akunya yang harus sabar. Dikasih vitamin ini itu juga nggak mempan, buktinya dimeja udah berderet panjang vitamin buat Byan tapi apa hasilnya? Nihil. Saking putus asanya, berencana mau ke ahli gizi aja walaupun nggak ditemenin suami. Tapi untung nggak jadi karena Allah keburu mendengar doa-doa keputusasaan seorang ibu yang sudah tidak berdaya ini :) 

Ternyata lelahnya berpikir dan begadang berhari-hari membuahkan hasil. Tiba-tiba aku diarahkan ke sebuah tulisan di sebuah blog yang menjabarkan semua makanan yang harus dihindari dan diperbolehkan untuk anak yang diduga alergi atas rekomendasi seorang dokter ahli pencernaan ternama di Jakarta. Ada linknya juga buat baca artikel asli yang ditulis oleh dokter tersebut. Setelah baca-baca sampai berulang kali, berdasarkan ciri-ciri yang dijelaskan, aku menyimpulkan kalau Byan kemungkinan besar alergi terhadap suatu makanan yang aku belum tau apa (selain telur dan ayam, karena ini udah lama tau). Daftar panjang makanan yang harus dihindari dan boleh dikonsumsi bisa klik link dibawah ini.
http://www.novarty.com/2018/03/challenge-tes-eliminasi-provokasi.html
Biar nggak lupa aku tulis di kertas dan tempel di dapur biar gampang dibaca. 

Setelah seminggu mempraktekkan ini alhamdulillah banget ya Allah Byan membaik. Walaupun makannya masih susah tapi tidurnya sudah mulai nyenyak lagi. Susunya pun balik lagi ke Pediasure yang vanilla. Ternyata kemaren itu yang bikin alergi Byan kambuh adalah Pediasure rasa coklat, karena coklat adalah pantangan terbesar untuk anak alergi, belum lagi makanan lain yang sangat memicu kolik buat Byan seperti ayam, telur, saus tiram, tomat dll. Padahal aku nggak kepikiran lho kalau tomat dan saus tiram juga bisa bikin alergi. Bapil yang bikin muntah-muntah kemaren juga udah ilang, apalagi aku kasih vitamin juga buat daya tahan tubuhnya. Tapi yang bikin aku bersyukur banget adalah sekarang Byan udah jarang muntah, bahkan udah hampir nggak pernah. Makin mantap deh buat nerusin diet eliminasi makanan ini. 

Daan kemaren Allah menunjukkan lagi kuasanya. Karena melihat gusi Byan yang bengkak lagi tumbuh gigi, aku mikir apa dicoba kasih nasi lembek aja kali ya? Secara kalau makan bubur saring atau blender dia pasti muntah. Pas mau nyuapin udah deg-degan aja bakalan dimuntahin, eh ternyata jeng jeeeeeeng bisa habis semangkok. Astagaaaa nggak bisa diungkapkan deh itu senengnya gimana. Ini kayaknya bb nya juga udah mulai naik, terlihat lebih berisi aja. Nggak tau hanya sugesti atau emang beneran. Mudah-mudahan beneran ya Allah. 

Semoga lahapnya dan tidur nyenyaknya Byan berlanjut sampai selamanya ya Allah. Sehat-sehat terus dan makin aktif ya nak. Amiin. 

Apakah ada yang lagi merasakan drama yang sama? Yuk sharing ceritanya moms.

Semoga bermanfaat.

No comments