Header Ads

Apa anak harus gemuk?

Jadi pengen banget curcol masalah omongan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bilang "anaknya kok kurus?". Ya Rabb..betapa gampangnya kalimat itu keluar dari mulut mereka tanpa memikirkan perasaan ibu sang anak. Emang ada ya seorang ibu yang ngebiarin anaknya nggak makan sampai kurus kering? Hellooooowww pliiiisss gue udah usaha mati-matian buat ngasih anak gue makan. Emang harus gue liatin didepan kalian biar nggak semena-mena lagi? Astagaaa tuh kan jadi emosi. Lagian  kan setiap anak berbeda, kalau anak situ makannya gampang ya bukan berarti anak orang lain juga begitu. Kalau anak situ beratnya berlebih, ya bukan berarti anak orang lain beratnya juga harus segitu.

Sekedar sharing aja, aku bisa masak 3 kali dalam sehari untuk menu makan Byan berharap dia mau makan dan nggak bosen dengan menu yang sama. Apalagi Byan termasuk anak alergian, aku harus selalu muter otak mikirin menu apalagi yang harus dimasak dengan bahan sama tapi bisa berbeda rasa. Udah ganti-ganti karbo, mulai dari nasi, kentang, miesua, bihun, makaroni dll. Ganti-ganti tekstur juga udah, mulai dari nasi berkuah, nasi lembek, nasi tim saring, bubur diblender, atau nasi dan lauk kering saja. Aku selalu berusaha sabar menyuapi dia makan mulai dari duduk dikursi makannya, kalau dia bosen dikasih buku atau mainan, kalau masih memberontak Byan dibiarin aja makan sambil makan dan lari-larian. Ditambah lagi Byan sukanya ngemut makanan lama banget dimulut, sampe di kasih kerupuk, buah, atau roti disetiap suapan berharap dia mau ngunyah. Nyoba strategi maksa dia makan dikursi, dibawa keluar sambil main, sambil nonton, sambil main sepeda dan masih banyak lagi. Tapi apa? Ya tetep juga makannya susah. Kadang Byan hanya makan buah dan susu aja. 

Masih kurang kah usaha saya? Tanpa kalian bilang anak saya kurus pun, saya juga juga sudah tau. Apalagi sampai bilang kalau saya kurang telaten, kurang pandai jadi ibu, ya Allah luar biasa sakitnya. Ditambah lagi ngungkit-ngungkit masalah saya resign kerja sejak Byan lahir "padahal ibunya udah dirumah terus ya, kok anaknya bisa kurus sih?" Aduuuuhh udah nggak bisa berkata-kata lagi deh. Bahkan yang paling sering bilang anak kurus dan nyalah-nyalahin ibunya adalah keluarga terdekat. Mau marah nggak bisa, ya terpaksa ngurut dada aja. 

Semoga Allah selalu ngasih kesabaran. Amiiin.

Anak yang sehat itu adalah anak yang tumbuh kembangnya baik sesuai dengan usianya, bukan anak yang obesitas.

Semangat !!!!!

No comments