Header Ads

Anak Cerdas Kebanggaan Ayah Bunda - Kecerdasan anak bisa diasah sedari dini kok.

#AnakCerdasItu adalah anak yang bertumbuh kembang sesuai dengan usianya. Bukan berarti seluruh anak punya waktu yang sama untuk bisa melakukan hal yang sama juga. Ada rentang waktu tertentu yang telah diteliti dan ditetapkan oleh para ahli. Misalnya bayi bisa tengkurap mulai usia 3-6 bulan atau berjalan mulai dari usia 9-18 bulan. Jadi jangan pernah membandingkan anak kita dengan anak orang lain. Sebelum nge-judge anak kita yang aneh-aneh, mending perdalam dulu deh ilmu tentang tumbuh kembang anak. Nggak perlu berlebihan dan memaksakan kehendak sendiri untuk melatih anak melakukan suatu hal yang seharusnya belum bisa dia lakukan hanya untuk mendapatkan predikat "anak cerdas" dari orang lain. Sabar, semua ada waktunya. Satu hal yang perlu digarisbawahi ya moms, semua anak terlahir dalam keadaan bersih bak kertas putih tanpa goresan, sampai kita orang terdekatnya lah yang akan membentuknya. Semua anak itu cerdas. Mari sebagai orang tua kita #DukungCerdasnya dengan metode-metode dan stimulasi-stimulasi yang tepat. Kalau anak cerdas, ayah bundanya juga kan yang bangga.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatih si kecil sedari dini agar tumbuh menjadi anak cerdas.

1. Pahami tumbuh kembang anak.
Sumber : egrafis.com

Sebelum menentukan langkah-langkah tepat untuk melatih kecerdasan anak, sangat penting mencari informasi terlebih dahulu mengenai tumbuh kembang anak. Jangan sampai nantinya kita salah dalam memilih cara merangsang kecerdasan si kecil. Alih-alih membuat anak cerdas eh malah bikin dia ngamuk dan bundanya pun ikutan ngamuk. 

2. Berikan stimulasi yang tepat.

Mulailah dengan memberikan barang sederhana. Semakin bertambah usia, semakin banyak stimulasi yang bisa diberikan karena ketertarikannya dengan hal baru semakin tinggi. Nggak perlu ngeluarin duit banyak, cuma menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah saja bisa kok. Memasukkan sedotan ke dalam botol, memasukkan uang ke celengan, atau bermain alat musik yang walaupun cuma gejreng-gejreng doang nggak jelas nadanya apa. Banyak media-media yang menyajikan ide-ide kreatif kegiatan yang bisa melatih kecerdasan si kecil. Jadi gampang untuk mencari referensi.

3. Sering ajak ngobrol.
Siapa bilang bayi nggak ngerti omongan ibunya? Ceritakan apa saja yang ingin bunda ceritakan kepada si kecil, mulai dari cerita hal remeh temeh seperti hari ini kita akan masak apa, pengalaman lucu waktu hamil, godain si kecil sambil bilang "ih gantengnya, cantiknya, lucunya", ajak nyanyi, dan jangan lupa dengan muka yang penuh ekspresi. Jangan malu dan jaim, harus total dalam membentuk generasi anak cerdas.

4. Pilih mainan yang edukatif, interaktif dan sesuai usianya.
Pasti kita sebagai orang tua sering "gatel" beliin mainan ini itu. Pilihlah mainan yang berbahan aman, bisa mendukung tumbuh kembangnya menjadi anak cerdas, interaktif, dan sesuai dengan usianya. Contohnya saat masih bayi bisa diberikan mainan kicrik-kicrik yang penuh warna mencolok untuk menstimulasi pendengaran, gerakan dan penglihatannya. Semakin besar bisa diberikan mainan yang membutuhkan daya pikir seperti memasukkan benda ke dalam lubang yang telah disesuaikan bentuknya. Hindari pemakaian gadget yang membuat anak pasif dan kurang berinteraksi.

5. Akrablah dengan buku.
Sudah banyak buku khusus bayi dan anak yang dijual dimana-mana. Mulai dari yang berbahan dasar kain, steroform, gabus tipis, karton, sampai kertas penuh warna yang menarik. Selain itu membacakan dongeng sebelum tidur kepada si kecil juga bisa meningkatkan kecerdasannya lho. Jadi perkenalkan anak sedini mungkin dengan buku ya, pasti akan sangat bermanfaat.

6. Buka pintu dan bermainlah keluar.
Jangan melulu bermain di dalam ruangan hanya karena alasan diluar sana banyak virus dan mengancam kesehatan si kecil. Anak-anak akan lebih antusias jika diajak bermain keluar rumah. Mereka merasa bebas, bisa berinteraksi dengan orang lain dan pastinya akan lebih banyak hal menarik yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

7. Tidak ada kata "terlalu cepat" untuk memperkenalkan ajaran agama.
Berhubung saya seorang muslim, shalat lima waktu dan membaca Alquran merupakan ibadah yang rutin dilakukan. Dengan memperdengarkan ayat suci Alquran sedari bayi sudah pasti akan memberikan dampak positif kepada perkembangan otaknya. Semakin bertambah usia anak, ajaklah dia sholat dan mengaji bersama. Anak cerdas bukan hanya dinilai dari sisi intelektualnya saja, tapi juga dari keimanan hati yang bisa mengarahkan setiap tindakan kepada yang benar.

8. Jangan terlalu mengekang.
Pegang air sedikit langsung teriak "jangan, nanti masuk angin", mau pegang dedaunan langsung mengacungkan telunjuk sambil bilang "jangan nak itu kotor". Kapan kecerdasan anak akan bertambah jika setiap tindakan keingintahuannya selalu dilarang. Biarkan mereka melampiaskan rasa penasaran yang tiada batasnya dan jangan terlalu khawatir ya  moms, biarkan mereka tumbuh maksimal menjadi anak cerdas. Yang penting selalu diawasi. 

9. Tidur itu penting!
Tetapkan jadwal tidur. Jangan biarkan anak keasyikan bermain sehingga lupa untuk istirahat. Ajak anak menuju tempat tidurnya dan ciptakan suasana yang redup dan nyaman agar anak merasa mengantuk. Tidur yang cukup akan memaksimalkan perkembangan  otak si kecil yang pastinya sangat membantu menjadikannya anak cerdas.

10. Konsumsi multivitamin.
Sehat adalah kunci utama untuk tumbuh menjadi anak cerdas. Mengkonsumsi multivitamin sangat penting untuk menunjang kecerdasan anak. Carilah vitamin yang mengandung formula komplit seperti  AA, DHA, EPA, L-Glutamic Acid dan Folic Acid yang sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak anak, multivitamin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, dan meningkatkan metabolisme tubuh serta Lysin dan Biotin untuk meningkatkan nafsu makan anak sehingga kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi. Semua kandungan tersebut ada dalam #Cerebrofort. Cerebrofort Gold sirup dengan dua varian rasa yaitu jeruk dan stawberry dapat dikonsumsi anak mulai dari usia 6 bulan. Nah ada juga Cerebrofort Marine Gummy dengan kadungan minyak ikan tuna yang tersedia dari empat varian rasa yaitu jeruk, strawberry, anggur dan mangga. Yang satu ini favorit banget, malah si kecil sampai minta nambah setiap kali dikasih. Apalagi ada kemasan ekonomis jadi gampang dibawa saat bepergian. Harganya? Bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan lengkapnya kandungan vitamin ini. #Cerebrofort top deh pokoknya, nggak akan bikin kecewa.



No comments