Header Ads

Estimasi Biaya Persalinan di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Jakarta Selatan

Tulisan kali ini akan membahas mengenai estimasi biaya persalinan di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Jakarta Selatan. Biasanya mendekati waktu melahirkan, kita sudah mulai mencari informasi mengenai perkiraan biaya yang akan dikeluarkan nantinya saat bayi mungil kita sudah terlahir ke dunia ini. Biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jenis tindakan yang dilakukan. Berikut estimasi biaya persalinan di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring per tanggal 1 April 2018.


Estimasi tersebut sudah termasuk:
  1. Biaya perawatan kamar ibu dan bayi (4 hari untuk tindakan SC, 3 hari untuk Persalinan Normal).
  2. Jasa dokter.
  3. Biaya sewa kamar tindakan dan alat kesehatan tindakan.
  4. Obat-obatan dan pemeriksaan laboratorium standar.
  5. Biaya administrasi 6,5 %.
Estimasi tersebut belum termasuk :
  1. Tindakan penyulit.
  2. Observasi kamar bersalin.
  3. Pemeriksaan penunjang laboratorium, RO, dll (diluar standar).
  4. Konsultasi / visit lanjutan (jika ada).
  5. Obat / alat kesehatan yang dipakai diluar standar.
  6. Jasa asisten operator.
  7. Biaya tambahan untuk bayi sakit.
  8. Tindakan Operasi CITO dikenakan biaya tambahan sebesar 20% untuk jasa dokter Op, asisten Op, jasa anastesi, kamar bedah, alat kesehatan operasi.

Kamar yang tersedia untuk ibu melahirkan adalah sebagai berikut.
  1. Asy Syifa untuk VIP A dengan tarif Rp. 850.000,- per malam. Fasilitas yang disediakan adalah 1 Bed, AC, TV Kabel, Telepon, Teko Listrik, Kulkas, Sofa, Kamar Mandi dengan Water Heater. Kamar ini hanya tersedia 4 unit dan ukurannya jauh lebih luas dari pada VIP B.
  2. Marwah untuk VIP B dengan tarif Rp. 600.000,- per malam. Fasilitas yang disediakan adalah 1 Bed, AC, TV Kabel, Telepon, Teko Listrik, Kulkas, Kamar Mandi dengan Water Heater. 
  3. Al Inayah 1, 2 untuk Kelas I dengan tarif Rp. 450.000,- per malam. Fasilitas yang disediakan adalah 2 Bed, AC, TV, Kulkas, Kursi Tamu Dalam, Kamar Mandi dengan Water Heater.
  4. Ar Rahimah 1 untuk Kelas II dengan tarif Rp. 325.000,- per malam. Fasilitas yang disediakan adalah 4 Bed, AC, TV, Kamar Mandi.
  5. Al Karimah untuk Kelas III dengan tarif Rp. 150.000,- per malam. Fasilitas yang disediakan adalah 7 Bed, AC, TV, Kamar Mandi.
Sebelum masuk ke kamar rawat inap, uang muka tindakan persalinan harus dibayar minimal 50% dari pertengahan estimasi biaya. Bila terjadi perpindahan kelas perawatan maka untuk semua tindakan operasi/persalinan akan dikenakan tarif proporsi dengan penyesuaian kelas lebih tinggi.

Berhubung aku melahirkan secara SC, maka aku akan fokus membahas mengenai persalinan dengan tindakan Operasi Sectio Cesaria saja.
Sebelum aku memasuki ruang rawat inap, biaya yang disetor saat itu sebesar 10 juta dengan mengambil kelas VIP B dikarenakan kelas VIP A sudah penuh. Walaupun kurang dari 50%, tapi petugas yang berjaga saat itu memperbolehkan. Fasilitas yang aku dapatkan juga sangat baik, menu makanannya lengkap, susternya ramah dan segera datang jika bel ditekan serta fasilitas kamar yang sesuai dengan yang tertulis. Yang terpenting adalah seluruh prosedur operasi sesar berjalan dengan lancar dan hasilnya rapi. Keadaan ibu dan bayi selalu dipantau dan diperiksa oleh dokter kandungan dan dokter anak yang bertanggung jawab. Selama dua hari aku dirawat di kamar VIP B dan tiga hari di kamar VIP A. Total tagihan terakhir yang harus dibayar sebelum pulang adalah Rp.27.246.706.54 atau kalau digenapkan sekitar Rp. 27.247.000,- dengan rincian yang mencapai lima halaman penuh dan tidak mungkin untuk dijabarkan disini. Biaya yang aku bayar ini sudah disesuaikan dengan perpindahan kamar deri VIP B ke VIP A. Jika dari awal aku sudah menempati kamar VIP A mungkin total yang harus dibayarkan sedikit lebih besar.

Sebagai tambahan informasi, Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring belum bekerja sama dengan BPJS, jadi bagi aku yang bersuamikan PNS masih menggunakan uang pribadi untuk membayar semua biayanya, kecuali memiliki asuransi lain yang sudah bekerja sama dengan rumah sakit ini.

Semoga bermanfaat :)


4 comments:

  1. Ya Allah kapan aku bisa hamil dan melahirkan yaaa.... noted mba aku jd punya wawasan nih soal biaya melahirkan ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaaa..selalu berpikir positif bahwa Allah akan memberikan kepercayaan pada waktu yang tepat.
      Terus berjuang ya mbaa 😊

      Delete
  2. Inflasi biaya kesehatan tuh emang tinggi banget yaa.. Tapi berapapun biayanya, pasti akan diusahakan demi buah hati tercinta. Semoga bisa segera ikut merasakan hamil dan melahirkan juga.
    Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba salam kenal juga :)
      Iya emang cepet banget harganya berubah mba, tapi namanya kebutuhan mau nggak mau harus dibayar juga.
      Amiiin semoga semua usaha dan doa mba buat hamil segera diijabah ya :)

      Delete