Header Ads

Patuhi Peraturan Playground Demi Kebaikan Anak


Jujur, aku sering kesal jika ada anak-anak yang bermain di playground tanpa mempedulikan peraturan yang sudah dipajang hampir disetiap pintu masuknya. Yang salah sih bukan anaknya, tapi orang tuanya. Menggunakan fasilitas umum pasti selalu ada etika dan aturan yang harus dipatuhi. Gunanya ya untuk kebaikan kita semua juga. Apalagi kasusnya menyangkut dengan anak-anak yang masih rentan akan berbagai faktor resiko dari luar. 

Sebagai pengingat saja, inilah beberapa peraturan playground atau arena bermain anak yang paling umum. Ada atau tidaknya papan pengumuman peraturan di palyground, orang tua dan anak sebaiknya harus tetap mematuhi peraturan ini. Demi anak kita dan anak-anak lainnya juga tentunya.

Batasan Umur
Biasanya plauground hanya dapat digunakan pada anak dengan usia dibawah 7 tahun. Tapi harus diperhatikan juga umur minimalnya ya, jangan sampai anak yang masih sangat kecil sudah dibiarkan manjat-manjat dan berseluncur disini. Kalau menurutku pribadi sih amannya 2-7 tahun. Bagaimana jika melebihi 7 tahun? Biasanya berat badan anak yang sudah melebihi daya kekuatan dari peralatan main akan mempercepat terjadinya kerusakan. Kalau ada yang patah, kan bisa melukai anak.

Melepas Alas Kaki
Wajib hukumnya melepas alas kaki saat bermain di playground. Bahkan ada beberapa playground yang mengharuskan pengunjungnya mengenakan kaus kaki selama bermain. Bayangkan betapa kotornya alat bermain yang ada jika pengunjungnya tidak mau melepas alas kaki. Padahal bisa saja anak-anak tiduran, duduk, berguling atau tanpa sengaja memasukkan tangannya ke mulut setelah memengang area yang penuh akan kuman penyakit. Padahal melepas alas kaki merupakan salah satu aturan playground yang mungkin paling umum diketahui, tapi masih saja ada anak bahkan orang tua yang dengan sesuka hatinya menginjakkan alas kaki mereka di area bermain anak tanpa beban.

Dilarang Membawa Makanan dan Minuman
Dilarangnya membawa makanan dan minuman ini dimaksudkan agar tidak ada sisa makanan yang jatuh dan tertinggal di playground agar tidak mengundang semut, kecoa atau serangga lainnya yang bisa menggigit anak dan mengotori area bermain. Selain itu sifat alami anak yang sering penasaran dan memasukkan apapun ke mulutnya juga menjadi alasan yang mendasari aturan ini. Tapi faktanya, masih saja ada orang tua yang bahkan dengan sengaja menyuapi anaknya makan saat bermain di playground

Dilarang Membawa dan Merusak Alat Bermain
Anak-anak masih belum mengerti akan benar atau salahnya sesuatu yang dia lakukan. Bisa saja anak akan memukul, menarik paksa, menendang dan perlakuan lain yang bisa merusak alat bermain. Atau jika ada mainan yang kecil dan memungkinkan terpegang lama dan dimasukkan ke kantong baju atau celana juga bisa tanpa sengaja terbawa oleh anak. Jadi orang tua wajib memperhatikan hal ini demi menjaga playground agar tetap awet dan terawat.

Menjaga Kebersihan Playground
Selain makanan dan minuman, masih banyak hal lain yang bisa mengotori area bermain seperti tisu yang dibuang sembarangan setelah membersihkan sesuatu, bungkus mainan, atau plastik lain, dan sebagainya. Disemua tempat wajib untuk menjaga kebersihan, termasuk di playground.

Mengawasi Anak selama Bermain
Walaupun playground memang dikhususkan untuk anak-anak, bukan berarti orang tua bisa bebas melakukan hal lain tanpa mengawasi anaknya selama bermain. Bisa saja anak terjatuh, lecet, terdorong dan mendorong anak lain, atau melakukan sesuatu yang melanggar peraturan playground seperti merusak alat bermain, membuang sampah sembarangan dan sebagainya. Jadi mata tetap harus menyorot anak ya, jangan menyorot gadget terus, hehe.

Oke itulah beberapa peraturan umum yang harus dipatuhi disemua playground. Tidak menutup kemungkinan juga akan ada peraturan tambahan lain, apalagi playground berbayar yang sangat menjaga kualitas alat bermainnya.

Semoga bermanfaat :)


6 comments:

  1. Noted banget nih untuk yang bawa makanan dan minuman. Memang dengan bermain biasanya anak jadi "lupa" dan menelan makanannya, tetapi anak jadi kurang terlatih adab makan yaitu duduk diam dan makan dengan tenang juga ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, itu bisa jadi alasan lainnya juga. Yang pasti dengan tidak makan dan minum di playground bisa menjaga kebersihan lantai dan alat bermain. Demi kenyamanan anak-anak kita juga 😊

      Delete
  2. Oh begitu saya baru tahu kayak gini, makasih tipsnya mbak. Nanti kenponakan saya akan saya awasi terus kalau ke tempat seperti ini.
    Oh iya untuk baca-baca seputar fotografi silakan mampir ke blog saya di gariswarnafoto(dot)com

    ReplyDelete
  3. Memang perlu demi keselamatan semua ya. Sayang banyak yang main lepas dan cuek saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menjaga area bermain anak agar tetap layak digunakan 😊

      Delete