Header Ads

Wujudkan Quality Time Seru ke Lembang-Bandung, Surganya Objek Wisata Hits dengan OYO Hotels

"Bun, besok mau ikut ke Jatinangor nggak? Bandung, tapi kesananya lagi. Kebetulan ada acara kantor sehari doang, Jumat depan. Sabtu-nya kita bisa sekalian liburan ke Lembang. Berangkat pagi, biar nggak kena macet."

"Tapi ini kan sudah akhir bulan, Yah. Sayang duit buat sewa hotelnya. Mau cari hotel yang bagus pun pasti mahal, kasian anak-anak kalau hotelnya nggak nyaman. Mending pakai fasilitas dari kantor saja, sekamar berdua sama teman Ayah. Liburannya lain kali saja."

"Tenang, tadi di OYO Hotels ada kok."

_________________________________________________________________________________

Beberapa waktu lalu, si Ayah mengajak aku dan anak-anak ke Jatinangor karena ada acara kantor. Kebetulan acara tersebut diadakan hari Jumat, rasanya sangat sayang jika akhir pekan terlewatkan begitu saja mengingat Jatinangor tidak begitu jauh dari Bandung. Maklum, Bandung merupakan kota terdekat dari Jakarta yang menjadi tujuan favorit kita sekeluarga karena banyaknya objek wisata yang berada disana.

Sebagai ibu rumah tangga yang sadar akan "seret"-nya keuangan keluarga di tanggal tua, aku sempat menolak ajakan suami karena terbatasnya sisa uang bulanan untuk biaya sewa hotel. Biasanya kami selalu memilih hotel atau penginapan berfasilitas lengkap demi menjaga kenyamanan anak-anak yang selalu menjadi prioritas utama agar liburan tetap berjalan sesuai rencana. Nah, budget yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit karena hanya hotel berbintanglah yang bisa memberikan semua kebutuhan kami.

Untung saja kesigapan si Ayah memberikan pencerahan. Ketakutanku akan pengeluaran besar diakhir bulan saat liburan dadakan ini pun seketika hilang. Di OYO Hotels, masalah biaya sewa-menyewa penginapan teratasi dengan tersedianya penginapan murah tapi nggak murahan! Liburan di akhir bulan pun tidak jadi masalah.

Kami berangkat dari Jakarta hari Kamis setelah makan siang dan tiba di Easton Park Residence, hotel yang telah di pesan melalui aplikasi OYO, di malam harinya karena lalu lintas yang dilalui cukup padat. Setelah masuk kamar, ternyata semua yang terlihat difoto sesuai dengan aslinya. Kamar senyaman ini beserta fasilitas lengkapnya, hanya seharga Rp. 180.000 saja. Ditambah dengan adanya fasilitas bayar di hotel, jadi semakin "anti ribet" bagi kami yang sudah berkeluarga. Memang ini lah yang kami butuhkan.

Kamar dengan Double Bed di Easton Park Residence Jatinangor
Sepanjang malam yang kami lalui di Easton Park Residence terasa nyaman dan tidak kalah dengan hotel berbintang. Bahkan disini juga ada kolam renang dan tempat gym juga, loh. Berhubung tidak memiliki waktu banyak, kami tidak sempat menikmati dua fasilitas ini. Padahal peralatan gym selalu menjadi incaranku dan suami untuk mengurangi ukuran lingkaran perut yang semakin hari semakin melebar.

Keesokan harinya, kami berangkat pagi-pagi buta dan berencana untuk sarapan di tempat makan yang berada di sepanjang perjalanan saja. Memang weekend seperti ini jalan menuju Lembang selalu ramai dan macet dengan banyaknya wisatawan yang datang ke berbagai objek wisata disana. Sebagai antisipasi, lebih baik kita mulai perjalanan kali ini lebih awal. Rencananya ada 2 lokasi wisata yang akan dikunjungi, yaitu Farm House dan Dusun Bambu.

Sebenarnya sangat banyak objek wisata di Lembang yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada Floating Market, De Ranch,  The Lodge Maribaya, Grafika Cikole, Jendela Alam, Imah Seniman dan yang lainnya. Sepertinya objek wisata baru selalu saja muncul dan menambah panjang list kunjungan kami. Namun karena keterbatasan waktu, kami hanya berencana mengunjungi 2 lokasi saja, itu pun saat ke Dusun Bambu sudah terlalu sore dan tidak sempat menjelajah semua area. Merasa agak rugi sih, tapi berhubung kami harus memprioritaskan kenyamanan anak, akan lebih baik jika segera kembali sebelum malam. Semoga ada kesempatan untuk kembali lagi kesana.


Objek wisata dengan desain ala Eropa ini sudah menjadi lokasi hits dan instagramable dikalangan keluarga milenial. Jadi wajar saja saat kami tiba di lokasi yang kebetulan belum terlalu siang, parkiran sudah dipenuhi oleh kendaraan pengunjung. Untung saja parkirannya luas, masih tersisa beberapa slot lagi untuk parkir mobil.

Tanpa membuang waktu, kami segera mencari pintu masuk agar tidak terlalu kepanasan saat berjalan-jalan nanti karena memang cuaca dihari itu sangat cerah dan tidak banyak awan yang menghalangi teriknya sinar matahari. Singkat cerita, setelah membeli tiket yang dapat ditukarkan dengan satu gelas susu segar bervarian rasa, kami langsung disambut dengan bangunan dan jalanan benuansa Eropa. Ditambah lagi banyaknya wisatawan yang menyewa baju khas pedesaan Eropa yang berswafoto disepanjang jalan, semakin membuat kami sekeluarga benar-benar merasa berada di benua lain. Seandainya aku dan suami belum disibukkan dengan menggendong bayi, mungkin kami sudah menyewa baju ini dan berswafoto dibawah suasana apik yang entah dimana lagi akan menemukannya tanpa harus jauh-jauh ke Eropa.

Rumah Hobbit yang menjadi salah satu spot foto wajib di Farm House
Banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan disini, seperti bangunan ciamik lengkap dengan sewa baju bernuansa Eropa yang menjadi ciri khas, rumah Hobbit yang berukuran mini, taman bunga, serta berbagai hewan lucu yang bisa diajak berinteraksi seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci dan lainnya. Rasanya rugi sekali jika tidak mengabadikan momen bersama keluarga dengan latar belakang yang indah ini.

Berinteraksi dengan hewan di Farm House
Sebagai objek wisata keluarga ramah anak, Farm House terlihat begitu bersih dan terawat serta terkelola dengan baik. Mulai dari tempat makan, kursi yang tersedia diberbagai sudut rindang untuk beristirahat, toilet umum, serta toko cendera mata sebagai akhir dari perjalanan pengunjung agar dapat membawa oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau dibagikan ke sanak keluarga dan teman.

Tempat duduk di bawah pepohonan yang rindang
Banyak bangunan mini bagus yang sayang untuk dilewatkan
Farm House merupakan salah satu objek wisata keluarga kesukaan kami karena tersedianya berbagai keseruan yang menanti didalamnya. Momen terfavorit kami adalah saat berinteraksi dengan binatang lucu sebagai upaya dalam memperkenalkan dunia hewan kepada anak. Bukan hanya itu, keberanian anak untuk mendekati, memegang atau memberi makan hewan juga dapat dirangsang. Ini bisa dibilang sebagai wisata edukasi karena bisa berwisata sekaligus menjadi wahana belajar bagi anak. Apalagi kebersihan hewan dan kandangnya sangat terjaga dari kotoran. Jadi orang tua tidak perlu khawatir untuk membiarkan anaknya bermain bersama hewan kesukaan mereka.




Awalnya agak ragu untuk melanjutkan perjalanan wisata ini ke Dusun Bambu karena jam yang sudah menunjukkkan pukul 3 sore. Mau langsung pulang ke Jakarta tapi masih ada sisa waktu sebelum malam, sayang rasanya jika tidak memaksimalkan sisa waktu yang sedikit ini. Mumpung sudah disini. Meskipun ragu, akhirnya suami memutuskan untuk tetap mengunjungi Dusun Bambu walaupun hanya sebentar. Beruntungnya, tidak terlalu banyak waktu yang dihabiskan di perjalanan. Macet yang dikhawatirkan tidak tampak sama sekali.

Memasuki area Dusun Bambu, parkiran luas sangat membantu kami untuk memarkirkan mobil tidak jauh dari loket pembelian tiket masuk. Belum berjalan terlalu jauh dari area parkir, kami sudah dibuat takjub dengan susunan bilah bambu yang entah berapa ratus jumlahnya, tersusun tinggi dan megah. Tak menyia-nyiakan hal semenarik ini, beberapa foto sudah berhasil tersimpan dalam memori kamera. Lumayan sebagai pembuka.

Susunan bambu di pintu masuk objek wisata Dusun Bambu
Kami membeli tiket masuk tanpa perlu mengantri karena memang sudah terlalu sore untuk berkunjung. Ternyata tiket masuk ini bisa ditukarkan dengan satu pot bibit tanaman saat keluar nanti. Sungguh usaha yang begitu mulia dalam mengupayakan kelestarian alam. Secara pribadi, aku sudah mulai tertarik dengan tempat ini karena pengelolaannya yang begitu peduli akan alam.

Tidak jauh dari loket pembelian tiket, kami sudah ditunggu oleh kendaraan khusus seperti kereta mobil untuk mengitari area Dusun Bambu yang luas tanpa perlu lelah berjalan. Wah, lumayan juga. Kami yang harus menggendong anak kemana-mana ini merasa sangat terbantu sekali.

Kerindangan dapat dirasakan hampir diseluruh area Dusun Bambu karena banyaknya pohon rindang yang memberikan kesejukan. Angin semilir mampu membunuh hawa panas tubuh terasa begitu menyamankan. Suasana alam dengan nuansa Sunda yang cocok dinikmati bersama keluarga ini, menjadikan Dusun Bambu sebagai objek wisata favorit semua kalangan. Bagaimana tidak, mulai dari orang tua sampai balita banyak yang berkunjung kesini. Spot foto menarik yang tentunya juga instagramable bertebaran dimana-mana sehingga disetiap kaki melangkah bawannya ingin berfoto terus.

Taman luas di Dusun Bambu yang terawat dan terkelola dengan baik
Dusun Bambu menyediakan beberapa tempat makan yang memiliki ciri khas masing-masing yaitu Restoran Purbasari dengan saung disekeliling danau yang menenangkan, Cafe Burangrang yang menyuguhkan pemandangan indah area disekitar Danau dari ketinggian dan Lutung Kasarung Area dengan tempat makan seperti sarang burung yang menggantung terlihat begitu unik.

Spot foto wajib di Dusun Bambu
Selain itu, Taman Arimbi dengan aliran sungai kecil ditenganya tampak begitu terawat dan indah, cocok untuk dijelajahi bersama keluarga. Anak-anak tentunya akan senang berlarian kesana kemari dan sesekali dapat mengabadikan momen ini dengan beberapa kali pengambilan foto di spot menarik. Berbagai aktifitas bisa dilakukan di Dusun Bambu, seperti playground sebagai area bermain anak, berjalan menyusuri sawah berjenjang, menaiki perahu mengitari danau atau booth wahana seru lainnya. Sebagai tambahan informasi, Dusun Bambu juga menyediakan resort dan penginapan jika ingin lebih lama lagi menikmati ketenangan dan keindahan tempat ini.


Kami sekeluarga memang hobi travelling. Seperti sudah menjadi sebuah kebutuhan. Makanya selalu ada tabungan khusus yang dikumpulkan demi menyalurkan hobi yang satu ini. Bahkan setelah memiliki balita pun, kami masih bersemangat untuk selalu menciptakan keseruan bersama dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Meskipun barang bawaan meningkat berkali-kali lipat dan tidak leluasa lagi untuk bereksplorasi karena lebih mendahulukan menyiapkan kebutuhan si kecil, atau tidak jarang pula rencana yang sudah tersusun rapi menjadi berantakan demi menjaga kestabilan mood anak, antusias kami masih tetap sama setiap kali merencanakan liburan.

Pengalaman memanglah guru terbaik. Semakin sering kami travelling dengan membawa serta anak-anak, maka semakin pandai pula kami mencari tips dan trik untuk meminimalisir terjadinya "kekacauan" saat liburan. Kami sebagai orang tua, selalu memastikan dulu 6 hal berikut sebelum memulai liburan bersama anak.

Pastikan Anak dalam Keadaan Sehat
Pastikanlah anak dalam keadaan fit sebelum memulai perjalanan. Pastikan juga anak mengkonsumsi makanan sehat, beristirahat yang cukup serta tidak terlalu lelah bermain agar rencana liburan yang sudah disusun rapi tidak berantakan atau batal.

Pastikan Cuaca Bersahabat
Pastikanlah jadwal liburan yang dipilih tidak berada dalam range waktu terjadinya cuaca ekstrim. Misalnya saja liburan ke daerah yang sedang dipuncak musim panas atau puncak musim hujan yang dapat mempengaruhi kesehatan anak. 

Pastikan Lokasi Tujuan Ramah Anak
Jangan memilih lokasi tujuan liburan yang terpelosok, rute perjalanan yang tidak memungkinkan dan berbahaya untuk dilalui anak atau waktu tempuh yang sangat lama. Walaupun banyak objek wisata bagus yang berlokasi jauh dari pusat kota, tapi jangan sampai orang tua egois dan memaksakan keadaan tanpa memikirkan kenyamanan anak. Dengan mengikutsertakan balita dalam perjalanan liburan, lebih baik memilih lokasi yang ramai, banyak pedagang makanan, mini market dan sarana pendukung lainnya agar semua kebutuhan anak tetap terpenuhi.

Pastikan Menggunakan Transportasi yang Aman
Gunakanlah alat transportasi yang aman bagi anak saat menuju tempat berlibur, selama berlibur dan kembali dari berlibur. Contoh transportasi yang berbahaya misalnya perahu kecil yang beresiko jatuhnya anak ke air, pesawat kecil dengan goncangan yang lebih terasa atau bis penuh sesak dan panas. Orang tua harus bijak menentukan alat transportasi apa saja yang aman atau tidak aman untuk dinaiki anak.

Pastikan Memilih Penginapan yang Nyaman
Penginapan saat liburan bisa dikatakan sebagai rumah untuk pulang setelah lelah beraktifitas. Kenyamanan penginapan yang dipilih sangat berpengaruh terhadap kestabilan kesehatan fisik dan emosi selama berlibur. Apalagi sampai menetap disana berhari-hari, tentunya waktu beristirahat ini menjadi hal paling penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit menjalankan rencana yang telah tersusun. Pilihlah penginapan dengan fasilitas lengkap seperti mengutamakan kebersihan, adanya water heater, pendingin ruangan, air yang jernih, kasur yang luas atau ukuran kamar yang tidak terlalu sempit. 

Pastikan Membawa Semua Kebutuhan Anak
Ingatlah seluruh aktifitas anak mulai dari pagi hari saat bangun tidur hingga nanti tidur lagi di malam hari. Catatlah semua kebutuhan anak mulai dari mandi, makan, minum, cemilan, mainan, baju, selimut, jaket, obat-obatan dan kebutuhan penting lainnya. Sesuaikan juga barang bawaan dengan rencana, cuaca dan kondisi di tempat tujuan. Misalnya saja kostum musim dingin, pakaian tipis dan nyaman saat musim panas, kaca mata hitam dan perlengkapan renang jika ingin bermain di pantai. Tidak masalah jika membawa sesuatu tapi tidak terpakai dari pada tidak memiliki apapun disaat butuh. Namun jika ada kebutuhan anak yang tertinggal maka lokasi wisata pilihan yang disekelilingnya terdapat pertokoan, bisa saja dapat memenuhi kebutuhan yang tertinggal tersebut. Makanya penting untuk memilih lokasi wisata yang tidak jauh dari pusat kota selama membawa bayi atau balita untuk mengantisipasi kejadian seperti ini.

Penginapan menjadi salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai liburan. Kami lebih memilih booking hotel melalui aplikasi dari pada mencari hotel on the spot. Kenapa? Karena melalui aplikasi, semua foto dan fasilitas hotel bisa dilihat dengan jelas dan detail tanpa harus berkeliling dan menanyakan satu per satu secara langsung ke petugas hotel. Jika ada yang masih ragu, bisa langsung menelepon nomor kontak hotel yang bisa dihubungi. Kepastian adanya kamar kosong juga menjadi alasan. Seringnya mengalami pengalaman "kehabisan kamar" membuat kami kapok untuk memesan hotel secara langsung, apalagi diakhir minggu atau libur nasional.

OYO Hotels sangat membantu kami dalam mencari hotel yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Harganya yang terjangkau namun tetap mengutamakan kenyamanan tamu dengan standar fasilitasnya menjadi alasan utama kami memilih OYO Hotels sebagai aplikasi favorit yang selalu dipercaya untuk urusan pemesanan hotel. Pokoknya top deh.

Apalagi sekarang ini si Ayah dalam masa tugas belajar dan bisa libur kuliah lebih kurang 1 bulan di setiap semesternya. Kesempatan ini menjadi masa-masa emas untuk memperbanyak quality time keluarga kami dengan merencanakan liburan seru. Jika mendapat diskon 70% dari OYO Hotels dengan mengikuti blog competition ini, kami bisa menuntaskan list objek wisata di Lembang yang belum sempat dikunjungi. Target selanjutnya adalah De Ranch dan Grafika Cikole. Tidak masalah kalau harus booking hotel untuk dua malam bahkan tiga malam sekaligus, kan yang satu malamnya sudah diskon 70%, nah yang dua malam lagi tinggal bayar sesuai yang tertera di aplikasi OYO. Harga bersahabat plus tambahan diskon 70% sudah pasti menyenangkan hati emak-emak ini. Sisa tabungannya bisa dialokasikan untuk liburan berikutnya deh.

OYO Hotels merupakan startup jaringan hotel asal India yang resmi masuk ke Indonesia sejak Oktober 2018 lalu. Tidak butuh waktu lama, hingga Juli 2019 mitra jaringannya telah mencapai 850 hotel dan 23.000 kamar di 86 kota di Indonesia. OYO Hotels menargetkan akan ada penambahan kamar hingga 1.000 - 2.000 kamar per bulannya. Jika ditotalkan, OYO memiliki lebih dari 500.000 kamar di India, USA, UK UAE, Philipina, Malaysia, Nepal dan Indonesia.



OYO Hotels memiliki persembahan spesial berupa brand Collection O yang menghadirkan pengalaman menginap di lokasi prima dan fasilitas lengkap untuk kalangan profesional muda, pebisnis, maupun keluarga dengan harga yang kompetitif. Collection O tetap memberikan core promise OYO yaitu koneksi Wifi cepat dan gratis, air panas, linen bersih, perlengkapan mandi, kamar mandi higienis AC dan televisi. Namun ada tambahan fasilitas lebih yang ditawarkan Collection O yaitu kolam renang, fasilitas olahraga, restoran, ruang pertemuan dan area parkir. Jika ingin menginap di hotel berstandar bintang 3, maka di Collection O kamu bisa mendapatkannya.

Masih ragu dengan OYO Hotels? Dengan banyaknya kenyamanan dan kemudahan yang diberikan ini? Kalau aku sih sudah yakin dan mantap memilih OYO Hotels!


Bagaimana sih cara booking hotel di OYO Hotels? Mudah banget!

Pertama kamu harus membuka alamat URL https://www.oyorooms.com/id/ atau download dulu aplikasinya. Aplikasi OYO Hotels sudah tersedia untuk platform Android dan IOS. Jadi pastikan aplikasi sudah terinstal dan kamu sudah melakukan registrasi. Silahkan download dengan klik tombol dibawah ini.


Kemudian pilih lokasi tujuan kamu dengan klik salah satu kota yang ditampilkan atau bisa mengetik pada kolom yang tersedia jika kota pilihanmu tidak ditampilkan. Tidak tampil bukan berarti hotelnya tidak ada ya guys. Contohnya saja saat kami memilih hotel di Jatinangor, Jawa Barat kemarin. Ternyata ada loh, banyak pilihannya pula. Jika nanti kami akan berlibur ke Lembang lagi, mungkin akan mencari hotel di daerah Lembang saja agar lebih dekat ke lokasi objek wisata. Bisa juga hotel di kota Bandung menjadi pilihan jika ingin menikmati suasana kota dan berkuliner dimalam harinya.
Ketik atau pilih lokasi hotel tujuanmu
Selanjutnya semua hotel OYO di daerah tujuanmu akan tampil. Silahkan dipilih dan lihat semua keterangannya untuk lebih jelas.

Puluhan bahkan ratusan hotel OYO disekitar lokasi pilihanmu akan tampil
Misalnya Easton Park Residence terlihat menarik dari sekilas foto yang ditampilkan. Maka setelah meng-klik hotel tersebut, halaman baru akan muncul dan memperlihatkan semua keterangan hotel secara detail. Mulai dari foto dokumentasi, fasilitas, kategori kamar dan harga.
Detail hotel yang kamu pilih tertera secara lengkap
Setelah yakin akan pilihanmu dengan melihat semua keterangan dan fasilitas yang ada, kamu bisa memilih tanggal menginap, jumlah orang dan jumlah kamar yang dipesan serta memeriksa kembali data diri pemesan.
Masukkan tanggal check-in dan check-out serta jumlah kamar yang akan di booking
Nah, selanjutnya kamu bisa langsung booking hotel pilihanmu dengan pilihan pembayaran yang tersedia. Bisa secara transfer atau pay at hotel jika tersedia. Kemudian tunggu konfirmasi dari OYO melalui email dan SMS berdasarkan data diri pemesan yang telah dimasukkan. Selesai.

  
Konfirmasi booking OYO Hotels melalui email dan SMS

Gampang kan? Jadi tunggu apa lagi? Liburan kapan pun tetap bisa terwujud dengan OYO Hotels. Pilih hotel sesukamu karena ada #OYODimanaMana. Dijamin pengeluaran kamu tidak akan membengkak lagi hanya untuk biaya hotel. Dapatkan kamar senyaman hotel berbintang tanpa takut kantong jebol.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang OYO Hotels, kamu bisa follow akun Instagram dan Twitternya. jangan sampai ketinggalan promo menariknya ya.

Akun Instagram dan Twitter OYO

_________________________________________________________________________________

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog OYO Hotels.
Foto dan gambar yang digunakan bersumber dari dokumentasi pribadi, aplikasi OYO dan www.freepik.com.
Infografis menggunakan template dari aplikasi canva dan www.freepik.com dengan informasi yang diolah penulis bersumber dari:
  1. Aplikasi OYO.
  2. https://dailyhotels.id/2019/08/wajib-dicoba-collection-o-hotel-budget-premium-dari-oyo-untuk-kalangan-profesional/
  3. https://m.ayobandung.com/read/2019/07/01/56556/oyo-siap-jadi-jaringan-hotel-no-1-di-indonesia
  4. https://m.ayobandung.com/read/2019/06/25/56038/oyo-hotels-homes-terus-perluas-layanan
  5. https://marketing.co.id/collection-o-hotel-budget-premium-untuk-kalangan-profesional/
  6. https://dailysocial.id/post/oyo-indonesia-resmi/
  7. https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20191007/12/1156420/oyo-rooms-dapat-pendanaan-us15-miliar
  8. https://m.tribunnews.com/amp/techno/2019/01/01/mengenal-konsep-manchise-dan-penggunaan-teknologi-oyo-hotels?page=2

No comments