Membangun Brand Awareness dan Permudah Pemasaran Produk dengan AVANA, Platform E-commerce Terintegrasi Facebook


"Bi, tau AVANA nggak? Kita bisa bikin Webstore dan Facebook store buat Moa Toys sekaligus. Jadi nggak usah susah-susah input produk dua kali, cuma sekali aja. Nanti muncul di Webstore dan Facebookstore juga.", dengan bersemangat aku memberi tahu suami mengenai AVANA dan yakin bisa membantu usaha online-nya.

"Beneran? Lumayan juga sih kalau bisa dijual di Facebook. Kan teman di Facebook Moa Toys sudah dua ribuan." 

Jadi ya, nanti Moa Toys juga punya Webstore sendiri. Templatenya juga banyak pilhan. Kan lumayan banget. Moa Toys bisa lebih keren dan makin terpercaya. Orang juga makin banyak yang tau.", aku menambahkan.

"Boleh lah, yuk dicoba! Kayaknya menarik."

Sudah beberapa tahun belakangan keluarga kami, khususnya suami, melakukan aktifitas jual-beli online. Usaha toko mainan yang dimulai dari hobi ini mulai berkembang dan hasil penjualannya bisa dibilang "lumayan". Awalnya hanya ada beberapa pajangan koleksi, tapi sekarang sudah ada dua rak besar action figure serta aksesoris One Piece dan beberapa tokoh anime Jepang lainnya. Melihat perjuangan suami, aku paham betul betapa pentingnya strategi pemasaran dalam berjualan secara online. Pokoknya, semakin banyak pasang mata yang melihat dan semakin banyak produk yang ditampilkan, maka semakin besar pula kemungkinan produk tersebut bertemu pembelinya.

Selain itu, membangun brand awareness penting dilakukan untuk meningkatkan citra toko dan produk yang dipasarkan. Meskipun tidak mudah, perlahan tapi pasti dan tentunya dengan cara yang tepat, kami mulai berhasil. Mengandalkan pelayanan prima, konsisten update produk, memberikan bonus stiker berlogo Moa Toys dalam setiap pengiriman serta aktif dalam komunitas action figure, Moa Toys mulai dilirik dengan produk WCF-nya. Beberapa orang sudah dapat mengenali toko ini hanya dari melihat logo. Sungguh merupakan pencapaian yang lumayan membanggakan untuk kami yang baru merintis usaha.

Salah satu strategi pemasaran produk dan membangun brand awareness dapat dilakukan dengan AVANA.

______________________________________________



Source : freepik.com

Berbelanja secara online sebenarnya tidak hanya memberikan kemudahan kepada pembeli, tapi juga memberikan keuntungan yang tidak sedikit kepada penjual. Bagaimana tidak, tanpa harus kemana-kamana, transaksi jual-beli tetap dapat terjadi. Beberapa istilah pun muncul, baik dalam proses promosi, penjualan, pembelian dan seterusnya. Berikut beberapa istilah dalam berjualan online yang harus dipahami betul terutama oleh penjual, agar tidak salah kaprah dan membantu kelancaran toko online kedepannya.

E-commerce
Electronic commerce atau perdagangan elektronik merupakan segala bentuk aktifitas jual beli online mulai dari penyebaran, pemasaran, penjualan dan pembelian produk berupa barang atau jasa yang memanfaatkan sistem elektronik. Dalam e-commerce akan terjadi proses pengumpulan data secara otomatis dan transfer dana elektronik. E-commerce tentunya sangat mempermudah pembeli ataupun penjual dalam hal informasi, komunikasi dan melakukan transaksi.

Online Shop
Salah satu jenis e-commerce yang bersifat mandiri. Online shop sering dijumpai di media sosial Facebook dan Instagram. Penjual mengelola toko dan memantau penjualan sendiri tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Disini pembeli dan penjual bebas melakukan tawar menawar harga dan komunikasi yang dilakukan seakan tanpa batas.

Marketplace
Disebut juga pasar online. Layaknya pasar, disini juga berisikan banyak toko yang menjual dagangannya secara online. Marketplace merupakan website yang menfasilitasi para penjual untuk mempromosikan produk dan transaksi uang secara elektronik. Tentunya dengan peraturan dan ketentuan yang harus dipatuhi.

Webstore
Merupakan sebuah web atau situs yang dikhususkan untuk menjual produk. Template yang user-friendly sangat dibutuhkan disini demi kenyamanan pembeli. Biasanya perlu bayaran besar dan bantuan tenaga ahli demi menciptakan sebuah Webstore yang mumpuni. Namun memanfaatkan penyedia layanan pembuatan Webstore gratis dapat menjadi pilihan lain yang lebih ramah kantong.

Facebook Store
Fitur terbaru dari Facebook yang menfasilitasi penggunanya untuk membuat toko online secara gratis.

Oke itulah beberapa istilah dalam jual-beli online yang harus dipahami dulu sebelum nanti kita akan bercerita panjang mengenai AVANA. So, stay tune!




Source : freepik.com

Perkembangan teknologi yang kian maju memberikan banyak kemudahan dalam dunia perdagangan. Mulai dari usaha kecil, menengah, hingga skala besar. Jika berbicara mengenai kesuksesan berjualan online, maka hal utama yang harus diperhatikan adalah teknik pemasaran yang tepat. Penjual harus bisa menilai pasar dan mampu mempromosikan produk secara luas agar semakin banyak calon pembeli yang melihat. Nah, berikut beberapa metode pemasaran yang dapat dilakukan agar penjualan online dapat berjalan maksimal.

Miliki Webstore 
Memiliki website resmi yang khusus mempromosikan produk jualanmu merupakan salah satu cara ampuh untuk menarik hati konsumen. Pastikan webstore tersebut user-friendly, template menarik, pengelompokan produk yang jelas, navigasi yang terstruktur, kejelasan informasi serta mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) agar memiliki posisi teratas pada laman pencarian. Webstrore yang dibuat asal-asalan hanya akan menurunkan kepercayaan konsumen. Webstrore yang dirancang sebagus mungkin tidak hanya memancing daya tarik calon pembeli, namun juga menumbuhkan brand awareness.

Gunakan Media Sosial
Banyaknya pengguna media sosial, kemudahan dalam menyebarkan dan menerima informasi menjadi alasan utama kenapa produsen atau pedagang menjadikan media sosial sebagai wadah promosi yang menjanjikan. Buktinya, hampir seluruh toko online memiliki akun media sosial, tidak hanya usaha kecil namun usaha yang sudah mendunia sekalipun.

Memanfaatkan Marketplace
Manfaatkanlah situs marketplace yang paling banyak dicari dan digunakan oleh konsumen dalam melakukan jual-beli online. Bukan pilihan tepat jika hanya memiliki toko online saja tanpa menjual produk di marketplace. Beberapa konsumen lebih nyaman bertransaksi melalui marketplace dari pada bertransaksi langsung kepada pembeli. Ini dikarenakan kemudahan proses dan kepastian produk yang selalu menjadi fokus brand marketplace ternama. Apalagi banyak marketplace sudah bekerja sama dengan dompet digital dan jasa pengiriman terpercaya.

Endorsement
Libatkanlah public figure atau influencer yang memiliki jumlah follower fantastis dalam mempromosikan produk dan menyebarluaskan informasi toko agar lebih mudah diterima dan dipercaya. Pilihlah public figure atau influencer dengan follower-base yang sesuai dengan target marketing kamu agar tepat sasaran. Selain itu, blogger juga bisa diandalkan dalam menulis review produkmu, karena tidak sedikit konsumen yang mencari review produk di mesin pencari sebelum memutuskan untuk membeli.

Bergabung dalam Komunitas
Selain menambah relasi serta berbagi ilmu dan pengalaman, komunitas juga dapat membantu dalam memasarkan produkmu. Rasa kekeluargaan yang kental membuat anggota komunitas tidak keberatan membantu memasarkan usaha anggota lain. Apalagi komunitas yang kamu ikuti merupakan sebuah komunitas besar dan aktif di media sosial atau bahkan pernah diundang ke acara televisi. Pilihlah komunitas yang relevan dan tepat agar keberhasilannya maksimal.

Iklan Online
Iklan online merupakan salah satu upaya pemasaran berbayar yang bisa menampilkan produk atau toko kamu dalam mesin pencari, website atau media sosial. Contoh yang paling sering kita temukan adalah postingan akun berlabel "sponsored" yang sering muncul di feed atau story Instagram. Bisa juga iklan yang muncul di laman pencarian Google atau sebuah website.

Gunakan Tools Analisis
Ada dua tool analisis yang bermanfaat dalam pemasaran produk secara online, yaitu Google Analytics dan Google Trends. Google Analytics dapat memberikan kamu data lengkap pengunjung website mulai dari daerah, teknologi yang digunakan, usia, gender, halaman yang paling banyak dikunjungi dan sebagainya. Sedangkan Google Trends dapat menganalisa trend apa saja yang sedang hangat di masyarakat terkait produkmu. Dengan menganalisa, kamu bisa mengevaluasi dan menentukan metode pemasaran yang tepat.

Konten Berkualitas
Pastikan konten yang kamu tampilkan berkualitas mulai dari foto, video serta deskripsi yang lengkap dan menarik. Konten yang berkualitas dapat menumbuhkan kesan positif dari konsumen dan tentunya akan menguntungkanmu!



Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali sebuah produk atau merek. Dilansir dari wartaekonomi.co.id, "Berdasarkan keterangan dari Investopedia (22/4/2019), idealnya, kesadaran merek itu dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari pada pesaingnya. Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Pasalnya, konsumen lebih banyak yang membeli produk dari merek yang terkenal dari pada yang tak mereka ketahui."



Sebenarnya dengan menerapkan cara pemasaran produk online seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sudah cukup dijadikan strategi untuk membangun brand awareness. Namun masih ada yang salah menilai di beberapa poin cara tersebut. Contohnya pada penggunaan mareketplace yang sangat kompetitif dalam penentapan harga. Banyak penjual kebingungan dengan persaingan ini. Jika harga diturunkan maka kerugian akan terjadi, tapi jika dijual dengan harga yang lebih mahal bisa jadi produk tersebut tidak minat pembeli. Padahal jika toko atau produk yang ditawarkan sudah mengikat konsumen dengan brand awareness yang terlebih dahulu dibangun, maka kekhawatiran untuk merugi itu tidak akan pernah terjadi.

Misalnya saat membeli sepatu. Mana yang akan kamu pilih jika ada dua sepatu, yang satu bermerek Nike dan yang lain bermerek tidak dikenal, namun memiliki banyak kemiripan baik dari segi warna, desain dan deskripsinya? Sudah pasti jawabannya adalah Nike. Meskipun dengan harga yang lebih mahal. Inilah yang dimaksud dengan kekuatan brand awareness.

Nah, untuk membantu kamu dalam membangun brand awareness ini, AVANA dapat menjadi solusi yang tepat dan tentunya sangat memudahkan.

Penasaran? Yuk, berkenalan dengan AVANA.




AVANA merupakan sebuah platform e-commerce yang sudah terintegrasi dengan media sosial Facebook. Pengguna tak hanya mendapatkan Webstore dengan alamat situs sendiri, tetapi sekaligus mendapatkan Facebook Store dan Messenger Store. Wah, menguntungkan sekali bukan? Sama-sama kita ketahui bahwa dengan memiliki Webstore pribadi dan memanfaatkan media sosial adalah salah satu strategi pemasaran dan membangun brand awareness yang jitu. Makanya hingga saat ini sudah lebih dari 60.000 toko online dibuat di AVANA.

AVANA berdiri tahun 2016 yang dimulai dan berkantor pusat di Malaysia. Sekarang AVANA sudah semakin berkembang ke beberapa negara seperti Singapura dan Indonesia. Misi AVANA adalah membawa pengusaha kecil dan menengah ke peringkat global.

Avana diciptakan untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha online. Dalam satu dasbor, pengguna dapat mengunggah produk yang nantinya akan muncul secara otomatis di Webstrore dan Facebook Store sekaligus. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot dua kali login, dua kali upload foto, dan dua kali menuliskan deskripsi di Webstore dan Facebook Store secara terpisah. Cukup sekali saja, proses menggunggah produk selesai.

Eits, masih ada lagi. AVANA juga memiliki fitur-fitur yang tidak kalah peran dalam membantu penjual online, seperti fitur pembalas pesan otomatis, manajemen order, manajemen produk hingga kepada sistem pembayaran. Pokoknya, AVANA bisa dijadikan teman yang diandalkan bagi penjual online agar dapat terus melangkah maju.

Pelajari detailnya di website resmi AVANA Indonesia dan halaman campaign AVANA Indonesia.

AVANA is a trademark of PT Niaga Masa Depan

Indonesia • Malaysia • Singapore

Call center : +62 22 2050 9731
Website : avana.id
Campaign : campaign.avana.id
Facebook : AVANA Social Commerce Indonesia
Instagram : avana.id
Twitter : @avana_id
Youtube : AVANA Indonesia



Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai kelebihan AVANA, berikut dijelaskan lebih rinci lagi kenapa memilih AVANA untuk penjualan online-mu.
  • Mudah digunakan meskipun tidak memiliki ilmu programing dan kemapuan IT (Information Technologi) yang tinggi.
  • Cepat. Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka toko online social commerce. Hanya butuh beberapa menit, kamu bisa langsung berjualan online.
  • Memberikan tiga toko online sekaligus secara instan, yaitu Webstore profesional, Facebook Store dan Messenger Store. Kamu juga bisa menjual produk kamu di Instagram.
  • Hanya perlu satu dasbor untuk mengelola ketiga toko online kamu. Mulai dari upload produk, kelola stok barang, sampai mengatur promosi. Tidak perlu berulang kali upload produk, cukup sekali saja maka akan tampil di ketiga toko online tersebut. Jika ada orderan masuk, semuanya juga bisa dipantau melalui dasbor AVANA.
  • Sistem pembayaran terintegrasi. AVANA sudah bekerja sama dengan lebih dari 10 bank di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan AVAPay yang merupakan sistem pembayaran milik AVANA. Jadi tidak perlu ribet melakukan proses trasfer uang.
Beberapa bank yang bekerja dengan AVANA (Source : avana.id) 
  • Kurir terpecaya. AVANA menyediakan kurir yang siap mengantarkan paket kamu kemanapun. Kamu juga bisa mengatur tarif pengiriman sendiri atau memakai tarif yang ditetapkan oleh jasa kurir.
Jasa kurir yang tersedia di AVANA (Source : avana.id)
  • Tidak berbatas. Kamu bisa upload banyak barang, menerima pemesanan dan bandwith pelanggan tanpa batas. 
  • Manajemen persediaan. Pemantauan persediaan produk mudah dilakukan karena semua toko sudah tersinkronisasi. Fitur pengelompokan produk dan penambahan tag label dapat menjadikan pembeli lebih nyaman saat melakukan pencarian. Kamu juga bisa membuat promo dan diskon dengan kode kupon agar lebih menarik pembeli.
  • Manajemen order. Menampilkan dan melacak pesanan dari semua saluran dan dapat difilter berdasar status pesanan. Kamu juga akan menerima notifikasi melalui email.  
  • Pembalas pesan otomatis. Tidak perlu repot lagi membalas komentar dan pesan di Facebook karena bisa dilakukan secara otomatis.
  • Bagikan produk dengan mudah  di WhatsApp, Line, Email dan Blogspot.
  • Analisis Google dapat diaktifkan untuk melacak traffic Webstore kamu.
  • Pengelolaan tarif pajak untuk menerapkan pajak bagi bisnis kamu.
  • Tim AVANA selalu siap membantu melalui obrolan langsung, Facebook, Email, dan WhatsApp agar toko kamu tetap berfungsi dengan baik.
Tim AVANA menghubungi melalui aplikasi WhatsApp

Membuat toko online dengan AVANA tidaklah sulit dan memakan waktu lama. Hanya dengan 3 langkah mudah, miliki toko online impianmu!

1. Buat Akun
Login dengan akun Facebook untuk registrasi di AVANA. Dengan melakukan login, berarti kamu sudah setuju dengan segala ketentuan yang ditetapkan AVANA.

Halaman login pengguna AVANA

2. Buka Toko
Selanjutnya pengguna bisa langsung membuka toko baru dengan mengisi beberapa data utama, seperti nama toko, email dan nomor handphone.

Halaman membuka toko baru

3. Atur Toko dan Mulai Penjualan.

Dasbor pengaturan toko akan tampil setelah tombol "Create" diklik. Pengguna dapat mengatur toko dengan memilih menu yang terdapat di bagian kiri dasbor. Mulai dari mengisi nomor rekening pembayaran, penerapan pajak, mengaktifkan fitur analisis Google, otomatis balas pesan, dan sebagainya.

Dasbor pengguna AVANA
Upload produk kamu dengan banyak foto yang dilengkapi dengan deskripsi jelas dan menarik.
Upload produk
Tahap terakhir adalah waktunya mempercantik desain Webstore dengan memilih template yang disediakan AVANA. Jangan lupa pula mengatur halaman Facebook Store kamu agar lebih menarik. Berikut adalah contoh Webstore dan Facebook Store Moa Toys yang dibuat menggunakan AVANA.

Webstore Moa Toys dibuat dengan AVANA.
Kunjungi https://moatoys.avana.asia 

Facebook Store Moa Toys dibuat dengan AVANA


Buka Webstore harus mengalokasikan dana hingga jutaan rupiah? Sudah bukan zamannya lagi, guys! Kamu bisa mendapatkan Webstore plus Facebook Store plus Messenger Store dan plus-plus lain hanya dengan 8000-an/hari!

Tersedia 3 jenis paket yaitu Advance, Business dan VIP Full Funnel Marketing dengan 4 pilihan jangka waktu yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Daftar harga paket langganan AVANA
AVANA juga memberikan layanan tambahan berupa free first setup, upload product, photo product, running ads, custom template, landing page, promo content (copywriting), design logo dan design poster. 

Kabar baiknya, kamu bisa mencoba secara gratis selama 14 hari jika masih penasaran dengan AVANA. Langsung saja kunjungi website resmi AVANA.

Tidak ada lagi alasan untuk menunda membuka toko online kamu.
Bersama AVANA, wujudkan impianmu!

______________________________________________

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog AVANA.
Gambar yang digunakan diambil dari dokumen pribadi dan freepik.com
Infografis dibuat oleh penulis dan merujuk kepada referensi.

Referensi :
avana.id
campaign.avana.id
blog.avana.id
wartaekonomi.co.id
omsetgo.com
ekrut.com
kompasiana.com
digitalmarketer.co.id
teknonisme.com

Ayo teman blogger, ikuti lomba blog AVANA! Ada hadiah menarik yang menanti, lo.



No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)