Belum Pernah Menang Lomba Blog? Tenang, 5 Hadiah Ini Tetap Kamu Dapatkan

Source : freepik.com by user18526052 



Sudah sering ikut lomba blog tapi kok nggak menang-menang ya? Padahal rasanya sudah maksimal mengerahkan seluruh daya dan upaya agar tulisan yang diikutsertakan bisa dilirik juri. Aku, salah satu blogger yang sudah sering mengalami kekalahan yang sempat bikin drop beberapa waktu lalu. Sampai merasa rendah diri dan tidak memiliki kemampuan menulis seperti blogger yang lain.

Eits, tenang. Ternyata prasangka buruk itu belum tentu benar, lo. Manusiawi jika merasa kecewa saat melihat pengumuman pemenang tapi tidak ada nama kita tercantum disana. Namun jangan cepat-cepat menyimpulkan diri sendiri tidak mampu. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat peserta tidak menang saat mengikuti lomba blog selain kualitas tulisan, misalnya kurang teliti membaca ketentuan lomba atau kriteria juri yang unik. Mungkin saja tulisanmu sebenarnya berkualitas, namun ada penyebab lain yang menyebabkan kamu belum beruntung untuk menang.


Jangan menjadikan menang dan hadiah sebagai prioritas utama saat mengikuti lomba blog. Jika kalah, pasti sangat kecewa. Ambillah pelajaran dan pengalaman dalam setiap prosesnya. Tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. 




Meski berkali-kali ikut lomba blog dan berkali-kali pula kalah, ternyata banyak hal positif yang diberikan atas keikutsertaan didalamnya. Tanpa disadari, ada 5 hadiah yang tetap didapat meskipun tidak menang saat mengikuti kompetisi blog. Apa sajakah itu?


1 Melatih Kemampuan Menulis
Semakin sering menulis maka semakin terasah pula kemampuan yang dimiliki. Mengikuti lomba blog dengan rangkaian kata yang panjang dan terstruktur sesuai ketentuan yang diberikan pihak penyelenggara, tentunya peserta akan memberikan skill maksimalnya demi menghasilkan karya yang bisa memenangkan hati juri. Proses "memberikan yang terbaik" inilah menjadi salah satu hadiah yang bisa membangun diri.

Menambah Pengetahuan
Tema yang diberikan oleh penyelenggara terkadang sangat spesifik. Bisa jadi banyak diantara kita yang mungkin tidak akan pernah membaca atau mempelajari hal terkait tema tersebut jika tidak mengikuti lomba blognya. Misalnya tentang kehutanan, perubahan iklim, perbankan dan sebagainya. Mengumpulkan materi adalah jalan utama agar tulisan berisi. Mau tidak mau, peserta lomba harus menguasai tema yang ditentukan sehingga wawasan akan bertambah.

Menambah Artikel Blog
Jumlah artikel yang di-publish dalam sebuah situs blog menentukan keaktifan pemiliknya. Semakin rajin dan konsisten ditampilkannya artikel baru, maka semakin dianggap baik pula blog tersebut. Mengikuti lomba akan menambah koleksi artikel baru dalam arsip blog kamu. Ini sama seperti Sambil menyelam minum air, lomba blog terikuti dan artikelpun bertambah.

"Dilirik"
Beberapa penyelenggara lomba memberikan syarat untuk menyebarkan link tulisan pada media sosial peserta dengan hastag yang ditentukan. Hal ini secara tidak langsung mengumumkan bahwa peserta adalah blogger aktif yang tertarik berkompetisi. Bisa saja jaringan pertemanan semakin meluas dari sesama peserta atau blogger lain yang melirik keaktifan kamu. Terbuka pula peluang untuk menerima tawaran kerjasama dengan sebuah brand karena secara tidak langsung kamu telah "memasarkan" diri sebagai  seorang blogger.

Melatih Mental Berkompetisi
Jika tidak pernah berpartisipasi, bagaimana bisa merasakan tuntutan mental saat mengikuti kompetisi? Mulai dari proses penentuan tema, judul, pengumpulan materi, dokumentasi, penulisan, editing dan koreksi, pendaftaran, hingga nanti saat pengumuman pemenang. Dari setiap proses tersebut jika tidak dimbangi dengan mental yang kuat maka tidak akan bisa sebuah artikel berkualitas di-publish dan diikutsertakan dalam sebuah lomba blog. Bisa saja saat membaca tema, hati sudah menciut merasa tidak ada ilmu dibidang itu. Atau bisa jadi saat menulis terasa begitu sulit merangkai kata karena banyak istilah atau ilmu baru yang belum terbiasa didengar atau dibaca sebelumnya. Apalagi nanti saat pengumuman, jika hasil yang diharapkan tidak sesuai kenyataan, tentunya akan ada kecewa yang terasa. Mental inilah yang dilatih ketika seorang blogger mengikuti lomba. Mental akan semakin kuat sehingga semua proses tersebut bisa dilalui dengan lebih "santai".


Baca juga : Ingin Tetap Kreatif Selama Dikarantina? Yuk, Belajar Desain Produk Sendiri Biar Jadi Cuan

Banyak bukan untungnya mengikut lomba blog? Meskipun belum beruntung, tapi kapasitas diri semakin meningkat. Karena tidak semua hal harus dinilai dari angka. Jadi tidak ada salahnya untuk tetap berpartisipasi dalam kompetisi blog agar pengalaman bertambah. Setiap tulisan ada jodohnya, dan suatu saat seiring perbaikan demi perbaikan dilakukan, pasti akan ada juri yang menjadi jodoh tulisan kamu. Akhirnya menang deh!

Semoga bermanfaat :)


4 comments:

  1. Betul banget Mba, ikut lomba blog bukan semata mengejar nominal uang saja meskipun tetap berharap bisa dapat. Tapi, selama ini aku ikut lomba blog yang paling terasa adalah mengasah cara menulis artikel dan juga menambah ilmu pengetahuan. Banyak banget ilmu baru karena biasanya kan kita akan riset dalam-dalam sebelum ikut suatu lomba menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau cuma ngejar hadiah, pas kalah langsung frustasi. Padahal tanpa disadari, banyak keuntungan lain yang didapat dari pengalaman kita mengikuti lomba blog.

      Delete
  2. belajar untuk fokus pada sebuah topik dan mengembangkannya sesuai kreativitas sendiri adalah hadiah utama dari lomba blog
    jujur itu yang sering saya kejar karena kalau engga ikut lomba blog diri ini tidak akan terpacu jadi lebih baik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kayak terpacu aja gitu semangatnya kalau nulis artikel yang akan dilombakan. Jadi banyak belajar ilmu baru.

      Delete