Rusunawa Rempoa Kementerian PUPR, Contoh Rumah Impian dengan Harga Terjangkau

Rusunawa Rempoa Kementerian PUPR

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memberikan solusi dengan menghadirkan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Rempoa yang kali ini dikhususkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) muda untuk tinggal di hunian yang layak, nyaman dan berfasilitas lengkap dengan lokasi strategis. Rusunawa Rempoa merupakan salah satu contoh nyata usaha pemerintah untuk mewujudkan rumah impian masyarakat, khususnya para PNS muda dengan harga sewa yang terjangkau.


Berkenalan dengan Rusunawa Rempoa Kementerian PUPR

Rusunawa Rempoa, Rusun untuk PNS Kementerian PUPR

Rusunawa Rempoa diresmikan pada tahun 2014 oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) yang menjabat kala itu yaitu Bapak Djoko Kirmanto. Bangunan twin block 10 lantai ini dibangun dengan menghabiskan anggaran senilai 62 Milyar rupiah. Terdapat 234 unit yang terdiri dari tipe 24 meter persegi untuk disewakan kepada PNS yang masih single dan tipe 36 meter persegi untuk PNS yang sudah berkeluarga.

Rusunawa Rempoa ini beralamat di Jl. RC Veteran No.88, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Lokasinya yang masih di pusat kota dan tidak begitu jauh dari kantor dapat menekan waktu perjalanan sehingga berpengaruh positif kepada produktivitas kerja. Selain itu, anggota keluarga juga sangat dipermudah dengan banyaknya fasilitas penunjang seperti sekolah, rumah sakit, pertokoan, pasar dan banyaknya alat transportasi umum disekitar Rusunawa.

Dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR pu.go.id, Djoko Kirmanto mengatakan bahwa pembangunan rusunawa ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai Kementerian PU. Lokasi rusun yang dekat dengan kantor diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan sehingga kinerja pegawai di kantor menjadi lebih optimal. Ia berharap pegawai Kementerian dapat terbantu secara ekonomi karena menyewa tempat tinggal dengan biaya murah.

***


Fasilitas Lengkap Tak Kalah Apartemen Mewah

Fasilitas Rusunawa Rempoa tidak kalah apartemen mewah

Selain lokasi yang stategis, fasilitas internal Rusunawa Rempoa ini tak kalah lengkap. Semua fasilitas ini benar-benar bermanfaat untuk menunjang dan memberikan kenyamanan bagi seluruh penghuni, baik PNS itu sendiri maupun keluarganya.


Fasilitas Per Unit
Masing-masing unit sudah dilengkapi dengan AC, tempat tidur, meja, kursi, dapur, kamar mandi dan balkon untuk menjemur. Semua ini bisa digunakan secara gratis tanpa ada penambahan uang sewa. 

Air Bersih
Air yang digunakan adalah air tanah dan tidak ada batasan pemakaian. Airnya sangat jernih dan bisa dipakai untuk semua kebutuhan rumah tangga, yaitu mandi, mencuci atau masak. 

Daya Listrik Memadai
Daya listrik terbagi terpisah untuk masing-masing unit, sehingga tidak saling berpengaruh satu sama lain. Daya yang disediakan sangat cukup untuk pemakaian sehari-hari dalam skala rumah tangga. 

Keamanan
Dari segi bangunan, Rusunawa ini dilengkapi dengan 3 tangga darurat yaitu pada masing-masing block dan di bagian tengah. Terdapat juga CCTV indoor dan outdoor, alarm, sensor asap, tabung pemadam api serta adanya titik kumpul saat terjadi bencana. Security juga akan berjaga secara bergantian selama 24 jam dengan 2 orang pada masing-masing shift

Kebersihan
Koridor dan lobby seluruh lantai selalu dijaga kebersihannya setiap hari oleh petugas. Area taman dan area terbuka lainnya juga selalu diperhatikan sehingga selalu tampak terawat.

Teknisi 24 Jam
Tidak perlu khawatir jika ada masalah listrik, AC, lampu atau hal teknis lainnya terjadi diluar jam kerja. Teknisi bertugas secara bergantian selama 24 jam penuh akan selalu siap dimintai tolong kapan saja. 

Lift
Rusunawa ini dilengkapi dengan 3 lift yang terdiri dari 2 lift orang dan 1 lift barang. Lift selalu dicek secara rutin agar tetap dapat beroperasi dengan baik. 

Ruang Terbuka Hijau
Adanya ruang terbuka hijau pada bagian belakang, cukup membantu megurangi polusi dan udara kotor. Berbagai pohon dan bunga ditanam untuk menambah suasana hijau.

Lahan Parkir
Jika merujuk kepada konsep Rusunawa yang dikhususkan bagi PNS muda yang belum mampu memiliki hunian sendiri, maka area parkir luas yang tersedia dibagian samping dan belakang hanya disediakan bagi kendaraan roda 2 saja. Area parkir motor ini sudah dilengkapi dengan atap pelindung agar motor yang terparkir lebih aman.

Minimarket dan Laundry
Di lantai dasar terdapat minimarket dan laundry yang buka setiap hari mulai dari pagi hingga malam untuk melayani penghuni Rusun. Harganya dijamin sama dengan harga pada umumnya. 

Jaringan Internet
Bagi penghuni yang ingin berlangganan paket internet bulanan, di Rusunawa ini juga tersedia instalasi internet yang dilakukan langsung oleh teknisi tanpa harus khawatir dengan pemasangan kabel yang berantakan. Karena masih bekerjasama dengan pihak ketiga, maka untuk fasilitas yang satu ini akan dibayar terpisah dari uang sewa bulanan Rusun.

Bus Antar Jemput
Bus antar jemput dari rusun ke kantor manjadi fasilitas andalan para PNS disini. Setiap jam setengah 7 pagi, bus sudah berangkat dan siap mengantar kembali pada jam pulang kantor. 

Kantor Pengelola
Masih di lantai dasar, ruang pengelola menjadi pusat aktifitas pengelolaan administrasi Rusunawa Rempoa. Mulai dari pembayaran sewa bulanan, pengaduan masalah, bertanya hal terkait Rusunawa, atau hal administratif lainnya.

Mushala
Khusus bagi penghuni muslim, mushala bisa digunakan sebagai tempat diadakannya kegiatan keagamaan, seperti shalat berjamaah, tadarusan, TPA/MDA bagi anak-anak, atau majlis taklim bagi ibu-ibu.

Aula
Aula dengan ukuran ruangan yang lumayan besar ini selalu menjadi tempat favorit diadakannya aktifitas bersama penghuni rusun. Misalnya untuk acara penyuluhan, seminar, posyandu, bahkan lomba hari kemerdekaan. 

Fasilitas Olahraga dan Area Bermain Anak
Rusunawa menyediakan lapangan untuk olahraga basket, futsal dan badminton. Selain itu ada juga ayunan dan perosotan yang siap dimainkan anak-anak di tempat terbuka.


***


Kehidupan Bertetangga yang Hangat

Kehidupan bertetangga yang hangat menambah kenyamanan tersendiri bagi penghuni Rusun
Sumber : Instagram @rusunrempoa.pupr

Demi menjaga kenyamanan, kedisiplinan dan ketentraman seluruh penghuni tanpa terkecuali, dibentuklah organisasi pengurus Rusunawa Rempoa sebagai perwakilan bersama. Pengurus akan menyebar informasi yang dibutuhkan penghuni, mengadakan rapat untuk saling sepakat, mengadakan acara-acara yang bersifat kebersamaan atau menjadi penengah saat terjadi masalah antara penghuni rusun.

Seringnya bertemu baik disengaja ataupun tidak, serta rentang usia yang tidak terlalu jauh berbeda dan tentunya satu profesi, membuat kehidupan bertetangga di Rusunawa Rempoa ini begitu hangat. Kesadaran untuk saling menjaga kenyamanan satu sama lain selalu didahulukan. 

***


PUPR Bangun Lebih Banyak Rusunawa

Kementerian PUPR terus bangun Rusun
Sumber : perumahan.pu.go.id

Kementerian PUPR terus melakukan pembangunan infrastruktur perumahan di seluruh wilayah Indonesia sebagai salah satu daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Tidak hanya terfokus pada daerah perkotaan, namun wilayah sekitar universitas atau sekolah juga menjadi target pembangunan. Berdasarkan data yang dikutip dari pu.go.id, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah membangun 728 tower dengan total 44.893 unit pada tahun 2015 hingga 2018. Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2019 dengan diselesaikannya 137 tower atau 6.873 unit Rusun. Hingga total Rusun yang dibangun sampai akhir tahun 2019 adalah 865 tower atau 51.766 unit. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2020 ini pembangunan Rusun masih terus berlanjut demi meneruskan Program Sejuta Rumah dari pemerintah. Misalnya pada bulan Juli kemarin telah dimulainya pembangunan Rusun untuk para santri di Pondok Pesantren Nurul Falan, Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah serta Rusun Pasar Jumat untuk ASN yang telah mencapai progres 90%.



Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa target pembangunan rusun disamping untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), juga diperuntukkan bagi mahasiswa, pelajar, santri, pekerja, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid, bahwa pembangunan Rusun ini adalah amanat dari Presiden Joko Widodo untuk membantu MBR memiliki rumah yang layak huni. Diharapkan dengan tersedianya hunian yang layak ini, dapat memberikan kontribusi positif terhadap produktivitas masyarakat dalam bekerja serta mahasiswa dan santri dalam menimba ilmu.


Semakin banyak Rusunawa yang dibangun oleh pemerintah, maka semakin besar pula peluang terwujudnya rumah impian masyarakat. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 H Ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan". Sejatinya tempat tinggal sangat mempengaruhi watak, perilaku, dan kehidupan manusia sehingga dalam lingkup yang lebih luas akan mempengaruhi pembentukan kepribadian bangsa. Rusunawa inilah salah satu bentuk perwujudan tanggung jawab negara untuk menyediakan permukiman atau perumahan sehingga masyarakat mampu bertempat tinggal pada hunian yang layak dan terjangkau serta lingkungan yang sehat, bersih, nyaman dan harmonis. 

***


Rusunawa dari Kementerian PUPR, Bantu Meraih Rumah Impian

Rusunawa Rempoa, bukti perhatian pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni dengan harga terjangkau


Jika ditarik benang merahnya, rumah impian yang diharapkan oleh mayoritas masyarakat umumnya memiliki persyaratan utama yang sama. Layak dari segi bangunan, lingkungan yang nyaman, dekat dengan lokasi kerja serta tersedianya fasilitas penunjang disekitar tempat tinggal.

Namun permasalahan yang sering menghambat masyarakat untuk memiliki rumah impian tersebut adalah KETERBATASAN DANA. Kenyataannya, memiliki rumah sesuai keinginan tidaklah mudah. Fenomena inilah yang menjadi perhatian pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk memberikan hunian yang layak dan strategis namun tetap terjangkau.Rusunawa dari Kementerian PUPR menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat.

Apalagi sekarang ini konsep hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik akan lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar Indonesia. Dilansir dari perumahan.pu.go.id, kehadiran Rusun berbasis Transit Oriented Development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik diharapkan memberikan nilai efisiensi tinggi bagi masyarakat perkotaan, khususnya para ASN. Diharapkan konsep hunian terintegrasi ini dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, sehingga dapat menurunkan angka backlog pemilikan dan penghunian rumah sekaligus meningkatkan kualitas hunian yang layak. Maka dari itu dengan hadirnya Rusunawa, memiliki rumah impian yang sesuai harapan bisa diwujudkan.

Terimakasih sudah menghadirkan Rusunawa dengan harga sewa terjangkau bagi masyarakat. Semoga selalu bersemangat membangun negeri.



Referensi :
perumahan.pu.go.id
pu.go.id


No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)