15 Jam Dari Panen Ke Rumah! Gratis Ongkir Hanya Di Segari, Belanja Sayur Online Dalam Masa Kesegaran Terbaiknya


Beli sayur online yang dijamin segar dan gratis ongkir? Cuma ada di Segari!


Ibu-ibu mana yang tidak bahagia ketika mendapatkan bahan makanan segar untuk keluarga dengan cara yang mudah, hanya menunggu di rumah tanpa kemana-mana, dan gratis ongkir pula. Hari gini masih ke pasar, deg-degan tertular virus Covid-19, ribet bawa belanjaan serta butuh waktu dan transportasi untuk menuju kesana? Itu cara lama. Sekarang ibu-ibu milenial tidak dibuat susah lagi oleh urusan belanja bahan masak, semudah menjentikkan jari, sayur mayur berkualitas akan diantar ke depan rumah. Aku sebagai salah satu pelanggannya, tidak pernah kecewa belanja sayur online di Segari.


Setelah pandemi Covid-19 melanda dunia, menjaga kesehatan menjadi semakin penting. Tubuh sehat merupakan modal utama untuk bertahan. Seketat apapun menerapkan protokol kesehatan, namun tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang baik, tetap saja risiko tertular virus akan tetap besar. Bahkan bukan hanya virus, namun berbagai penyakit lain yang pernah lebih dahulu mewabah.


Kamu adalah apa yang kamu makan.


Tidak heran berbagai multivitamin semakin laku di pasaran. Makanan sehat pun semakin dilirik karena tidak ada hal lain yang menjamin kesehatan tubuh selain dari baik-buruknya kandungan makanan yang dikonsumsi. Aku yang merupakan seorang ibu, tentu bertekad menyajikan makanan sehat setiap hari kepada anak-anak dan suami. Aku harus memastikan bahan makanan yang dibeli masih segar dan sebisa mungkin langsung dimasak dalam masa terbaiknya. Walaupun terpaksa disimpan, wajib melakukan cara yang tepat agar nutrisinya tetap terjaga dan tidak jauh berbeda disaat masih dalam keadaan segar. 





Kenapa Harus Memilih Bahan Pangan Segar?

Kesegaran bahan pangan tentukan kandungan nutrisinya | Foto: freepik.com

Apa yang dikatakan makanan segar? Berbeda jenisnya, berbeda pula definisi dan cirinya. Biasanya bahan masakan yang segar masih berkualitas prima, baik itu dari warna, bentuk dan aroma, serta keutuhan kandungan nutrisinya. Khusus untuk sayur dan buah, bahan yang paling cepat layu atau busuk dalam suhu ruang, pasti diharapkan sekali kesegarannya sebelum dibeli dan dikonsumsi. Apalagi sayuran hijau yang berupa daun-daunan, dalam satu hari saja bisa layu dan tidak layak konsumsi jika dibiarkan saja terletak disuhu ruang tanpa melakukan metode penyimpanan yang tepat.

Vitamin dan mineral adalah kandungan penting yang didapatkan dari buah dan sayur untuk mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Namun sayangnya vitamin dan mineral ini sangat mudah rusak dan hilang jika kesegarannya berkurang. 


Sebenarnya bahan makanan beku (bukan makanan beku olahan) bisa saja menjadi pilihan lain untuk mendapatkan nutrisi terbaik yang tidak terikat waktu. Namun tidak semua pangan tersedia dalam kemasan beku. Paling hanya sebatas pada protein ayam, daging, seafood atau sayuran mix jagung, polong dan buncis yang paling familiar ditemukan. Bagaimana dengan yang lain, seperti sayur bayam, kangkung, sawi dan buah-buahan? Tentu tidak ada pilihan lain selain membelinya dalam kondisi segar demi mendapatkan vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. 


Itulah alasannya kenapa penting sekali membeli bahan makanan segar, terkhusus untuk buah dan sayur yang kualitasnya sangat cepat menurun di suhu ruang. Tidak ada yang lebih baik selain bahan segar yang diolah segera setelah di panen. Setelah itu, apapun pilihan masing-masing, apakah langsung dimasak atau dibekukan dengan teknik yang tepat, nutrisi berupa vitamin dan mineral dari bahan segar tentu akan diterima tubuh sesuai dengan harapan. Intinya, kesegaran menentukan kualitas dan baiknya kandungan nutrisi, sehingga dapat memelihara kesehatan tubuh agar kuat beraktifitas dan melawan berbagai penyakit.


Semua makanan beku sebenarnya dikemas dalam masa terbaik makanan tersebut, hingga nutrisinya terjaga. Menurut ahli gizi Emilia E. Achmadi yang dikutip dari situs gaya.tempo.co, membekukan makanan segar sebenarnya tidak mempengaruhi kandungannya, selama dikemas dengan baik dan benar-benar beku hingga sesaat sebelum dikonsumsi. Jadi tetap saja semua bahan makanan, baik beku maupun segar, kualitas kesegarannya harus betul-betul dipastikan baik agar mendapatkan manfaat maksimal. Tidak asal memakan sayur atau buah saja, namun pastikan juga nutrisinya masih sempurna.


Ciri buah dan sayur segar.

Tampilan

Sayur dan buah segar memiliki warna cerah dan bentuk yang sempurna, tidak lembek, layu, keriput, busuk atau berulat banyak. Ada yang beranggapan bahwa buah dan sayur yang berulat lebih aman pestisida, namun jika ulatnya terlalu banyak, bisa jadi tekstur buah dan sayur didalamnya sudah rusak. 

Aroma

Aroma buah dan sayur khas kesegarannya, tidak ada bau aneh atau bau tidak enak saat menciumnya. Mungkin beberapa buah atau sayur memiliki bau menyengat seperti durian dan kecombrang yang terkadang masih dianggap sayuran, namun bau busuk atau terlalu matang akan berbeda dari aroma aslinya. Biasanya bau ini disertai dengan tampilannya yang sudah tidak baik.

Tekstur

Kepadatan buah dan sayur sangat menentukan kesegaran. Jika saat ditekan sudah lembek dan benyek, berarti sudah tidak layak makan lagi. Beberapa buah atau sayur mungkin memiliki tekstur lembut, tapi lembut jauh berbeda dengan lembek dan benyek. Lembut buah dan sayur segar masih merata dan padat, tanpa bagian yang penyok dan menghitam. Begitu pula dengan sayuran daun-daunan, jika sudah hancur dan layu, maka sudah dipastikan tidak segar lagi.


Buah dan sayur yang berbentuk padat, kesegarannya juga bisa dibuktikan dengan suara nyaring ketika diketuk dengan jari. Jika berduri atau berambut, maka kerapatan duri dan rambut ini juga turut menentukan baik buruknya kualitas. Duri dan rambut pasti masih rapat dan utuh ketika dipanen, jadi jika sudah banyak yang tanggal atau terkikis, berarti audah terlalu lama dipetik atau proses pendiatribusiannya tidak baik.


Bahan makanan lain, seperti sumber protein berupa daging, telur, tahu atau tempe, sebenarnya bisa juga dilihat dari tiga indikator tersebut, karena tidak ada satupun bahan makanan segar yang rusak, benyek, hancur dan berbau.  Tampilannya tentu juga masih baik, mulus dan sempurna. Aromanya tidak berbau busuk, serta teksturnya masih kenyal, padat dan kembali utuh sesaat setelah ditekan.




Bahan Makanan Punya Masa Kesegaran Terbaik Setelah Dipanen

Sayuran hijau, punya masa kesegaran terbaik yang sangat terbatas | Foto: Instagram @segari.kd


Bagi yang sering melewati pasar tradisional disore hari, biasanya tempat sampah di sekitar sana pasti selalu penuh dengan sayur atau buah layu dan busuk yang dibuang karena tidak laku terjual. Kenapa? Karena kesegarannya sudah hilang, alias masa terbaiknya sudah habis karena tergerus suhu ruang dan penyimpanan yang tidak baik. Seperti yang sudah diketahui, pedagang pasar pasti hanya menaruh sayuran begitu saja di atas dipan kayu atau hanya beralaskan terpal. 


Contohnya sayur bayam dan sawi hijau, seperti yang diinformasikan di situs haibunda.com, hanya mampu bertahan 3 hari saja meski sudah disimpan di kulkas. Tentu dalam suhu ruang makin lebih pendek lagi usia kesegarannya, karena suhu yang lebih hangat mempercepat proses pematangan dan pembusukan.


Sebenarnya apa sih yang membuat sayur dan buah atau bahan makan lain tidak segar lagi? 

Mengutip Live Strong, sejatinya hal tersebut memang lumrah terjadi, dan ada cara mencegahnya. Pembusukan ini, bahkan bisa terjadi segera setelah buah atau sayuran tersebut dipetik atau dicabut dari tanah.

Beberapa jenis hasil pertanian banyak dikonsumsi segar (buah dan sayur). Setelah panen, proses metabolisme masih berlangsung proses penuaan, masih terjadi proses pematangan (mentah menjadi matang, matang menjadi kelewat matang dan kelewat matang menjadi busuk).


Buah dan sayuran yang sering terpapar sinar matahari akan membuatnya cepat membusuk. Lapisan luar buah dan sayuran itu dikenali dengan istilah fotodegradasi, yang menyebabkan perubahan warna, hilangnya rasa, vitamin, dan protein.


Penyimpanan di kulkas yang selama ini dinilai ampuh membuat sayur dan buah lebih awet, ternyata udara dalam kulkas terbukti sangat kering yang menjadi penyebab dari busuknya buah dan sayur. Selain itu, suhu penyimpanan yang salah, seperti terlalu dingin, juga mempercepat pembusukan buah dan sayur. Metode penyimpanan juga tidak kalah berperan, misalnya ada buah dan sayur yang tidak cocok disimpan di kulkas, apakah sudah menggunakan wadah atau plastik yang tertutup rapat, bahkan ada sayur yang disarankan untuk direbus dulu sebelum disimpan seperti buncis, wortel, brokoli, dan kembang kol.




Segari, Target 15 Jam Dari Panen Ke Rumah

Segari berkomitmen menyediakan produk segar dan berkualitas | Foto: Instagram @segari.id


Sudah kenal dengan Segari?

Segari merupakan situs belanja sayur, buah, daging dan bahan pangan lain secara online. Berbeda dengan layanan belanja sayur online sejenis yang menggunakan aplikasi, Segari berbasis website yang tidak mengharuskan pengguna menginstal aplikasi. 


Perkenalan singkat ini sudah menggambarkan kepraktisan Segari 'kan? Nanti akan dibahas lebih jauh lagi keunggulan Segari yang sangat menguntungkan dan memanjakan pelanggannya.


Semenjak pandemi Covid-19, memenuhi kebutuhan harian rumah tangga, termasuk bahan masakan, menjadi permasalah baru yang butuh solusi cepat. Aku juga sama, kebingungan bagaimana membeli sayur mayur. Dulu terbiasa ke pasar satu kali dalam seminggu atau yang paling dekat belanja di abang-abang sayur dekat rumah. Tapi kekhawatiran akan terserang virus menjadikan rutinitas itu terasa menakutkan. 


Membiarkan kulkas kosong terlalu lama dan hanya mengandalkan makanan siap saji bukanlah jawaban. Kesehatan tubuh untuk melawan virus juga didasari oleh sumber makanan yang bergizi dan berkualitas baik. Maka dari itu, demi keamanan diri dan keluarga, serta terpenuhinya kebutuhan bahan makanan segar, layanan jualan sayur online semakin diminati. Solusi terjitu di tengah pandemi seperti ini.


Kenapa aku memilih Segari diantara layanan lainnya?

Hal pertama yang menjadi daya tariknya adalah komitemen untuk memberikan kesegaran terbaik kepada pelanggan dengan menetapkan target 15 jam dari panen ke rumah, terhitung mulai dari petani memanen hingga mengirimkan sayuran kepada pelanggan. 


Segari sadar bahwa sayur dan buah memiliki masa terbaiknya, sehingga harus segera sampai di tangan pelanggan sebelum masa terbaik itu habis. Semua produk sayur dan buah lokal, baru akan dipetik ketika pelanggan melakukan pemesanan dan dikemas pada hari pengiriman. Jadi kesegaran produk Segari tidak perlu diragukan lagi.

Label di setiap kemasan yang tersinkronisasi secara digital | Foto: Instagram @segari.id


Nah, semakin terlihat nyata 'kan keunggulan Segari? Masih banyak lagi lo yang lainnya. Berikut alasan lain kenapa Segari layak dijadikan andalan dalam penjualan sayur online.


1 Grade A

Seluruh produk Segari merupakan produk berkualitas terbaik atau Grade A yang dijamin sumbernya dan dijaga kesegarannya setiap hari. Selain kesegaran, kebersihan produk juga menjadi prioritas utama. Segari memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang mengikuti protokol kesehatan, yaitu semua pekerja wajib menggunakan masker dan dicek suhu badannya, semua produk dijamin sumbernya dan dibersihkan terlebih dahulu, serta tempat penyimpanan higienis dan rutin dilakukan penyemprotan disinfektan.


2 Praktis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Segari yang berbasis web, tidak mengikat pelanggan menyediakan memori khusus untuk mengistal aplikasi. Hanya tinggal mengakses segari.id, pesanan bisa langsung dilakukan. 


3 Cepat

Memesan bahan makanan segar tidak perlu menunggu lama. Melakukan pemesanan sebelum jam 5 sore di Segari, maka besok paginya sudah siap diantar ke rumah masing-masing pelanggan. Ini juga sejalan dengan komitmen Segari untuk mempertahankan kesegaran yang mematok 15 jam dari panen ke rumah sehingga dapat diolah segera selagi masih dalam masa terbaiknya.


4 Aman

Pandemi Covid-19 yang melarang berkerumun dan sebisa mungkin membatasi aktifitas di luar rumah, tentu berdampak signifikan kepada rutinitas belanja bahan pangan pokok seperti sayur, buah, daging-dagingan dan bahan masakan lain yang sebelumnya dilakukan di pasar atau supermarket. Nah, Segari sebagai layanan belanja sayur online menjadi solusi yang paling digemari saat pandemi ini untuk menjaga ketersediaan kebutuhan makanan harian yang sehat dan segar. Pembayaran juga bisa dilakukan dengam cashless, sehingga penularan virus yang dikhawatirkan bisa dicegah.


5 Sesuai Harga Pasar

Beli sayuran online lebih mahal dari harga pasar? Nyatanya produk Segari sama dengan harga pasar, jadi jangan khawatir dengan harga yang lebih tinggi. Kerjasama Segari dengan petani, menjadikan harga produk Segari tidak kalah saing dengan harga yang sedang berlaku di pasaran, apalagi harga abang-abang sayur depan gang. 


6 Pengemasan Rapi

Jika berbelanja di pasar, seringnya item yang dibeli dimasukkan begitu saja dalam satu kantong plastik besar. Di rumah baru dipilah kembali dan dipisahkan. Padahal bisa saja ada kotoran yang menempel pada bahan yang satu, menyebar ke bahan lain. Misalnya pada sayuran atau umbi-umbian yang bertanah, maka tanah tersebut akan berserakan kemana-mana karena pengemasan yang tidak baik.

Kemasan produk segari yang dipisah per item, rapi dan bersih 

Segari menyadari permasalahan ini dengan menyediakan kemasan yang baik, memisahkan produk per jenisnya agar tidak bercampur satu sama lain. Sehingga lebih rapi, bersih dan pelanggan tidak kesulitan lagi memilah kembali sebelum disimpan di kulkas.


7 GRATIS ONGKIR!

Belanja online tentu identik dengan biaya ongkir (ongkos kirim) yang tidak luput dari pertimbangan sebelum membeli. Biasanya harga ongkir yang terlalu tinggi akan menyurutkan niat membeli. Produk Segari yang sesuai harga pasar menjadi lebih menguntungkan lagi karena ditambah gratis ongkir dengan minimal belanja 50 ribu rupiah. Hanya dengan membeli beberapa sayuran atau buah saja sudah cukup untuk menggratiskan ongkir sehingga lebih hemat.


8 Garansi Kualitas

Jika kualitas produk yang diterima oleh pelanggan tidak sesuai dengan komitmen Segari yang mempertahankan kesegaran, seperti layu, busuk, tidak utuh dan keluhan lainnya, maka bisa dilaporkan dan mendapatkan penggantian. Caranya mudah, cukup foto, WhatsApp ke nomor 0817 0192 000 dan ganti!


9 Banjir Promo

Bukan hanya gratis ongkir, Segari juga rajin memberikan promo menarik sehingga membeli kebutuhan bahan pangan menjadi lebih menyenangkan, mulai dari Promo Produk hingga Promo Bagi-Bagi hadiah, seperti voucher belanja, kotak penyimpanan makanan, juicer, air fryer bahkan smartphone. Misalnya saja dalam bulan Februari 2021, ada promo diskon hingga 20% untuk bahan Shabu-shabu, serta produk sarapan seperti telur, aneka susu, selai roti dan banyak lagi.


10 Bebas Memilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang tersedia di Segari ada dua, yaitu cashless dengan bank transfer, OVO dan GoPay, atau COD (Cash on delivery). Jika memilih bank transfer, maka pelanggam cukup mengirimkan bukti pembayaran ke WhatsApp Segari di nomor 0817 0192 000. Namun terkadang beberapa pelanggan lebih nyaman untuk membayar langsung di tempat, maka bisa memilih COD dengan melakukan pembayaran secara tunai saat pesanan datang.


Sebagai tambahan informasi, bagi warga Kedoya dan Cirendeu, Segari sudah hadir di GrabMart, lo. Tentunya same-day delivery yang berarti tetap dikirim dihari yang sama dan pastinya juga gratis ongkir.


11 Beramal

Beli sayur kok bisa beramal? Di Segari bisa dong! Setiap pembelanjaan di atas 200 ribu rupiah, maka Segari akan memberikan satu paket buah atas nama pelanggan untuk anak-anak yang membutuhkan. Belanja di Segari, bisa sekalian membantu memperbaiki gizi anak Indonesia.




Cara Pesan Di Segari, Mudah dan Praktis Tanpa Ribet Instal Aplikasi

Melakukan pemesan di Segari sangat mudah, cukup masuk ke halaman website-nya, maka proses pemesanan sudah bisa dilakukan. Dijamin bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang mengaku gaptek (gagap teknologi) sekalipun akan bisa berbelanja. Berikut penjelasan step by step-nya.


1 Buka Website

Pelanggan bisa langsung mengetik alamat website segari.id di mesin pencari, atau membuka link dari Mitra Segari terdekat. Bagaimana cara mengetahui Mitra Segari terdekat dari rumah? Bisa DM (Direct Masssage) ke Instagram Segari @segari.id untuk mendapatkan informasinya. Kebetulan dalam contoh pemesanan kali ini, aku memesanan melalui Mitra Segari Rusunawa PU Qintha Mart dengan url https://segari.id/products/GnWr

2 Lakukan Pemesanan

Setelah laman website Segari tampil, pemesanan bisa langsung dilakukan dengan memilih produk. Produk yang promo dan flash sale akan tampil di bagian paling atas. Cukup klik tombol Beli, maka produk pilhan akan masuk ke keranjang. Tambah atau kurangi kuantiti dengan klik tombol + dan - pada bagian bawahnya. Kemudian klik tombol Lanjut dan form pengisian data nama, nomor handphone dan alamat pengantaran. Selanjutnya pilih metode pembayaran dan klik tombol Pesan Sekarang. Pemberitahuan penerimaan pemesanan otomatis tampil di proses akhir yang berisi informasi pemesanan secara rinci.


3 Konfirmasi Pemesanan

Selain konfirmasi diakhir pemesanan pada website Segari, konfirmasi melalui WhatsApp dari nomor CS (customer service) Segari juga akan diterima pelanggan sesaat setelah pemesanan selesai. Pelanggan menjadi lebih yakin bahwa pesanan sudah benar-benar tercatat dalam database.


4 Pesanan Diantar

Sebelum pesanan diantar, pelanggan akan diberi tahu terlebih dahulu melalui pesan WhatsApp dari CS Segari. Jadi pelanggan bisa menunggu beberapa saat di rumah. Tidak lama, pesanan akan diantar langsung ke depan pintu rumah. Tentunya dengan packaging yang rapi menggunakan kardus yang disesuaikan dengan banyaknya pesanan. 




Mitra Segari, Peluang Dapatkan Penghasilan Tambahan

Pak Tono - Salah satu Mitra Segari Toko Banyuaji dengan pendapatan tertinggi setiap bulan

"Saya puas banget join Segari, karena Segari mewujudkan mimpi saya yang sudah saya impikan, membangun jasa pengantaran sayur, buah-buahan, dan kebutuhan pangan lainnya. Jadi, saya juga bahagia bisa membantu orang lain juga gitu selain dapat uang. Pemasukan saya dari Segari juga lumayan sekali. Semoga Segari bisa lebih berkembang. Sukses buat Segari!


Segari peduli sekali dengan kebutuhan pasar akan tersedianya kebutuhan pokok yang mudah dijangkau. Nah, ada penawaran menarik dan menguntungkan nih dari Segari, yaitu menjadi Mitra Segari untuk menjadi distributor. Keuntungannya tidak main-main, bisa mendapatkan hingga jutaan rupiah, tanpa modal dan tanpa risiko!


Syaratnya mudah, bagi yang suka bersosialisasi dan aktif menggunakan WhatsApp, serta berdomisili di area DKI Jakarta dan Tengerang Selatan, bisa langsung DM admin Segari di media sosial Instagram @segari.id.


Aku sendiri juga mengenal Segari dari mitranya yang berada di Qintha Mart Rusunawa Kementerian PUPR di mana aku tinggal. Promosi awal dilakukan oleh petugas minimarket ke semua penghuni rusun. Sama seperti komitmen Segari, dipesan sebelum jam 5 sore, besok paginya pesanan diantar ke depan unit. Ini sangat membantu bagi kami seluruh warga rusun, selain kebutuhan bahan makan segar tercukupi, kami tidak perlu repot-repor janjian dengan kurir di lobi karena peraturan di sini yang tidak memperbolehkan orang asing naik ke unit. Berhubung mitra Segari adalah petugas minimarket rusun, maka belanjaan bisa langsung diterima tanpa perlu bersusah-susah turun naik menjemput ke lobi.


Sebenarnya keberadaan Mitra Segari terdekat juga sangat membantu pelanggan supaya tidak perlu menuliskan atau mendiskripsikan alamat rumah terlalu rinci. Kadang kurir sering kebingungan menemukan alamat karena tidak terlalu mengenali daerah tujuan. Disinilah peran Mitra Segari, sebagai warga sekitar, pasti sudah mengenal wilayah tempat tinggalnya, sehingga menemukan alamat sangat mudah. Seperti aku, hanya perlu mengisi nomor unit saja karena Mitra Segari adalah petugas minimarket rusunawa PU yang sudah biasa mengantarkan galon dan gas ke seluruh unit. 




Kesimpulan

Petani mitra Segari | Foto: Instagram @segari.id


Segari yang memegang komitmen untuk memberikan batas waktu 15 jam dari panen hingga ke rumah pelanggan menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan bahan makanan segar berkualitas prima yang masih dalam masa terbaiknya. Pemesanan mudah dan praktis, hanya dengan mengakses halaman website Segari, serta lebih aman karena tidak perlu berbelanja keluar rumah, dan bisa menggunakan pembayaran secara cashless. Kesehatan tentu sangat utama dalam pandemi ini, jadi kesegaran makanan yang dikonsumsi berperan besar dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Kelebihan gratis ongkirnya dan promo yang selalu ada, bisa menghemat pengeluaran dan menjadikan aktifitas memesan sayur online lebih seru. Apalagi ada Mitra Segari yang bisa membuat berbelanja semakin dekat, serta bisa pula menjadi kesempatan menguntungkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Jadi, solusi bahan pangan harian segar? Ya, Segari!


__________


Referensi

Akun instagram Segari @segari.id

"Mengapa kita harus makan sayur dan buah?". Tautan: http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/mengapa-kita-harus-makan-sayur-dan-buah#:~:text=Makan%20SAYUR%20%26%20BUAH%20Setiap%20Hari,Mengandung%20serat%20yang%20tinggi.

"Makanan Beku Lebih Sehat dari Makanan Biasa? Ini Kata Ahli Gizi". Tautan: https://gaya.tempo.co/read/1087245/makanan-beku-lebih-sehat-dari-makanan-biasa-ini-kata-ahli-gizi/full?view=ok

"Apa yang Menyebabkan Buah dan Sayuran Membusuk?". Tautan: https://m.kumparan.com/kumparanfood/apa-yang-menyebabkan-buah-dan-sayuran-membusuk-1sjMpxGKZmP/full



4 comments:

  1. Keren banget Uni reviewnya.. Aku mau ikutan ini jadi ngerasa kentang.. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah makasih ya sudah mampir 🤗
      Ayok ikutan ajaaaa, kita kan nggak tau kriteria juri seperti apa. Semangaatt! Masih ada dua hari 💪🏼

      Delete
  2. Hi . Saya tertarik utnuk menjadi mitra segari, bagaimana caranya ?

    ReplyDelete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)