Header Ads

Bayi Sembelit Diawal MPASI

Dari kemaren-kemaren bunda Byan udah feeling ini bakalan terjadi. Masalahnya sebelum mulai MPASI aja Byan pupnya bisa sekali 2 minggu, nggak ada tuh ceritanya bakalan pup tiap hari sejak umur 3 bulan - baca Bayi Tidak BAB Selama 2 Minggu. Makanya sebelum mulai ngasih makan aku galaunya nggak ketulungan. Alhasil tiap hari sibuk deh nyari info tentang si sembelit pada bayi ini, tapi ujung-ujungnya tetap kejadian juga. Hiks.

Byan mulai MPASI diumur 5 bulan 2 minggu. Awalnya aku kekeh mau mulai pas 6 bulan aja, tapi karena dokter bilang udah bisa dikasih makan dan suami juga bilang hal yang sama, ya udah deh aku manut aja. Dengan berat hati aku mulailah kegiatan makan ini dengan memberi pisang. Alasan yang paling mendasar adalah mayoritas orang-orang dulu pasti ngasih ini sebagai makanan pertama anaknya. Dengan usaha yang gigih akhirnya setelah 2 hari Byan baru mulai menikmati makanannya. Pisang aku selingi dengan alpukat, selama 3 hari berturut-turut. Byan belum pup juga. Oke masih 3 hari, batas maksimal bayi MPASI tidak pup. Kalau lewat dari 3 hari maka sudah dikatakan sembelit. Hari berikutnya aku stop kasih pisang, hanya alpukat saja. Sampai hari ke-5 belum juga ada pup yang keluar. Udah pasti ini sembelit.

Kasihannya, tiap hari Byan selalu ngeden sampai muka merah dan kayaknya susah banget buat ngeluarin pup. Kebayang kan itu kerasnya kayak gimana? Aku makin panik. Pengennya sih langsung bawa ke dokter aja, tapi takut ntar diketawain. Setelah tanya sana sini, aku mendapatkan informasi kalau memang pisang itu bikin sembelit, dan obat mujarab untuk mengatasi sembelit ini adalah pijat ILU, gerakan kaki seperti mengayuh sepeda dan berikan pepaya atau pear. Tanpa basa basi, aku langsung cus beli pepaya dan pir. Pepaya aku kasih saat makan sore dan pir besoknya saat makan pagi. Cara mengolahnya bisa dilihat disini dan disini.

Alhamdulillah akhirnya yang ditunggu-tunggu terjadi juga. Dengan perjuangan ngeden yang luar biasa, akhirnya Byan berhasil mengeluarkan pupnya. Ternyata emang pupnya agak keras, kering, banyak banget dan baunya itu lho..bau pepaya. Duuh kasian banget sih kamu naak. Warnanya pun sudah berbeda dengan sebelumnya pada saat masih ASI eksklusif yang berwarna kuning cerah dan teksturnya seperti odol. Sekarang warnanya sudah cokelat gelap. Tapi dengan keluarnya pup itu, tanpa memikirkan teksturnya, aku berasa pengen sujud syukur saking leganya. Ternyata memang pepaya dan pir mujarab buat mengatasi sembelit. *acungkan jempol.

Dengan percaya diri aku sering-sering ngasih Byan pepaya dan pear. Eeehh malah sekarang udah 2 hari belum pup juga. Selain ngasih duo buah itu, aku juga ngasih labu kuning campur evoo saat makan siang sebagai karbohidrat - cara membuatnya bisa dilihat disini. Setelah googling, ternyata aku salah besar! Buah pepaya dan labu kuning tidak boleh diberikan berturut-turut karena akan menyebabkan sembelit. Aduuuh maafkan bundamu yang tidak tau apa-apa ini nak. Besok kita makan alpukat lagi aja yaa. Kepengennya sih ngasih makan selain buah, tapi kok ya aku takut karena belum 6 bulan. Jadinya ya ngabisin stok buah aja di kulkas.

Sekarang lagi nunggu Byan pup lagi nih moms. Doain ya semoga besok pupnya keluar dengan tekstur yang normal. Amiiin.

Update berita nih moms..ada berita baik dan ada berita buruk. Berita baiknya Alhamdulillah Byan udah pup hari ini. Pupnya nyicil dikit-dikit sampe 4 kali. Udah kebayang aja itu plongnya kayak gimana, secara udah 3 hari kotoran numpuk diperut. Dan berita buruknyaaaa..pupnya Byan keras kayak batu, bulet-bulet kecil gitu. Dia ngedennya sampai ngeluarin air mata coba. Dan yang paling bikin aku syok itu pupnya berdarah! Walaupun nggak banyak tapi keliatan merah-merah darahnya. Kasiannya kamu naaak.

Jadi mulai sekarang aku stop dulu makan labunya. Ternyata benar itu bikin sembelit kalau dikasih berturut-turut. Aku pikir dengan dikasih evoo, labu ini jadi aman untuk dikonsumsi tiap hari, eh ternyata enggak. Padahal dalam satu hari udah aku kasih juga pear atau pepaya, tetap juga nggak membantu. Hari ini Byan makan full buah-buahan aja dulu ya nak. Nggak sanggup bunda liat kamu kayak gini lagi.

Update lagi update lagi..hari ini pup Byan udah normal moms. Diakhir masa menu tunggal ini, Byan sudah kembali pulih dari sembelit yang berkepanjangan. Jadi aku menyimpulkan kalau penyebab sembelit kali ini adalah labu. Bisa jadi pelajaran deh buat kedepannya.

Mudah-mudahan bunda lebih pinter lagi ya buat ngeracik MPASI kamu nak..  

4 comments:

  1. Bun, anakku jg dr sebelum mpasi pupnya memang jarang, nah stelah mpasi sama seperti byan lah, penah sampai 14hr,beberapa kali spt itu akhirnya skrg 8bulan cuma aq masih buah aja,blm lancar jg, byan gmn bun skrg lancar pupnya? Caranya gmn bun? Aq udh pijat ILU, udh kasih buah dan air jg, mpasi pun aq buat sendiri dan atur tinggi atau rendah seratnya, skarang ini hr kelima dy blm pup padahl aku cuma kasih buah naga, biasanya dy lancar pakai buah naga, sekarang mandet lg :( hohoo (hhi maap malah kya curhat jadinya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru respon bun, soalnya baru aktif lagi liat blog. Byan sekarang juga masih sering sembelit kok bun, 3 hari baru pup. Palingan dikasih pepaya besoknya pup walaupun keras. Pir udah nggak ngaruh lagi sekarang. Apa mungkin karena seratnya kebanyakan makanya pupnya jadi keras? Soalnya aku baca digrup facebook Homemade Healthy Baby Food (ikut deh bun, bagus banget dan banyak ilmunya) kebanyakan serat juga bikin sembelit. Ada makanan yang rentan bikin sembelit juga. Coba lebih banyakin proteinnya daripada sayurnya, dan jangan lupa kasih evoo (kabarnya juga bisa memperlancar BAB).
      Tapi ada juga anak temenku yang dikasih dsa-nya obat pelancar BAB yang dimasukin lewat (maaf) anus karena udah lama sembelit.
      Saran aja bun, kalau memang bunda merasa udah memberikan MPASI yang benar dan si dedek masih sembelit juga dalam waktu yang lama mending ke dsa aja bun. Maaf ya bunda kalau nggak terlalu banyak membantu.

      Delete
  2. Pantesn ankku ssh bab ny, trnyta g boleh pepaya sm labu , sy jg mkir pst krn labu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba baru respon soalnya ini baru mulai on lagi ngeblognya setelah berbulan-bulan. Ternyata bayi memang rentan sembelit kalau kebanyakan makan serat mba, kebanyakan karbo juga kadang bikin sembelit. Memang harus muter otak untuk bikin MPASI yang cocok di perut baby, semangaaat 💪

      Delete