Header Ads

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Nggak kerasa Byan udah berusia 5 bulan aja. Malahan minggu depan udah 6 bulan. Pada usia ini sangat banyak perkembangan yang dialami Byan. Dulunya yang masih anteng sekarang udah aktif gerak, nendang, miring kiri miring kanan, tengkurep, ngoceh-ngoceh, teriak-teriak dan sering nangis-nagis manja buat narik perhatian. Makin lucu deh pokoknya.

Mari kita bahas satu per satu.

Sebelum berusia 5 bulan Byan lebih banyak diam ditempat dan bergerak seadanya. Palingan hanya nendang-nendang sesekali. Dikasih mainan belum terlalu respon, hanya dilihat saja. Tapi sekaraaaang kalau dikasih mainan langsung bahagia riang gembira, mainan apa aja pasti pengen dipegang dan dimasukin mulut, mainan yang digantung pasti berusaha diraih, gerakan tubuhnya pun semakin heboh, mulai dari tangan, kaki, badan yang miring kanan kiri, serta kepala yang tolah toleh sana sini. Jika diajak main, udah suka megang muka bunda sama ayahnya, diremas-remas, dicakar-cakar dan hobi banget jambak-jambak rambut. Tengkurepnya pun semakin lancar. Sesekali sudah bisa melepaskan tangan yang terhimpit badan. Kepala sudah bisa tegak dengan kokoh. Saat tengkurap tangan sudah bisa memegang mainan. Saat tidur juga sudah bisa mengganti posisi. Dari yang awalnya lurus, pas bangun udah bergeser sekitar 40°. Jadwal tidur sudah teratur, baik tidur siang maupun malam. Tidur malam mulai nyenyak, hanya dua atau tiga kali terbangun karena lapar. Waktu tidur siang sudah mulai berkurang, lumayan sering bangun dari pada tidur. 

Kemampuan berinteraksi dengan orang lain berkembang sangat pesat. Sekarang selalu tertawa jika disapa, diajak bercanda, diajak cerita dan komunikasi lainnya. Teriakan juga sering terdengar disaat dia senang dan tertawa terbahak-bahak, saat kesal, nangis, dan saat merasa tidak diperhatikan. Frekuensi nangis juga sangat jauh berkurang, bundanya udah bisa ngerjain macem-macem deh. Palingan nagisnya karena lapar, ngantuk, mau pup, gerah, sakit, nggak nyaman, atau saat ingin bermain dan dimanja. 

Kebiasaan memasukkan tangan kemulut semakin menjadi-jadi. Produksi air liur juga meningkat, jadi sering ngeces. Muntah juga udah jarang, paling karena kecolok tangan sendiri atau terlalu kenyang. Kalau melihat orang disekitar lagi makan, Byan juga ikut-ikutan ngunyah. Karena kata dokter Byan udah bisa dikasih MPASI maka aku mulai memberi makanan padat saat Byan berusia 5 bulan 2 minggu (alasan lainnya karena kasian liat dia ngunyah-ngunyah terus, hee). Nggak apa-apa lah ya nyuri start duluan. Haha. 

Posisi saat digendong juga harus dalam posisi kepala tegak, kalau digendong dengan posisi tidur pasti ngamuk-ngamuk (kecuali saat ngantuk atau memasuki waktu tidur). Di stroller juga maunya didudukin, nggak mau tiduran. Mungkin biar bisa ikutan cuci mata kali ya. 

Begitulah perkembangan Byan diusia 5 bulan yang sebentar lagi ulang bulan keenam ini. Mungkin ada perkembangan lain yang lupa dituliskan, tapi secara garis besar sudah menggambarkan seluruh kepintaran Byan saat ini yang semakin bikin gemes. Doa bunda tetap selalu sehat ya nak.

Semoga bermanfaat moms.

No comments