Header Ads

Perkembangan Bayi 6 Bulan


Makin gede aja nih si kunyil bunda..kiss kiss mmuah. Diusia 6 bulan ini tengkurepnya alhamdulillah udah mulai sering. Walaupun termasuk lambat dari yang seharusnya tapi it's oke. Cuma ya belum bisa balik badan ke posisi tidur. Angkat kepalanya juga udah tinggi. Kalo didudukin malah seneng banget sampe ketawa-ketawa. Belum bisa duduk sendiri padahal, masih harus dipegangin. Tendangannya makin kuat sampe bisa dorong badannya keatas. Harus diliatin terus, kadang kepalanya bisa nyampe lantai. 

Sekarang Byan udah bisa teriak lho, kenceng banget sampe kedengeran tetangga. Padahal nggak diapa-apain juga, haha dasar anak bayi. Kalo udah bisa teriak kebayang dong nangisnya udah kayak gimana, makin dahsyat. Untung aja Byan anaknya jarang nangis. Celotehannya juga makin meningkat, bisa bilang mamama, bububu, mam mam, nyaknyak, dan abuubbrrabuuurrrbb nyembur-nyembur ludah sendiri.
Semua benda tetep masih dimasukin ke mulut. Mulai dari tangan, selimut, baju, handuk, sampai kaki sendiri juga udah bisa masuk mulut. Luar biasaaaaa. Kalo nen juga udah sering gigit-gigit. Sakit sih tapi ya mau gimana lagi harus setrong.


Masuk ke masalah makan, makin seru sampe bikin bundanya stress sampe nangis. Gimana nggak, Byan sempet mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut) sampai seminggu lebih. Nggak jelas penyebabnya apa. Dimulai saat demam karena imunisasi. Udah ganti-ganti menu, coba bubur instan, biskuit bayi, sampai makan buah yang manis pun tetep nggak mau. Malah sering banget muntah kalo makan. Akhirnya dipenghujung umur 6 bulan, masalah ini mulai berangsur berkurang. Sekarang udah mulai mau buka mulut walaupun makanan yang masuk nggak sebanyak yang diharapkan. Itu aja aku udah bersyukur banget. 
Kalo bahas masalah makan, pasti nggak jauh-jauh dari sembelit. Salah ngasih menu aja bisa jadi sembelit parah. Pernah pupnya berdarah saking kerasnya. Sedih sih, tapi ini memang biasa terjadi pada bayi yang baru mulai MPASI. Paling disiasati aja dengan memberikan buah pepaya atau pir dan banyak-banyakin cairan yang masuk ke tubuh Byan. Sejak mulai makan Byan jadi males nen, mungkin udah kekenyangan. Diusahain aja deh dikasih air putih banyak walaupun susah. 
Begitulah secara garis beras perkembangan yang dialami Byan diusianya yang ke 6 bulan. Mudah-mudahan makin pinter ya nak, makannya makin lahap dan sehat selalu. Bunda sayang Byan. 

No comments