Header Ads

Perkembangan Bayi 7 Bulan


Umur segini nih masa-masa yang paling menggemaskan. Udah banyak kepandaian baru. Udah bisa duduk sendiri walaupun masih goyang, udah bisa main dan jalan-jalan di baby walker, bisa teriak-teriak dan ngoceh-ngoceh dengan bahasa bayi yang bundanya nggak ngerti sama sekali, kalau digelitikin udah bisa cekikikan, mainannya direbut langsung nangis, diajak ngaca kegirangan, kalau mandi suka main air, masih banyak lagi yang lain kalau ditulisin bisa panjang banget, haha. Lucu deh pokoknya. 

Jadi ceritanya Byan itu termasuk bayi yang nggak suka tengkurep. Sebenernya sih udah bisa tengkurep dan balik sendiri. Tapi entah kenapa dia selalu nangis setiap kali tengkurep (kecuali tengkurepnya saat tidur, baru anteng). Jadi saya menyimpulkan kalau dia nggak suka bolak-balik dikasur. Wah kalau nunggu Byan bisa merangkak, duduk dan jalan sendiri kayaknya bakalan lama. Ya udah dicoba dirangsang dulu pake kursi makan bayi. Eh ternyata udah bisa lho duduk sendiri. Karena belum terlalu kuat, masih oleng kanan kiri. Kalau dilatih setiap hari pasti bisa. Alhamdulillah sekarang sudah bisa duduk sendiri walau sesekali masih jatuh. Lanjut lagi nih, karena saat diberdiriin Byan ketawa-ketawa bahagia, kami sepakat membelikan baby walker (sebenernya bundanya sih yang maksa-maksa, haha). Beberapa hari pertama makai Byan masih duduk diem aja dengan kaki ngegantung. Tapiii setelah itu udah bisa melangkah sana sini sampai ngacak-ngacak barang dirumah. Ternyata Byan memang lebih suka duduk dan jalan. Alhasil sampai sekarang belum bisa merangkak deh. Nggak apa-apa, langsung bisa lari aja ya nak, hehe.

Ngomongin soal urusan makan bayi memang nggak ada habisnya. Bersyukurlah para ibu yang anaknya gampang mangap dan menghabiskan seluruh makanannya. Tapi Byan nggak gitu, hiks. Agak susah makan. Udah gonta ganti menu sampai nyoba bubur instan tetap juga mulutnya ditutup rapat. Terkadang mau sih, tapi ya paling cuma beberapa suap doang. Mulai dari posisi duduk sampai ditidurin diganjel bantal kepalanya. Lebih gampang nyuapinnya kalau ditidurin dari pada duduk karena kepalanya nggak bisa geleng kiri kanan. Tapi itu cara terakhir kalau bener-bener nggak mau makan lagi setelah semua mainan dikeluarkan. Teori dibuku terbantahkan semua. Katanya anak jangan dipaksa makan, tapi ya kenyataannya susah makan gimana? Apa mau dibiarin aja nggak makan? Yang penting masih dalam batas normal, anaknya nangis-nangis dikit nggak apa-apa lah yang penting makanannya masuk. Soalnya Byan ini kalau makan sering merengek-rengek manja buat menguji kesabaran bunda, hee. Banyak sih yang ngasih saran nyuapin sambil digendong jalan-jalan keluar, tapi saya takut itu akan menambah kerjaan baru. Bisa karena terbiasa. Selama Byan dibiasakan makan sambil duduk diem dimeja makan, insyaAllah jadi kebiasaan. Jadi tantangan tersendiri buat bunda nak. 

Sejak makan mimiknya juga berkurang, nggak sesering dulu. Tapi kalau malam masih tetep bangun 2-3 kali buat mimik. 

Jam tidurnya mulai berkurang. Karena sudah mulai bisa main sendiri, ya pasti lebih milih main. Kalau diajak jalan-jalan suka celingak celinguk liat sekitar, kadang ketawa kalau ngeliat hal yang dianggap lucu. Nonton tv suka banget sampai ada iklan favorit yang mengalihkan dunianya (jadi sering matiin tv takut Byan ketagihan nonton).

Kalau dulu Byan sering banget muntah, sekarang udah nggak lagi. Pernah sih sesekali, tapi palingan itu karena keselek makanan yang kurang halus atau nggak suka sama rasa makanannya. 

Karena sekarang sudah banyak gerak, berat badannya cuma naik dikit banget. Maksimal 500 gr sejak Byan umur 5 bulan. Kata dokter sih itu udah bagus. 

Secara garis besar itulah perkembangan Byan saat usia 7 bulan. Mudah-mudahan makin pinter dan tumbuh dengan sehat ya nak. Bunda sayang Byan.

No comments