Header Ads

Cara membersihkan mulut bayi


Kebersihan mulut bayi termasuk salah satu yang harus diperhatikan dengan serius. Walaupun terlihat sepele tapi kalau diabaikan bisa menimbulkan masalah serius. Jika bayi masih ASI eksklusif, maka sisa dari susu bisa tertinggal dilidah dan lama kelamaan bisa menjadi penyebab tumbuhnya jamur. Apalagi kalau bayi sudah mulai makan, lebih bahaya lagi jika sisa makanan sering tersisa dalam mulut. Makanya selalu berikan air putih ya bund setelah makan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal. 
Perlu diingat, mulut bayi tidak akan langsung bersih saat pertama kali dibersihkan. Harus rajin dan telaten dilakukan sampai benar-benar bersih.
Berikut beberapa cara untuk membersihkan lidah bayi.


1. Menggunakan kain kasa steril
Kasa steril ini banyak dijual di toko obat atau apotik, bahkan online. Caranya cukup mudah yaitu dengan membalutkan kain kasa pada telunjuk dan basahi dengan air hangat matang (bisa dicelupkan saja). Biasanya bayi akan membuka mulut jika ada sesuatu yang didekatkan ke mulutnya. Ambil kesempatan itu untuk menyeka bagian dalam mulut bayi dengan cara menekan lembut lalu mengusapnya ke arah luar. Tapi ingat jangan terlalu dalam karena bisa meyebabkan bayi muntah. Cara ini cocok dilakukan untuk bayi 0-3 bulan.

2. Menggunakan pembersih lidah silikon
Pembersih lidah silikon ini banyak dijual di toko perlengkapan bayi dengan merek yang beragam. Tapi ini baru mulai bisa digunakan untuk bayi diatas 3 bulan atau lebih tergantung ukuran mulut bayi. Soalnya pembersih silikon ini lumayan tebal untuk dimasukkan kedalam mulut bayi yang mungil. Cuci dulu sebelum digunakan dan sterilkan dengan menggunakan alat steril atau direndam air panas setiap kali pemakaian. Caranya sama yaitu dengan menyarungkan pembersih ini pada telunjuk lalu dekatkan ke mulut bayi. Saat mulut bayi terbuka, usapkan bagian yang seperti sikat ke lidah, gusi dan bagian lainnya. Jangan terlalu dalam ya, biar bayi nggak muntah. 
Tapi setiap kali aku mencoba menggunakan ini selalu gagal. Entah pembersihnya terlalu tebal atau mulut Byan yang nggak mau dibuka lebar. Mungkin bunda-bunda yang lain lebih jago, hee.

3. Menggunakan teether yang terdapat sikat pembersih lidahnya

Seiring bertambahnya usia bayi, maka semakin sering dia memasukkan segalanya ke mulut. Inilah saat yang tepat untuk memberikan teether kepada si kecil. Bunda bisa sambil menyelam minum air lho. Belilah teether yang ada sikat pembersih lidahnya. Ini sangat meringankan pekerjaan kita. Bayi senang gigit-gigit, kita juga senang karena terbantu dengan adanya sikat pada ujung teether yang secara otomatis akan membuang kotoran di mulut. Nggak perlu repot-repot lagi kan.

Update
4. Menggunakan kapas kecantikan
Ternyata menggunakan kapas lebih gampang. Nggak perlu takut mulut bayi akan terluka karena permukaannya yang lembut. Kenapa kapas kecantikan? Karena permukaannya nggak berserabut jadi tidak akan ada kapas yang tertinggal atau nyangkut-nyangkut di mulut bayi. Caranya rendam kapas sebentar dengan air panas biar steril. Kemudian ganti air dengan air biasa atau air hangat. Sebisa mungkin jangan menggunakan air kemasan ya biar terjamin kebersihannya. Peras kapas sedikit lalu usapkan deh ke mulut bayi. Bilas jika kapas sudah kotor, biasanya kotoran akan luruh dan air akan berubah keruh. Usap lagi sampai bersih cling cling mulut si dedek.

Itulah beberapa cara membersihkan lidah bayi. Semoga bermanfaat ya bund.

No comments