Header Ads

Tips menghadapi anak yang susah makan


Duh pusing ya moms kalau anak udah susah makan. Udah muter otak semalaman mikirin besok mau masak apa, masaknya juga semangat banget berharap si dedek suka, eh malah disembur-sembur, nggak mau buka mulut, geleng-geleng atau bahkan dimuntahin. Perasaan kita jadi nggak karuan, marah, kesal, kecewa dan takut kalau anak akan kekukaran gizi.
Berdasarkan pengalaman, ini beberapa tips menghadapi anak yang susah makan.


1. Sabar
Kunci dari segala permasalahan anak yang susah makan adalah kesabaran dari sang ibu. Saya akui ini memang berat. Pake banget. Menahan marah setiap hari itu nggak gampang. Tapi ya memang inilah yang harus dimiliki seorang ibu. Kalau nggak sabar ya anaknya nggak bakalan makan. Nggak mau kan bund..

2. Ajak ngobrol dan nyanyi 
Ajaklah anak mengobrol dengan riang gembira sambil tertawa. Ceritakan hal yang lucu walaupun cuma ngarang. Pakai gerakan yang heboh biar makin menarik. Kalau nyanyi juga pilihlan lagu yang iramanya agak cepat. Atau walaupun lagunya biasa saja nyanyikanlah sambil joget sambil ketawa-ketawa. Pokoknya total deh. Ini dilakukan agar perhatiannya teralihkan dari makanan.

3. Keluarkan semua mainan yang ada
Letakkan semua mainan didekat anak agar mudah dijangkau. Lebih menarik lagi jika mainan tersebut berbunyi dan ada lampunya. Tapi jika anak sudah mulai sibuk dengan mainan dan nggak mau buka mulut lagi, ambil mainannya dan angkat keatas sehingga dia menengadah. Biasanya Byan mulutnya pasti kebuka kalau ngeliat keatas, nah langsung deh masukin makanannya. Kemudian kasih lagi mainannya. Bahkan saya sampai ngasih tali dan ngegantung mainan yang disukai Byan dileher biar gampang buat nyuapinnya. Udah nggak peduli lagi deh sama penampilan. Yang penting anak makan.

4. Buatlah anak tertawa sebentar
Meluculah selucu-lucunya agar si kecil tertawa sampai mulutnya terbuka. Masukkan makanan lalu hentikan leluconnya. Karena kalau terus tertawa dia bisa tersedak.

5. Makanlah saat dia makan
Anak kecil itu adalah peniru ulung. Jika kita juga makan disaat menyuapinya, dia juga akan ikut-ikutan ngunyah. Dia lebih terlihat bersemangat untuk makan. Jadi sebisa mungkin kasihlah makan anak sama dengan waktu makan orang tua. Selain melatih kebiasaan, hal ini juga bisa memancing selera makan anak. Seperti kita yang melihat orang disekitar pada makan semua, pasti juga kepengen makan kan?

6. Pura-pura memakan makanannya
Bersandiwaralah seolah-olah kita juga memakan makanan yang sama. Pura-pura menyendok dan mengarahkannya ke mulut kita lalu dikunyah. Setelah itu suapi anak. Otomatis dia akan penasaran dengan apa yang kita makan dan akhirnya mau buka mulut.

7. Gantilah menu setiap hari
Bisa jadi ada beberapa makanan yang disukai dan yang tidak disukai oleh anak. Tapi tidak selalu jika anak menangis saat makan dia tidak menyukai makanannya. Tapi menurut saya pribadi, apapun makanannya harus saya suapi sampai habis. Mengerahkan semua usaha kecuali Byan udah bener-bener nangis berlinangan air mata. Biar nanti dia tidak milih-milih makanan. Pokoknya divariasikan saja setiap hari biar anak tidak bosan. Disinilah kreatifitas seorang ibu harus dikerahkan semaksimal mungkin.

8. Berilah bumbu tambahan
Bisa jadi makanan yang diberikan terlalu hambar. Bisa ditambahkan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam dan bumbu dapur lainnya agar lebih berasa. Kecuali gula, garam dan micin ya.

9. Berilah air putih disela makan
Bisa jadi dia seret pas lagi makan. Seperti kita yang terkadang butuh minum disela makan. Tapi jangan banyak-banyak ya. Nanti dia kekenyangan air. Ini dilakukan untuk memudahkan menelan makanan yang menumpuk dimulut. Kalau mulut sudah kosong, biasanya anak mau buka mulut lagi.

10. Jangan tertipu dengan tangisannya
Namanya anak susah makan pasti sering nangis saat makan. Jangan buru-buru menyelesaikannya ya bund. Bisa jadi itu hanya rengekan biasa yang bisa disiasati dengam beberapa cara diatas. Bukan berarti juga dia sudah kenyang. Perhatikanlah gelagatnya, jika benar-benar sudah menagis serius dengan air mata baru hentikan. Tapi jika hanya rengekan belaka, lanjutkanlah. Terkadang kita juga harus sedikit memaksa. Sedikit lho yaa.

11. Beri tontonan yang menarik
Perlihatkan tontonan yang bisa menarik perhatian anak. Bisa ditampilkan di tv, di tablet atau di handphone. Biasanya perhatian anak akan teralihkan. Tapi jika dia malah terlalu fokus kepada tontonannya maka segera hentikan tips ini.

12. Pindah lokasi makan
Bisa jadi dia bosan dengan suasana disekitarnya. Pindahlah lokasi makan agar dia lebih rileks. Mungkin jika makan diruang tengah agak gelap, bawalah makan diruang tamu atau ditempat yang lebih terang.

13. Berilah sugesti kepada anak
Walaupun mungkin banyak yang beranggapan kalau ini mustahil, tapi saya sudah membuktikannya. Entah kebetulan atau tidak. Ajaklah anak berbicara serius dengan menatap matanya. Bisa sebelum tidur ataupun saat mandi. Katakannlah "Nak, makan itu buat kamu lho, nggak buat bunda. Biar kamu sehat dan cepet gede. Nanti kalau kamu sakit bunda kan sedih. Jadi nanti makannya yang lahap ya. Bunda masakin yang enak deh". Perasaan bayi itu sensitif, entah bagaimana cara Allah yang membuat bayi bisa mengerti omongan kita, ibunya.

14. Gendong (cara terakhir dan tidak dianjurkan)
Walaupun banyak yang melakukan ini tapi sebenarnya ini bukanlah hal yang baik untuk ditiru. Apalagi sampai jalan-jalan keluar rumah. Tapi jika anak benar-benar tidak mau makan sedikitpun dalam keadaan duduk, dari pada dia sakit dan berat badannya turun, gendonglah. Tapi ingat ya bunda, ini dilakukan jika dalam keadaan darurat saja.

15. Jangan berputus asa
Terus berjuang ya bunda. Jangan sampai pasrah saja jika anak tidak mau makan. Nggak mau kan kalau anak kita kurus dan lesu karena kekurangan asupan makanan. Kita harus terus belajar tanpa henti. Percayalah, tidak ada hasil yang sia-sia kalau kita selalu terus berusaha.

16. Berdoa
Jangan lupa ya bunda, berdoa juga penting. Apapun permasalahan kita, kalau tanpa campur tangan Allah kita tidak akan pernah bisa mendapatkan solusinya.

Begitulah sedikit tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang susah makan. Jika bunda masih ada tips lain yang lebih ampuh bisa ditambahkan dikolom komentar ya.
Semoga bermanfaat.

UPDATE

17. Ganti sendok makan

Percaya atau nggak ini bener-bener ngaruh buat Byan. Sebelumnya aku menggunakan sendok makan pigeon yang satu set dengan mangkoknya. Sekarang aku membeli sendok baru berbahan lunak (silokon) di mothercare. Harganya lumayan terjangkau lah, 50rb-an dapat dua dan ada indikator panasnya lagi Alhamdulillah makannya jadi cepet banget, nggak nyampe setengah jam. Biasanya beeeehhh sampe hampir 2 jam. 

No comments