Header Ads

Perkembangan Bayi 1 Tahun


Happy birthday Abyan !!! Alhamdulillah udah setahun umurmu nak. Berjuta doa yang terucap dari ayah dan bunda agar hidupmu selalu dalam lindungan-Nya. Kemaren pas 1 tahunnya Byan, ayah ditugasin ke Bandung sehari doang. Nah karena Ayah mau bahagiain istri dan anak tercinta, diajukanlah cuti ke pak bos. Libur deh seminggu full kita bertiga bersenda gurau ketawa hahahihi berkelana ke objek wisata panas--panasan dan akhirnya setelah itu banyak istirahat dirumah karena capek, haha. Tapi kita happy! Makasi ayah.


Oke masuk bahasan kita ke topik utama. Apa aja sih perkembangan Byan diusia satu tahun ini? Banyak banget lho ternyata. Yang pertama kita bahas masalah fisik. Entah kebetulan apa nggak, Alhamdulillah banget Byan masih sehat walafiat sepulang dari kita liburan. Padahal disana malamnya dingin banget, siang-siang diajak panas-panasan, nggak sempet tidur karena diajak jalan mulu, dan banyak lagi hal melelahkan lainnya. Mudah-mudahan karena semakin bertambah usianya, daya tahan tubuhnya juga semakin kuat. Sekarang badannya terlihat semakin mengurus tapi semakin tinggi. Memang sih hal ini rata-rata akan dialami oleh kebanyakan anak, tapi mungkin ini disebabkan oleh susahnyaaaaa Byan makan. Dikasih bubur instan, bubur nasi yang dimasak sendiri, dikasih buah, apa aja deh pasti diemut lama. Otomatis makanan yang masuk juga sedikit. Belum lagi ditambah aktifnya luar biasa karena sekarang udah bisa merangkak, jangkau-jangkau barang, merambat dan teriak-teriak. Tapi mudah-mudahan Byan selalu sehat dan nggak kekurangan nutrisi. Bunda akan selalu berusaha ngasih makan terus, terus dan terus (walaupun bunda sering marah-marah, hee).

Merangkak udah semakin lancar, nggak gemeteran lagi. Merambat juga udah jago, bahkan kadang sok-sokan lepas tangan. Kalau nggak diawasi mungkin udah benjol semua karena keseringan jatoh. Udah bisa dorong-dorong kursi atau sepedanya sendiri sambil jalan. Kadang kalau dirangsang bisa jalan sampai 4 langkah lho. Cuma perlu latihan lagi aja biar bisa lancar jalannya.
Ceriwisnya makin menjadi-jadi. Kapanpun selalu teriak-teriak, nggak dirumah, dimall, ditempat makan, hadeeeeuuhh kadang sampai diliatin orang, hahaha. Lucu sih.
Udah bisa marah kalau sebel, udah bisa protes kalau nggak suka, nggak mau dilarang kalo lagi asik mainin sesuatu. Walaupun protesnya teteeep masih pake teriak-teriak kenceng. Apalagi kalau pas lagi makan, ritual yang paling dia musuhin. Kalau udah bosen, udah kenyang, udah nggak suka lagi, langsung teriak membabi buta. Kocak banget ya kalo diceritain, padahal pas kejadiannya bikin naik darah. Sabaaarr.

Walaupun udah setahun tapi kalo malem masih kebangun 2-3 kali buat nen. Laper kali ya karena makan malemnya cuma secuil. Kalau siang sengaja nen-nya hanya pas mau bobok aja, biar nggak kekenyangan sebelum jam makan.
Oiya ngomongin masalah tidur, jam tidurnya udah berkurang kalau siang. Biasanya dua kali sekarang cuma sekali, kadang cuma sebentar kadang malah bablas nggak tidur siang. Pengennya maiiiiin aja. Walaupun udah ngucek-ngucek mata terus, udah nguap-nguap, udah hampir ketiduran, eh malah dipaksa bangun dan main lagi. Dampaknya ya itu, pas makan jadi rewel maksimal.

Kalau dikasih roti, biskuit, atau cemilan apa aja udah bisa makan sendiri pakai tangannya. Karena giginya udah ada empat didepan, jadi udah mahir gigit-gigit. Alhamdulillah sekarang udah nggak sering muntah lagi, palingan pas drama tangis-tangisan yang bikin dia keselek dan muntah dikit. Eh sampe lupa cerita, Byan udah makan nasi lhooooo. Bisa makan lauk yang dimakan ayah bunda. Semuanya Byan udah bisa makan, kecuali ayam dan telur karena alerginya baru muncul sekarang, hiks. Tapi ya gitu, bunda harus ngalah nggak masak yang pedes-pedes. Biasanya masak pake bumbu racikan ibu-ibu dipasar, sekarang ngulek sendiri biar yakin nggak ditambahin bahan yang aneh-aneh.

Secara garis besar itulah perkembangan Byan diusianya yang genap 1 tahun. Pastinya nggak akan sama persis dengan bayi lain karena setiap bayi itu unik. Yang penting sehat terus ya nak.

Semoga bermanfaat. 

No comments