Header Ads

Tips menghadapi bayi yang tumbuh gigi


Yeey akhirnya gigi Byan nongol juga. Banyak lagi. Diatas mau nongol 4, dibawah 2. Kebayang dong itu sakitnya gimana? Kita aja tumbuh gigi cuma satu udah sakit bikin pusing.
Karena munculnya gigi yang merobek gusi si kecil inilah yang akan berdampak kepada tingkah lakunya. Baik itu berkurangnya nafsu makan, demam, gelisah saat tidur, lebih rewel dan menggigit semua benda yang bisa didapat.

Berikut ini ada beberap tips menghadapi bayi yang tumbuh gigi.
  1. Jika dia demam dan rewel, maka berilah parasetamol untuk meredakan sakitnya. Tapi jika demam dan dia masih happy bermain maka biarkan saja karena biasanya demam saat tumbuh gigi tidak akan terlalu tinggi dan akan hilang dalam 2-3 hari.
  2. Nyeri pada gusinya akan membuat nafsu makan berkurang. Bunda bisa menurunkan tektur makanannya agar lebih lembut dan gampang dikunyah. Jangan memaksa dia makan apalagi memarahinya. Berempatilah pada si kecil yang sedang merasa tidak nyaman dan kesakitan.
  3. Berilah buah-buahan yang segar atau dingin agar gusinya terasa lebih nyaman. Kalau sudah bisa makan potongan buah, bisa diberikan potongan buah dingin.
  4. Untuk menghindari bayi mengigit benda-benda yang tidak bersih, bisa diberikan teether. Jika terdapat gel didalamnya bisa dibekukan dan berikan untuk digigit-gigit. Hawa dingin bisa meredakan rasa sakitnya.
  5. Jika tidurnya gelisah, berilah suasana yang nyaman. Bisa dengan memeluknya, menyanyikan lagu pelan dan apapun yang pastinya bunda tau hal apa saja yang bikin anak nyaman.
  6. Jika dia menangis dan rewel, alihkan perhatiannya dengan mengajak bermain atau memperlihatkan video kesukaannya.
  7. Yang terakhir, bunda harus sabar dan semangat yaaa. Ini akan berlalu dengan sendirinya kok.
Ssmoga bermanfaat.

No comments