Header Ads

Vitamin penambah nafsu makan anak

Pusing ya moms kalau anak nggak mau makan. Nah itulah yang sedang melanda kehidupan aku dan Byan. Sampai stres nggak tau mesti ngapain lagi. Bahkan berat badannya pun nggak naik-naik. Udah nyoba ngasih suplemen penambah zat besi takut dia ADB, malah makin nggak mau makan dan mual. Beralihlah ke sederetan vitamin penambah nafsu makan. Namanya juga usaha ya buibu, mana tau ada yang berhasil.
Berikut beberapa vitamin penambah nafsu makan yang pernah dikonsumsi Byan.


1. Apialys

Ikhtiar pertama nyobain vitamin penambah nafsu makan atas rekomendasi apoteker di rumah sakit. Kenapa apoteker? Karena dokternya lupa nulisin resep, padahal sebelumnya dibilang mau dikasih vitamin. Maklumlah manusia juga bisa lupa. Vitamin ini boleh diminum oleh anak sejak dari usia dibawah 1 tahun. Sempet ngulang beli ini sampai 3 kali. Mbak-mbak di century juga bilang kalau vitamin ini sering direkomendasiin oleh dokter.
Kandungan vitaminnya lengkap, bejejer panjang kebawah pas dibaca. Rasanya enak dan ada dalam kemasan drops juga jadi lebih gampang minuminnya ke Byan.
Efeknya gimana? Kalau buat Byan sih nggak terlalu ngaruh ya. Tetep aja makannya tergantung suasana hati. Kadang mingkem, kadang berontak, kadang juga mau makan. Tapi positifnya daya tahan tubuh Byan kayaknya lebih kuat. Nggak sakit bahkan bapil pun menjauh.

2. Madu TJ Joybee 

Kenapa sampai beralih ke madu? Jadi ceritanya gini. Waktu aku dan Byan naik grabcar, si mas supirnya cerita kalau anaknya dulu susah makan. Setelah dikasih madu TJ yang ada vitaminnya makannya jadi lumayan lahap. Langsung deh tuh malemnya dengan hasrat yang menggebu-gebu aku beli madu sesuai dengan rekomendasi si mas supir grabcar.
Komposisi yang tertera di stiker botol adalah madu TJ, sari kurma, curcuma, Vitamin B dan C, Lysine, DHA EPA, Propolis. Walaupun list vitaminnya nggak selengkap di Apialys, tapi banyak kandungan lainnya yang tidak terdapat di Apialys. Mana tau ada yg manjur buat nambah nafsu makan Byan. Rasanya enak, waktu aku beli kemaren yang rasa jeruk. Karena bahan utamanya madu, jadi agak kental dan awal-awal minum Byan memperlihatkan gelagat mau muntah. Tapi lama-kelamaan udah biasa. Malah nagih haha. Madu ini boleh diminum oleh anak usia 1 tahun keatas.
Efeknya? Sama seperti sebelumnya, nggak ngaruh. Makannya tetap gitu-gitu aja. Sempet kena bapil sih sekali selama minum ini. Tapi its oke lah buat daya tahan tubuh.
Lama-lama aku jadi mikir gara-gara banyaknya artikel yang menyarankan untuk tidak memberikan madu pada anak dibawah 2 tahun. Akhirnya aku stop dan balik lagi ke Apialys *emak galauan.

3. Elkana CL

Kalau yang satu ini bener-bener diresepin sama dokter. Karena aku cerita kalau Byan itu susah makan dan berat badannya nggak naik-naik, dikasihlah vitamin ini untuk menambah nafsu makannya.
Kemasannya sudah dalam bentuk sirup. Keterangan usia hanya ada dua yaitu dibawah 6 tahun 2,5 ml sekali sehari dan diatas 6 tahun 5 ml sekali sehari. Bahkan vitamin ini boleh diminum oleh ibu hamil dan menyusui. Awalnya sih sempet ragu karena orang dewasa juga boleh minum, tapi karena yang ngasih dokter ya udah percaya aja deh. Kalau ngomongin kadungannya, beeehh banyak banget. Ringkasnya aja ya, ada Cod liver oil, Curcuma, Multivitamin dan mineral, Lysine, Choline, AA DHA GOS. Rasanya juga yummy sampe aku sering ikutan minum wakakakak.
Efeknya? Mantap banget. Nafsu makan Byan langsung melonjak tajam. Nasinya selalu abis. Nyemilnya juga abis. Walaupun sempet GTM gara-gara tumbuh gigi. Tapi ya namanya anak-anak pasti ada masa dia males makan dan semangat makan. Tapi semales-malesnya Byan makan masih abis lah setengah porsi. Alhamdulillah alhamdulillah ketemu sama vitamin ini. Mudah-mudahan kedepannya cocok terus dan walaupun udah lepas dari vitaminnya tetap lahap kalau makan ya nak.

Itulah vitamin yang pernah dikonsumsi Byan sebagai usaha untuk menambah nafsu makannya. Semoga bermanfaat :)

Update 

4. Curvit CL
Maaf ya buibu, fotonya nyomot di google karena lagi mager banget hee.

Ternyata Elkana CL nya cuma ngaruh seminggu doang, hiks. Abis itu galau lagi deh gara-gara Byan ogah makan. Sempet nyoba satu vitamin lagi yaitu Curvit CL ini. Awalnya sempet dilema mau beli Scott Emultion atau yang ini, tapi kata mbak-mbaknya yang khusus buat meningkatkan nafsu makan ya Curvit CL karena ada curcumanya. Ya udah percaya aja. Pas dibaca takaran pemberiannya kok banyak banget, 5 ml. Gelas takarnya aja penuh. Bayangin aja cairan kentel gini harus diminum Byan dalam satu waktu, pasti bakalan eneg lah dia. Nah bener aja Byan langsung muntah dan nggak mau lagi minum ini. Tapi masih maksa nyekokin sampai semingguan, ngasihnya dikit-dikit biar nggak eneg. Tapi tetep nggak ngaruh. Dari pada tiap makan vitamin dia nangis, ya sudah aku stop aja. 

3 comments:

  1. Bund. Kasih dosis Elkana CL nya brp mL? itu pas Byan umur brp ya? Anak saya baru 9 bln. kmrn dsruhu beli elkana cl sm dkter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba baru respon soalnya ini baru mulai on lagi ngeblognya setelah berbulan-bulan.
      Kayaknya sekitaran umur segitu juga deh mba. Aku ngikutin petunjuk dikotaknya aja satu sendok teh, sekitar 2,5 ml.

      Delete
  2. Bibliography - Paul, B. 2018. “Boron Testosterone Review - Benefits, Side Effects & Dosage Guide!” Testosteroneofficial.Com Ie. Testosterone Official. December 10. https://testosteroneofficial.com/research/boron/

    ReplyDelete