Vitamin penambah nafsu makan anak

10 comments
Pusing ya moms kalau anak nggak mau makan. Nah itulah yang sedang melanda kehidupan aku dan Byan. Sampai stres nggak tau mesti ngapain lagi. Bahkan berat badannya pun nggak naik-naik. Udah nyoba ngasih suplemen penambah zat besi takut dia ADB, malah makin nggak mau makan dan mual. Beralihlah ke sederetan vitamin penambah nafsu makan. Namanya juga usaha ya buibu, mana tau ada yang berhasil.
Berikut beberapa vitamin penambah nafsu makan yang pernah dikonsumsi Byan.


1. Apialys

Ikhtiar pertama nyobain vitamin penambah nafsu makan atas rekomendasi apoteker di rumah sakit. Kenapa apoteker? Karena dokternya lupa nulisin resep, padahal sebelumnya dibilang mau dikasih vitamin. Maklumlah manusia juga bisa lupa. Vitamin ini boleh diminum oleh anak sejak dari usia dibawah 1 tahun. Sempet ngulang beli ini sampai 3 kali. Mbak-mbak di century juga bilang kalau vitamin ini sering direkomendasiin oleh dokter.
Kandungan vitaminnya lengkap, bejejer panjang kebawah pas dibaca. Rasanya enak dan ada dalam kemasan drops juga jadi lebih gampang minuminnya ke Byan.
Efeknya gimana? Kalau buat Byan sih nggak terlalu ngaruh ya. Tetep aja makannya tergantung suasana hati. Kadang mingkem, kadang berontak, kadang juga mau makan. Tapi positifnya daya tahan tubuh Byan kayaknya lebih kuat. Nggak sakit bahkan bapil pun menjauh.

2. Madu TJ Joybee 

Kenapa sampai beralih ke madu? Jadi ceritanya gini. Waktu aku dan Byan naik grabcar, si mas supirnya cerita kalau anaknya dulu susah makan. Setelah dikasih madu TJ yang ada vitaminnya makannya jadi lumayan lahap. Langsung deh tuh malemnya dengan hasrat yang menggebu-gebu aku beli madu sesuai dengan rekomendasi si mas supir grabcar.
Komposisi yang tertera di stiker botol adalah madu TJ, sari kurma, curcuma, Vitamin B dan C, Lysine, DHA EPA, Propolis. Walaupun list vitaminnya nggak selengkap di Apialys, tapi banyak kandungan lainnya yang tidak terdapat di Apialys. Mana tau ada yg manjur buat nambah nafsu makan Byan. Rasanya enak, waktu aku beli kemaren yang rasa jeruk. Karena bahan utamanya madu, jadi agak kental dan awal-awal minum Byan memperlihatkan gelagat mau muntah. Tapi lama-kelamaan udah biasa. Malah nagih haha. Madu ini boleh diminum oleh anak usia 1 tahun keatas.
Efeknya? Sama seperti sebelumnya, nggak ngaruh. Makannya tetap gitu-gitu aja. Sempet kena bapil sih sekali selama minum ini. Tapi its oke lah buat daya tahan tubuh.
Lama-lama aku jadi mikir gara-gara banyaknya artikel yang menyarankan untuk tidak memberikan madu pada anak dibawah 2 tahun. Akhirnya aku stop dan balik lagi ke Apialys *emak galauan.

3. Elkana CL

Kalau yang satu ini bener-bener diresepin sama dokter. Karena aku cerita kalau Byan itu susah makan dan berat badannya nggak naik-naik, dikasihlah vitamin ini untuk menambah nafsu makannya.
Kemasannya sudah dalam bentuk sirup. Keterangan usia hanya ada dua yaitu dibawah 6 tahun 2,5 ml sekali sehari dan diatas 6 tahun 5 ml sekali sehari. Bahkan vitamin ini boleh diminum oleh ibu hamil dan menyusui. Awalnya sih sempet ragu karena orang dewasa juga boleh minum, tapi karena yang ngasih dokter ya udah percaya aja deh. Kalau ngomongin kadungannya, beeehh banyak banget. Ringkasnya aja ya, ada Cod liver oil, Curcuma, Multivitamin dan mineral, Lysine, Choline, AA DHA GOS. Rasanya juga yummy sampe aku sering ikutan minum wakakakak.
Efeknya? Mantap banget. Nafsu makan Byan langsung melonjak tajam. Nasinya selalu abis. Nyemilnya juga abis. Walaupun sempet GTM gara-gara tumbuh gigi. Tapi ya namanya anak-anak pasti ada masa dia males makan dan semangat makan. Tapi semales-malesnya Byan makan masih abis lah setengah porsi. Alhamdulillah alhamdulillah ketemu sama vitamin ini. Mudah-mudahan kedepannya cocok terus dan walaupun udah lepas dari vitaminnya tetap lahap kalau makan ya nak.

Itulah vitamin yang pernah dikonsumsi Byan sebagai usaha untuk menambah nafsu makannya. Semoga bermanfaat :)

Update 

4. Curvit CL
Maaf ya buibu, fotonya nyomot di google karena lagi mager banget hee.

Ternyata Elkana CL nya cuma ngaruh seminggu doang, hiks. Abis itu galau lagi deh gara-gara Byan ogah makan. Sempet nyoba satu vitamin lagi yaitu Curvit CL ini. Awalnya sempet dilema mau beli Scott Emultion atau yang ini, tapi kata mbak-mbaknya yang khusus buat meningkatkan nafsu makan ya Curvit CL karena ada curcumanya. Ya udah percaya aja. Pas dibaca takaran pemberiannya kok banyak banget, 5 ml. Gelas takarnya aja penuh. Bayangin aja cairan kentel gini harus diminum Byan dalam satu waktu, pasti bakalan eneg lah dia. Nah bener aja Byan langsung muntah dan nggak mau lagi minum ini. Tapi masih maksa nyekokin sampai semingguan, ngasihnya dikit-dikit biar nggak eneg. Tapi tetep nggak ngaruh. Dari pada tiap makan vitamin dia nangis, ya sudah aku stop aja. 

10 comments

  1. Halo mbak, gmn byan nya udh bagus mkn nya? Umur brp byan skrg? Sy jg lg dilanda kegalauan anak susah mkn smpai ketemu artikel mbak krna cr tau soal curvit cl, anak ku 3th tp kuruss kt dokter krg nih bb nya, kasusnya sama kyk mbak, awalnya pake elkana cl dan mkn nya lahapp ga pilih2 tp cm ga lama bertahan nya, stlh itu pilih2 lg, malas mkn lg, tp yg sy suka dr elkana cl dosis pemberian nya 2.5ml aja 1x sehari , sedikit di banding vit2 sirup yg lain 5ml, bahkan ada yg 15ml sdh gt 3x sehari pula, ampun dah, minumin 1x sehari 2.5ml aja butuh usaha lebih n pake drama, hahaha
    Mohon di bls ya mbak, biar sy ada pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja mba makannya sampai sekarang. Ini September depan juga mau 3 tahun. Tiap ke dokter nemenin adeknya imunisasi, pasti juga dibilang kurus. Sebel sih, tapi ya mau gimana emang kenyataannya begitu, hehe.

      Saranku mending kasih susu minimal 3xsehari, itu aja kalorinya udah 500an kan, lumayan lah nombokin kalori yg kurang dari makanan padat.

      Dan sepertinya vitamin penambah nafsu makan merek apapun sudah tak berpengaruh lagi ke Byan 😅

      Delete
  2. Coba pake honeybeepollen dari HDI mba. Sy awalnya juga ah paling begtu aja. Tapi setelah 2minggu makan masuk. Ke lauk mau nyoba terus ga muntahin maknan terus. Anak sy tipenya kalo uda ga mau ya di muntahin. Setelah minum ini ga lagi. Makan masuk2 aja. Dgn porsi yg sama ke badan lebih nempel dulu klo lg banyak makan pun tetep BBnya stuck. Setelah minum ini BB naik tapi jeleknya ga ngaruh ke daya tahan tubuh. Emang ga ada yg sekaligus di dunia ini huhuhu.... untuk vitamin sy cuma pale zamel aja karena dari DSA diresepinnya itu terus. Yg HDI ini untuk nafsu makan aja. Coba aja googling dulu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah jadi penasaran nih. Makasi ya Mba sharingnya. Aku baca-baca dulu deh di mbah gugel.
      Semoga efeknya juga sama ke anakku.

      Delete
  3. Prnh coba gizidat atau vitabumin atau honey kids bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang anak saya sudah mau makan, Alhamdulillah. Jadi nggak gonta ganti vitamin lagi. Mungkin semua anak memang ada masanya ya, termasuk masa susah makan.

      Delete
  4. Mau makannya skrg anaknya hbs dikasih apa mba??? Anak sy lg GTM parah 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tau rasanya menghafapi anak GTM, Mbaaaak 😢
      Coba dikurangi makan yg manis-manis. Suapin apa aja yg bisa dimakan. Turunkan standar, nggak usah harus habis seporsi, bisa masuk 3 atau 5 suap aja udah syukur.
      Kadang vitamin membantu, kadang juga enggak sih. Jadi cocok2an juga, Mbak.

      Delete
  5. Thanks sharing2nya ya, mom.. Terbantu banget dengan review ini.. Anak saya 20 bln, dari umur 14 bln saya kasih apialys dan Honey bee pollen lumayan nambah nafsu makannya.. Tapi setelah 1,5 th, balik lagi jadi males makan.. 😂 Sekarang lagi cari suplemen lain, siapa tau ngaruh 🙈

    ReplyDelete
  6. klo saya sih anak lahap bgt makan,tp bb bgt2 aja,sampe suka dibilangi krg mkn.mgkn genetik kali yah dr sy yg kecil

    ReplyDelete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)