Header Ads

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun


Yeeeyyy happy birthday Abyan!!!! Beribu doa untukmu nak.

Diusia satu tahun ini Byan udah makin pinter lho. Kakìnya gatel kepengen jalan, hee. Jadi sekarang ini adalah waktu yang paling rawan dia jatoh dan kejedot sana sini. Nggak kehitung lagi berapa kali dia kejengkang, kepentok, kesandung, pokoknya segala jenis jatoh mungkin udah pernah dia rasain. Untung aja dia bukan tipe anak yang gampang trauma, jadi ya kalo jatoh nggak takut buat nyoba lagi dan lagi.  Mau dilarang malah takut dia nggak bisa menikmati perkembangannya dengan leluasa. Tapi harus diawasi terus, harus sigap menyambut disaat dia mau jatoh, walaupun kadang kurang cepet dan dia keburu merasakan kerasnya lantai *maafkan bunda ya nak.

Perkembangan Byan yang sangat meringankan pekerjaan bundanya adalah sekarang dia udah mau makan nasi. Kalau masak jadi nggak misah-misah lagi deh. Paling kalau mau pedes, sambelnya yang dimasak kepisah haha. Maklumlah emak-emak yang nggak mau ribet. Awalnya dia selalu nolak kalau makan bubur, nah akunya iseng nyuapin dia nasi, eh malah doyan. Nah sejak itulah bundanya dengan pede nyuapin nasi. Tapi lauknya masih yang lembut-lembut sih, seperti ikan, tahu, daging giling, bayam. Kalau ada lauk yang agak keras harus dibenyek-benyek dulu dengan sendok. Walaupun kadang dia oek-oek karena keselek, tapi ya namanya belajar itu hal yang lumrah. Lama kelamaan dia enjoy dengan makanannya. Kalau sudah makan nasi gini kayaknya porsinya juga lebih sedikit. Mungkin karena teksturnya yang lebih padat dari bubur jadi bikin cepet kenyang. Makan biskuit-biskuitan juga makin pinter karena ada gigi gede-gede bejejer didepan buat gigit. Selera makannya masih tetep sesuka hati, kadang lahap kadang juga mingkem. Harus ekstra sabaaaaar banget. Puyeng emang kalo GTMnya kumat, seharian bisa stres gara-gara mikirin ini doang. Balada mamah-mamah muda, hehe.

Sekarang kalau dibilangin sesuatu udah mulai ada respon. Misalnya dilarang megang sesuatu yang bahaya, dia menjauh. Diganggu saat sedang asik main dia marah. Bisa mintak minum kalau haus dengan cara teriak-teriak dan tanganya mengarah ke meja ditempat gelasnya biasa ditarok. Belum ada kata jelas yang diucapkan sih, masih tatatata mamamama nyanyanyanya dan kata lain yang hanya dia mengerti. Tapi nggak apa-apa, yang penting sekarang Byan sudah mulai komunikatif. Pinter ya nak :)

Dulu masih masa bodo digendong dan diajak main kemana-mana sama orang lain. Sekarang udah mulai kenal bunda sama ayahnya. Walaupun masih mau digendong orang lain, tapi nggak lama kemudian pasti nyari bundanya sambil nangis-nangis. Byan yang dulu cuek kalau ayahnya berangkat dan pulang kerja, sekarang bisa nangis kalau ditinggal dan ngerangkak dengan riang menuju pintu kalau ayahnya pulang. Lucu ya :*.

Ringkasnya diusia setahun ini Byan sudah mulai berdiri belajar jalan sambil pegang tembok atau apapun yang bisa dijangkau, bahkan bisa jalan sampai tiga langkah. Sudah mulai kominikatif dan mengerti kosa kata dan ekspresi, mulai bisa mengungkapkan apa yang dia inginkan. Makan juga sudah menu keluarga, bebas makan yang ada gula garamnya yang penting sehat.

Gimana dengan perkembangan anak bunda? Samakah? Pasti ada yang sama dan ada yang beda dong, karena setiap anak itu kan unik.

Semoga bermanfaat :)

No comments