Header Ads

Permainan sederhana untuk anak usia 1 tahun

Nggak harus beli mainan mahal kok untuk bikin si kecil happy. Pakai barang-barang yang ada di rumah pun sudah cukup untuk merangsang motorik anak. Ini ada beberapa contoh permainan sederhana yang bisa menginspirasi dan yang pastinya udah aku cobain ke Byan. Dia bahagia, senang, kadang kesal karena susah dan berbagai ekspresi lain yang bikin ngakak hahaha. MaapÄ·en kalau gambarnya jelek ya, soalnya itu video yang diprintscreen dari HP.


1. Memindahkan barang
Pertama kali memainkan ini aku menggunakan uang koin yang dipindahkan dari lantai ke sebuah wadah. Tapi kok ya serem banget takut nanti malah koinnya di masukin ke mulut pas aku lengah. Belum lagi koin yang berantakan banget di lantai. Akhirnya aku berinisiatif untuk menyatukan koin-koin tersebut dengan selotip, kayak koin-koin di kasir itu lho yang dibundel jadi 10 buah. Karena gede kan aman nggak bakalan bisa ketelen. Tapi tetap ya harus selalu diawasi takut nanti selotipnya lepas atau gimana.
Nah setelah bisa memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain, aku sering ngajarin Byan buat beresin mainannya yang berserakan. Bermanfaat kan moms hahaha. Anak happy, bunda happy, rumah bersih.


2. Memetik buah
Sebenarnya permainan ini sudah dipraktekin sejak Byan mau belajar jalan. Tapi masih dimainin aja terus walaupun dia udah lancar jalannya. Yang dipetik nggak buah sih, mainan seadanya aja yang penting bisa nempel. Yang perlu disiapin hanya double tip dan mainan untuk ditempel. Atau bisa juga membentangkan lakban dan menempel mainannya, ya seperti jemuran gitu lah. Nah ditambah instruksi untuk memasukkan barang yang sudah dipetik ke dalam sebuah wadah juga seru lho. 

3. Memasukkan sedotan ke dalam botol
Sesuai judulnya, yang dibutuhkan memang cuma botol dan sedotan. Sebaiknya yang digunakan botol kaca supaya agak berat dan nggak gampang jatuh. Tapi tetap diawasi ya moms, takut nanti botolnya dibanting saat si kecil marah karena susah mainnya haha. Atau bisa juga dimainkan di atas alas duduk yang empuk biar botolnya nggak pecah. Semakin kecil mulut botol dan semakin panjang sedotan, maka akan semakin sulit memasukkannya. Jika dilihat anak kesulitan, bisa mengganti botol yang mulutnya lebih lebar atau memotong sedotannya agar lebih pendek.

4. Memasukkan sedotan ke lubang-lubang kecil
Nah kalau yang ini prinsipnya sama saja dengan memasukkan sedotan ke botol. Cuma disini lubangnya lebih kecil dan banyak sehingga anak bisa bebas memilih mau memasukkannya kemana. Supaya gampang dan nggak ribet untuk membuat lubang-lubang kecil di kardus atau dibenda lain, pakai saja wadah pengukus rice cooker. Jika sedotan nggak ada, bisa diganti juga dengan pulpen atau pensil.

5. Memasukkan koin ke celengan
Karena Byan gemar banget main sama yang namanya koin, ya udah dari pada dilarang-larang mending dibiarin aja tetapi ingat HARUS SELALU DIAWASI, JANGAN LENGAH. Ini juga berani aku mainin karena Byan udah mulai gede jadi udah mulai bisa dengerin kata emaknya. Karena koinnya udah satuan, jadi kudu diplototin terus selama dia main. Tapi kalau moomy merasa ini permainan yang berbahaya, lewati aja ya.
Yang disediakan ya hanya uang koin dan celengan. Karena lubangnya ngepas kecil segede koin, jadi Byan sering emosi saat ngelakuin ini. Tapi girangnya minta ampun  kalau berhasil, sampai teriak-teriak sambil angkat tangan.

Sementara ini dulu ya moms, nanti kalau dapat inspirasi lagi aku tambahin. Jangan lupa kasih pujian setiap kali anak berhasil melakukannya ya.

Semoga bermanfaat :)

No comments