Header Ads

Cara Memijat Bayi - Disertai Foto dan Video

Cara memijat bayi

Memijat bayi sendiri itu banyak manfaatnya, loh. Secara tajam telah dikupas disini Ternyata Memijat Bayi Sendiri Banyak Manfaatnya, Loh. Monggo dibaca dulu.

Sebelum memulai pemijatan, ibu harus tau beberapa hal ini.
  1. Gunakanlah minyak atau lotion sebagai pelicin agar gesekan antara tangan dengan tubuh bayi dapat dikurangi. Gerakan tangan ibu akan lebih lancar dan lembut. Bayi pu  akan merasa lebih nyaman saat dipijat.
  2. Bayi yang sehat tidak menyukai pijatan yang ringan, itu hanya akan menimbulkan rasa geli. Bayi cenderung lebih menyukai tekanan yang tegas pada bagian yang dipijat. Tapi tekanan yang terlalu kuat akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi, maka hindari juga menekan terlalu keras saat memijat.
  3. Bayi yang baru lahir cukup dipijat selama 10 menit saja karena kondisi tubuhnya yang masih sensitif. Sedangkan bayi yang lebih tua dapat menikmati pijatan selama 20 menit.
  4. Ibu harus selalu memperhatikan respon yang diberikan bayi saat dipijat.

LANGKAH-LANGKAH MEMIJAT BAYI

I  - Pijatan Wajah
1. Sentuhan Cinta
Mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping seperti membuka buku.

2. Pijatan Daerah Alis
Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.

3. Pijatan Memutar Membentuk Lingkaran
Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.

4. Senyuman
Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi. Pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.

5. Pijatan Daerah Belakang Telinga
Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.


II - Pijatan Dada
1. Pijatan Kupu-kupu
Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Gerakkan kedua telapak tangan ke atas samping di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah dan kembali lagi ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu.

2. Pijatan Menyilang
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya, bergantian kanan dan kiri.


III - Pijatan Tangan
1. Pijatan Memerah - Perahan India
Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball, tangan kanan menggenggam lengan atas, tangan kiri menggenggam lengan bawah. Buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri dari pangkal lengan atas ke pergelangan tangan secara bergantian dan berulang-ulang. 

2. Pijatan Memerah - Perahan Swedia
Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan tangan ke pangkal lengan.

3. Pijatan Menggulung
Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan menuju pergelangan lengan.

4. Pijatan Memeras
Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan kelembutan dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.

5. Pijatan Telapak dan Punggung Tangan
Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari. Kemudian pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari-jari menggunkaan ibu jari. 

6. Pijatan Memutar pada Telapak dan Punggung Tangan
Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar mengunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh punggung tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar mengunakan ibu jari.

7. Pijatan pada Jari
Goyang dan tarik lembut setiap jari tangan bayi.

8. Gerakan Relaksasi - Menyilangkan Tangan
Pegang pergelangan tangan bayi dan silangkan keduanya di dada. Luruskan kembali kedua tangan bayi ke samping, ulang gerakan ini beberpa kali.

9. Gerakan Relaksasi - Diagonal Tangan Kaki
Pertemukan ujung kaki kanan dan ujung tangan kiri bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri bayi ke posisi semula. Kemudian pertemukan ujung kaki kiri dan tangan kanan bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kiri dan tangan kanan bayi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang-ulang.

IV - Pijatan Perut
1. Mengayuh
Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.

2. Bulan - Matahari
Pijat dengan telapak tangan kanan mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam (gerakan bulan). Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh (gerakan matahari). Gerakan ini diulang beberapa kali.

3. I Love U
I : Pijat dengan tiga ujung jari tangan dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah seperti huruf I

L : Pijat dengan tiga ujung jari tangan dari kanan atas ke kiri atas perut bayi, kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik.


U : Pijat dengan tiga ujung jari tangan dari kanan bawah ke atas, kemudian ke perut kiri atas menuju bawah membentuk huruf U terbalik.


4. Pijatan Jari Berjalan
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah dan jari manis bergantian berjalan dari sebelah kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung-gelembung udara. 

5. Gerakan Relaksasi
Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuh perut. Kemudian menekan perlahan ke arah perut.
 


V - Pijatan Kaki
1. Pijatan Memerah - Perahan India
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti pemukul softball, tangan kanan menggenggam tungkai atas, tangan kiri menggenggam tungkai bawah. Buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah dari pangkal paha ke tumit secara bergantian dan berulang-ulang. 

2. Pijatan Memerah - Perahan Swedia
Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan kaki ke pangkal paha.

3. Pijatan Memeras
Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.

4. Pijatan Telapak dan Punggung Kaki
Pijat seluruh permukaam telapak kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari menggunakan kedua ibu jari. Kemuadian pijat permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari-jari menggunakan ibu jari.

5. Pijatan Memutar pada Telapak dan Punggung Kaki
Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Kemudian pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.

6. Pijatan pada Jari
Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi.

7. Gerakan Relaksasi - Menyilangkan Kaki
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Kemudian pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan dalam bertemu mata kaki kiri luar. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang-ulang.


8. Gerakan Relaksasi - Menekuk Kaki Bergantian
Pegang pergelangan kaki kanan dalam posisi kaki lurus kemudian tekuk kaki kanan perlahan ke arah perut. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri, ulang secara bergantian beberapa kali.


VI - Pijatan Punggung
1. Pijatan Maju Mundur
Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur, menggunakan telapak tangan disepanjang punggung dari leher sampai ke pantat bayi.

2. Pijatan Meluncur
Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan lurus dari atas ke bawah dari leher sampai bokong.

3. Mengayuh
Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang bayi. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong/pantat. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.

4. Pijatan Melingkar
Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari.

5.Menggaruk
Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang dari leher menuju bokong dengan menggunakan ujung-ujung jari. 



Bagi yang ingin melihat lebih jelas step by step-nya melalui video bisa ditonton disini ya.


Semoga bermanfaat :)

Sumber : Johnson's Science of the Senses



No comments