Header Ads

Ternyata Memijat Bayi Sendiri Banyak Manfaatnya, Loh.

Manfaat memijat bayi

Kalau bisà dilakukan sendiri, kenapa harus orang lain? Apalagi manfaatnya segudang, rugi dong kita. Tidak susah dan tidak perlu waktu lama. Yap, memijat bayi bisa kok dilakukan oleh ayah dan ibu, tidak perlu jauh-jauh dan mahal-mahal bawa si bayi ke baby spa.

Ini loh manfaatnya jika ayah dan ibu memijat sendiri bayinya di rumah. Bukan hanya bermanfaat untuk bayi, tapi bermanfaat juga buat ayah dan ibu sendiri.

Bagi Orang Tua

1. Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak
Kedekatan ibu dan anak sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Dengan adanya ikatan batin yang kuat maka sang ibu juga akan lebih mudah memahami kebutuhan bayinya, begitu juga sebaliknya, sang anak juga akan menunjukkan pengertiannya kepada ibu. Nah pemijatan ini sangat ampuh loh untuk meningkatkan jalinan ikatan batin ibu dan anak. Berdasarkan penelitian ikatan batin yang baik antara ibu dan anak ini sebagian disebabkan oleh timbulnya hormon oxytocin atau dikenal juga dengan hormon pelukan yang diakibatkan oleh rangsangan sentuhan fisik. Hormon ini akan memicu timbulnya perasaan sayang dan mengasihi, meningkatkan pertumbuhan, menurunkan stres dan merelaksasi.

2. Meningkatkan rasa percaya diri ibu
Pemìjatan yang dilakukan sendiri oleh ibu akan menambah rasa percaya diri ibu dalam mengasuh anak. Jika biasanya banyak hal yang terlihat menakutkan untuk dilakukan, apalagi bagi ibu baru, seperti memandikan, menggendong, menyusui dan sebagainya, nah dengan melakukan pemijatan ini diyakini bisa mengurangi ketakutan dan kecemasan itu. Dengan ikatan batin yang semakin dekat, ibu akan lebih mudah mengetahui keinginan bayi dan dengan segera bisa memberikan respon yang tepat.

3. Membantu mewujudkan ikatan batin ayah dan bayi menjadi lebih baik
Dizaman milenial sekarang ini sudah banyak para ayah yang juga ingin mendapatkan peran lebih dalam tumbuh kembang anaknya. Biasanya bayi cenderung lebih dekat dengan ibu dari pada ayahnya. Nah pemijatan ini efektif untuk mewujudkan ikatan batin yang lebih baik antara ayah dan bayi. Ayah akan menjadi lebih hangat, lebih ekspresif dan menikmati waktu bermain bersama bayi. Bayi pun juga begitu, dia akan memberikan respon yang positif kepada sang ayah melalui kontak mata, gerakan atau suara. Ayah juga akan lebih peka dan lebih memahami mengenai perawatan bayi serta selalu berusaha melibatkan diri dalam tumbuh kembang bayi.

Bagi Bayi

1. Meningkatkan sistem pencernaan
Pemijatan mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan kemampuan penyerapan makanan bayi. Rangsangan pemijatan akan memicu saraf vagus yang kemudian akan merangsang pelepasan hormon di area gastrointestinal (penyerapan makanan). Pemijatan juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi melalui pengaturan pelepasan insulin yang membantu merubah glukosa menjadi bobot.

2. Meningkatkan kualitas dan lama tidur
Bayi membutuhkan tidur yang optimal karena sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya, kesehatan emosi dan fungsi kekebalan tubuhnya. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman bagi bayi, salah satunya dengan melakukan pemijatan yang telah terbukti mampu meningkatkan kualitas dan lamanya tidur. Penelitian menunjukkan bahwa memijat bayi sebelum tidur mampu mengatur pola tidur bayi menjadi lebih baik sehingga bayi bisa tidur lebih lama di malam hari dan lebih sedikit tidur di siang hari.

3. Membantu meningkatkan perkembangan otak
Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem syaraf yang sempurna dan akan tumbuh pesat 2-3 tahun pertama hidupnya. Rangsangan sensori yang diberikan melalui pemijatan ternyata dapat membantu pertumbuhan otak bayi untuk menjadi sempurna lebih cepat. Sel saraf yang belum berkembang sempurna pada bayi baru lahir membutuhkan lapisan myelin untuk melindungi sistem saraf dan meningkatkan komunikasi antara otak dan tubuh. Pertumbuhan myelin ini dapat ditingkatkan melalui sentuhan sehingga akan mempercepat pembentukan sel otak serta meningkatkan kemampuan komunikasi otak-tubuh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Rangsangan berupa gesekan dan tekanan yang diterima oleh bagian tubuh yang dipijat dapat meningkatkan kualitas vagal sehingga mampu meningkatkan fungsi daya tahan tubuh bayi. Selain itu rangsangan melalui pemijatan juga mampu menurunkan hormon cartisol (pemicu stres). Cartisol dikenal juga sebagai hormon perusak sel pembunuh alami.

5. Menjadikan bayi lebih bahagia
Sentuhan dapat mengurangi tangisan dan rengekan pada bayi. Dengan gerakan sentuhan yang terpola, kesehatan bayi akan lebih meningkat. Bayi yang terbiasa dipijat akan memiliki kemampuan sosial yang lebih tinggi, dapat menyapa orang lain melalui kontak mata, senyuman, suara atau gerakan tangan.

Banyak bukan manfaat yang dihasilkan melalui pemijatan pada bayi. Nggak bakalan rugi deh.

Cara memijat bayi yang lengkap dan jelas bisa dibaca di Cara Memijat Bayi. Bisa langsung dipraktekkan deh.

Semoga bermanfaat :)

Sumber : Johnson's Science of the Senses


No comments