Header Ads

Cara Menyendawakan Bayi - Disertai dengan Foto dan Video

Cara Menyendawakan Bayi - Channel YouTube "KELUARGA ARKA"
Jangan Lupa Like, Comment, Share dan Subscribe ya 😙

Menyendawakan bayi setelah menyusui sangat disarankan agar gelembung-gelembung udara yang tidak sengaja ikut masuk selama proses menyusui berlangsung dapat dikeluarkan. Ini bisa disebabkan oleh aliran ASI yang terlalu deras, pelekatan mulut bayi yang kurang sempurna atau lubang dot yang tidak sesuai dengan ďaya hisap bayi. Jika gelembung udara yang terjebak di lambung bayi ini tidak dikeluarkan, maka bayi akan merasa kembung dan tidang nyaman. Ujung-ujungnya akan rewel deh. 

Tidak mau kan itu terjadi hanya karena orang tua lupa atau malas menyendawakan bayi? Padahal caranya mudah kok, dan tidak butuh waktu lama.

Menyandarkan Bayi di Pundak Ibu/Ayah


1Cara Menyendawakan Bayi 2Cara Menyendawakan Bayi 

Gendong bayi, kemudian sandarkan kepalanya di pundak ibu/ayah. Pastikan tangan orang tua sigap menahan punggung dan kepala bayi yang belum bisa tegak dengan sempurna agar tidak terjatuh ke arah belakang. Tepuk lembut punggung bayi untuk membantu mempercepat gelambung udara naik keatas dan bayi bisa bersendawa.


Mendudukkan Bayi


1Cara Menyendawakan Bayi 2Cara Menyendawakan Bayi

Dudukkan bayi di pangkuan ibu/ayah. Sangga leher dan punggung bayi dengan tangan kiri, dan topang dagu bayi dengan tangan kanan agar tidak jatuh ke bagian depan. Tunggu beberapa saat sampai bayi bersendawa.

Menengkurapkan Bayi


1Cara Menyendawakan Bayi 2Cara Menyendawakan Bayi

3Cara Menyendawakan Bayi 4Cara Menyendawakan Bayi

Posisikan bayi tidur lurus di permukaan yang datar. Miringkan bayi, lalu tengkurapkan. Luruskan tangannya, jangan sampai terhimpit. Bantulah bayi bersendawa dengan menepuk lembut punggungnya.

Semoga bermanfaat :)






No comments