Header Ads

Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak di Wahana Bermain


Kemarin Byan main ke KidCity, loh. Seru banget, sampai-sampai Byan nggak mau pulang. Bagi teman-teman yang ingin melihat keseruan Byan di KidCity silahkan membuka video di bawah ini. 


Sesekali memanjakan anak di wahana bermain tidak apa-apa lah ya. Walaupun sekilas terlihat seperti menghamburkan uang karena masih banyak cara lain yang lebih sederhana untuk mengembangkan motorik anak. Tapi jangan salah, wahana bermain anak yang menyediakan berbagai macam permainan seru ini juga bagus kok untuk merangsang perkembangan motorik anak sembari mengajarkan berbagai hal baru. Tidak akan rugi mengeluarkan uang untuk mengisi saldo di kartu member-nya. 

Beberapa kali aku mengajak Byan bermain ke wahana bermain anak seperti Timezone, Kidcity, Amazon dan sejenisnya. Dari pada keliling-keliling di mall tidak jelas mau beli apa dan hanya bisa ngiler doang melihat tas-tas branded dari kaca depan toko, mendingan menghabiskan waktu bermain bersama anak. 

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan agar manfaat maksimal bisa dirasakan anak saat menghabiskan waktu di wahana bermain.

Biarkan Anak Memilih Permainan yang Disukai
Percayakan anak untuk berlari kesana kemari mencari permainan yang menarik baginya. Jangan memaksa permainan apa yang terbaik menurut kita, tapi malah tidak disukai anak. Dengan membiarkan dia memilih mainan kesukaannya, kita telah melatih keberanian dan kepercayaan dirinya. Kita sebagai orang tua juga bisa melihat minat dan bakatnya dari pilihan mainan anak. Misalnya jika anak lebih memilih permainan yang banyak menuntut aktifitas fisik, mungkin anak akan lebih menyukai bidang olahraga yang juga banyak membutuhkan kekuatan fisik. 

Perkenalkan Setiap Elemen yang Terdapat di Wahana Permainan
Banyak hal baru yang bisa diperkenalkan kepada anak dengan memanfaatkan wahana permainan yang ada. Misalnya wahana memancing ikan, orang tua bisa menceritakan mengenai kehidupan laut yang ada terumbu karang, berbagai jenis ikan dan luasnya lautan. Atau jika anak sedang memainkan pukul-pukul wortel yang muncul dari lubang, orang tua bisa mengajarkan bahwa wortel adalah makanan kesukaan kelici, warnanya jingga dan sering dimasak sayur sop untuk dimakan sama kita juga. Nah saat menaiki kereta api tiruan yang sering berkeliling di mall, orang tua bisa mengajak anak bernyanyi sembari kereta berkeliling. Pasti akan banyak pelajaran yang akan diingat anak karena dia menerima ilmu baru dengan cara yang menyenangkan.

Ajak Anak Berkomunikasi
Jangan acuhkan anak saat bermain walaupun dia terlihat asik. Sesekali tanyailah apakah dia lelah, apakah dia bosan, apakah dia ingin memainkan permainan yang lain atau apakah dia ingin ditemani. Tetap tunjukkan keberadaan kita didekat anak agar dia bisa bermain dengan tenang dan tidak panik jika terjadi sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.

Sesampai Di Rumah Minta Anak untuk Menceritakan Pengalamannya
Nah kalau yang ini bisa dilakukan menjelang tidur malam sebagai pengganti dongeng sebelum tidur. Tanyalah pengalaman anak mengenai keseruan dia bermain di wahana bermain. Apa saja permainan yang dimainkannya, warna bola yang dilempar, warna kereta yang dinaiki, gambar-gambar yang dilihat, tokoh kartun kesukaan yang dilihat, hal baru yang telah orang tua kenalkan dan berbagai hal lain. Ini akan melatih kemampuan bicara anak, kemampuan mendeskripsikan kejadian dan yang pastinya menambah kedekatan anak dengan orang tua.

Lumayan banyak kan manfaatnya. Jadi sesekali boleh kok membahagiakan anak dengan mengajaknya ke wahana bermain. 

Semoga bermanfaat.


No comments