Header Ads

Pantau Tumbuh Kembang Anak dengan PRIMAKU

Jujur aku lebih memilih menggunakan kemajuan teknologi dalam segala hal termasuk dalam memantau tumbuh kembang anak. Kalau dulu Kartu Menuju Sehat (KMS) selalu menjadi buku bawaan wajib saat ke posyandu karena di dalamnya terdapat sebuah grafik yang menjadi acuan baik atau tidaknya pertumbuhan anak. Tapi sekarang, dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, KMS itu sudah dirubah bentuk menjadi sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis selama si ibu menggunakan smartphone (lagian ibu milenial mana coba yang nggak pakai smartphone). Bahkan bukan hanya grafik pertumbuhan anak saja yang tersaji didalam aplikasi ini, tapi banyak lagi fitur lain yang tentunya sangat dibutuhkan oleh orang tua. Nama aplikasinya adalah PRIMAKU. Aplikasi ini disponsori oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDÀI).


Setelah yakin akan besarnya manfaat yang  diberikan aplikasi ini, silahkan unduh di PlayStore atau AppStore. Sekali lagi ini gratis ya ibu-ibu sekalian. Tinggal ketik saja PRIMAKU di kolom search, pasti langsung ketemu.


Setelah proses unduh selesai, aplikasi bisa dibuka dan silahkan melakukan registrasi terlebih dahulu. Yang diminta hanyalah alamat email dan password saja. Kemudian email verifikasi akan dikirim oleh IDAI dan tinggal meng-klik link yang diberikan.


Taraaaaa. Apliasi siap digunakan. Sebagai permulaan, ibu bisa mengisi biodata pribadi dan data anak. Yang paling aku sukai dari aplikasi ini adalah tersedianya fasilitas untuk mengisi data anak lebih dari satu orang. Jadi jangan khawatir bagi ibu-ibu yang sudah beranak dua atau lebih.


Setelah semua data yang diperlukan diisi, maka tahapan selanjutnya adalah masuk ke dalam inti dari manfaat aplikasi ini. Pilihlah tab nama anak yang diinginkan, maka dengan otomatis halaman baru yang berisikan empat menu akan terbuka. Apa saja menunya? IMUNISASI, PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN dan ARTIKEL


Dalam menu IMUNISASI terdapat jenis imunisasi yang harus diberikan pada anak sesuai dengan usianya. Jadi jangan khawatir bakalan lupa atau ragu akan jenis imunisasi yang akan diberikan kepada anak, tinggal lihat aplikasinya saja masalah terselesaikan. Ada fasilitas penambahan data jika kita telah memberikan imunisasi yang dianjurkan (maaf gambarnya masih banyak tanda seru, soalnya belum sempat input, hehe).


Selanjutnya ada menu PERTUMBUHAN, disini tersedia beberapa grafik pertumbuhan anak berdasarkan rekomendasi WHO yang pastinya sudah terpercaya dan diakui. Terdapat lima grafik yaitu Berat Badan Menurut Usia, Panjang Badan Menurut Usia, Berat Badan Menurut Panjang Badan,  Indeks Massa Tubuh untuk Usia dan Lingkar Kepala untuk Usia. Dengan memasukkan data yang diminta seperti berat badan anak, panjang badan / tinggi badan anak dan lingkar kepala anak, maka titik grafik secara otomatis akan terbentuk. Sebagai keterangan tambahan, pada bagian bawah terdapat kolom kesimpulan apakah anak dalam kondisi kurang gizi, gizi normal atau cenderung berlebih. Terdapat juga keterangan normal atau tidaknya tinggi badan anak dan lingkar kepala anak. 


Kemudian dalam menu PERKEMBANGAN, akan muncul berbagai informasi mengenai perkembangan anak sesuai dengan usianya. Terdapat juga keterangan tambahan berupa cara stimulasi yang tepat agar anak bisa berkembang dengan baik. Jadi bisa menjadi acuan apa saja perkembangan yang seharusnya bisa dicapai anak diusianya yang sekarang dan jika belum tercapai bisa dibaca cara menstimulasi yang telah dianjurkan. Bermanfaat banget deh pokoknya.


Lanjut lagi ke menu terakhir yaitu ARTIKEL. Disini tersedia berbagai artikel bermanfaat terkait dunia tumbuh kembang anak yang tentunya sangat menunjang keberhasilan orang tua dan anak dalam menjalani masa-masa emas. Jadi silahkan dibaca dengan seksama ya ibu-ibu. 

Sekian dulu review kali ini. Nggak ragu lagi kan memilih aplikasi andalan yang bisa dibawa kemana-mana karena terinstal di handphone kita. Mudah, tidak berbelit-belit, canggih, dan tentunya gratis.

Semoga bermanfaat :)


No comments