Header Ads

Kapan Harus Mengganti Ukuran Diapers Anak?


Penggunaan diapers sangat melekat dengan kehidupan orang tua dan anak. Selain mempermudah pekerjaan ibu yang tidak harus sering-sering mengganti celana atau popok kain anak yang terkena pipis atau BAB, anak pun juga terlihat lebih nyaman untuk tidur atau beraktifitas. 

Demi menjaga kenyamanan si kecil tersebut, ibu harus memperhatikan ukuran diapers yang dikenakan anak. Jangan sampai kesempitan agar gerakan anak tidak terganggu. Nah, kapankah saat yang tepat untuk mengganti ukuran diapers anak ke ukuran yang lebih besar?

Meninggalkan bekas kemerahan dibagian perut dan selangkang anak
Diapers yang elastis seperti karet akan memberikan tekanan kepada kulit anak. Jika terlalu sempit, maka jejak yang ditinggalkan akan semakin jelas dan dalam karena tekanan yang lebih kuat. Ditambah lagi dengan gesekan yang terjadi saat anak bergerak, bisa berdampak pada kemerahan bahkan lecet pada kulit anak.

Sering bocor
Ukuran yang terlalu sempit akan membuat diapers gampang bocor saat dikenakan karena tidak mampu lagi menampung pipis atau BAB anak. Ditambah lagi adanya tekanan saat anak duduk atau bergerak, kotoran yang tersimpan akan mudah tumpah keluar dan mengotori celana, baju, kasur, lantai atau area bermain anak.

Jari sulit diselipkan ke sela antara kulit anak dan diapers
Cobalah menyelipkan jari ke sela antara kulit anak dan diapers. Jika merasa kesulitan atau merasa sempit, maka sudah dipastikan diapers sudah kekecilan.

Ruam popok
Kotoran yang terlalu menempel pada kulit anak akan memperbesar kemungkinan terjadinya ruam popok. Apalagi sampai telat menggantinya jika anak BAB, bisa saja kotoran tersebut melebar ke semua bagian diapers dan memperluas area kulit yang beresiko terkena ruam popok.

Anak terlihat tidak nyaman
Jika anak masih bayi, bisa jadi dia terlihat lebih rewel dari biasanya. Menyusu pun juga akan susah karena adanya tekanan di bagian perut akibat diapers yang kekecilan. Sedangkan pada anak yang sudah lebih tua, dia terlihat sering memegangi area diapers yang terpasang dan menariknya. Dia juga terlihat susah saat jongkok atau duduk karena diapers yang digunakan kekecilan.

Semoga bermanfaat :)

Sumber :
Instagram @alodokter_id

No comments