Header Ads

MPASI Homemade atau Instan?


Saat anak hampir memasuki usia 6 bulan, banyak diantara para ibu dilema memikirkan harus memberikan MPASI homemade atau instan kepada anaknya, termasuk aku. Awalnya aku beranggapan bahwa MPASI homemade jauh lebih sehat dan padat gizi dari pada MPASI instan yang cara membuatnya hanya menyeduh dengan air panas saja. Apalagi dalam otak ini sudah terpatri bahwa yang namanya "instan", pasti tidak sehat dan penuh dengan bahan pengawet yang membuat makanan tersebut bisa bertahan  dalam waktu lama. Tapi kenapa ya ada beberapa dokter anak yang malah merekomendasikan untuk memberikan MPASI instan dibanding homemade

Ternyata pendapatku selama ini salah dan inilah penjelasan yang sebenarnya.

Dikutip dari www.idai.or.id, "MPASI komersial dibuat berdasarkan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan dunia (WHO). Ketentuan ini meliputi standar keamanan, higienitas dan kandungan nutrisinya. MPASI komersial mengandung zat pengawet yang aman bagi bayi, dibuat dengan steril dan memiliki kandungan makro dan mikronutrien yang sesuai kebutuhan bayi".

MPASI instan yang dijual di pasaran sudah dipastikan aman dikonsumsi oleh anak selama sudah terdaftar di BPOM. BPOM melakukan pengawal rantai pengolahan pangan termasuk penetapan standar dan persyaratan keamanan, mutu dan gizi MPASI, pengawasan pre-market (penilaian produk sebelum beredar termasuk palabelan) dan pengawasan post-market (selama beredar di pasaran). BPOM juga berkomitmen mewujudkan dan mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat dalam rangka ketersediaan dan keterjangkauan MPASI yang aman, bermutu, dan bergizi (www.pom.go.id). Jadi tidak sembarangan makanan instan saja layaknya makanan instan orang dewasa, sangat jauh berbeda. 

Sebenarnya, orang tua bebas memilih untuk memberikan MPASI homemade atau instan kepada anaknya, yang penting gizi anak tercukupi. Perlu diingat, walaupun orang tua mampu memberikan MPASI homemade setiap hari, tapi harus diperhatikan kandungan gizi dari bahan-bahan yang digunakan. Apakah proteinnya, karbohidratnya, seratnya atau vitamin dan zat besinya mencukupi kebutuhan anak. Jika memilih untuk membeli MPASI homemade yang banyak dijual diluaran, perlu diperhatikan juga kebersihan dan kesegaran dari bahan yang menjadi komposisinya. 

Sedangkan MPASI instan, sudah dipastikan takaran gizinya yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bahan-bahannya pun aman dikonsumsi bayi. Pengolahannya diawasi penuh oleh BPOM. 

MPASI homemade ataupun instan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika makanan instan sudah terjamin kelengkapan gizinya, tapi rasa yang disajikan tidak terlalu beragam. Beda dengan MPASI homemade, anak akan merasakan berbagai jenis rasa makanan. Orang tua juga bisa membuat menu kreatif dengan berbagai variasi bahan masakan.

Terkadang, keadaan juga sangat menentukan pilihan orang tua dalam memilih MPASI anak. Jika orang tua sibuk dan tidak sempat menyediakan MPASI homemade , atau jika dalam perjalanan yang tidak memungkinkan untuk memasak, maka MPASI instan akan sangat membantu.

Mulai sekarang jangan lagi berpikiran negatif kepada para ibu yang memberikan MPASI instan kepada anaknya ya. Mau homemade ataupun instan, semuanya baik bagi anak jika komposisinya sesuai dengan kebutuhan anak. 

Semoga bermanfaat :)

Sumber
http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/apakah-makanan-pendamping-asi-mpasi-komersil-berbahaya-buat-bayi
https://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/pers/334/MP-ASI-YANG-AMAN--BERMUTU--DAN-BERGIZI--TINGKATKAN-KUALITAS-GENERASI-MUDA-BANGSA.html


4 comments:

  1. sejujurnya aku pernah memberikan kedua MPASI tersebut kepada buah hatiku. Alhamduillah anak-anakku enjoy dan aku juga nyaman. Sepanjang, MPASI instant yang kuberikan itu disajikan dengan baik dan benar. MPASI homemade kubuat bervariasi juga, dengan tekstur mengikuti usianya. Kalau MPASI instant lebih saat aku sedang gak bisa bikin MPASI homemade atau pas sedang diperjalanan jauh yang gak memungkinkan bikin MPASI homemade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toosss sama kita mba. Aku juga nggak terlalu saklek harus homemade atau instan. Yang penting nutrisi anak tercukupi 😊

      Delete
  2. wah kalau aku pakai yg isntan banyaknya karena kadang suak agk sempet bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instan tetap oke kok mba, nutrisinya lengkap 👍

      Delete