Header Ads

Tidak Mudik saat Lebaran? Inilah 9 Hal yang Bisa Dilakukan agar Suasana Lebaran tetap Kental Terasa


Jangan sedih kalau tidak bisa mudik lebaran tahun ini. Toh masih banyak kok yang bisa dilakukan. Tidak mudik bukan berarti tidak berlebaran ya guys. Lakukanlah 9 hal ini agar suasana lebaran masih kental terasa walaupun masih berada di perantauan.

Tetap Pergi Shalat Ied Bersama Keluarga
Jangan mentang-mentang tidak pulang kampung, kita jadi tidak bersemangat untuk berbaur dengan tetangga dan melaksanakan shalat Ied bersama di lapangan atau di mesjid terdekat. Padahal inilah inti dari hari raya, yaitu melaksanakan shalat beramai-ramai dan saling bersalaman setelahnya.

Sediakan Opor Ayam, Rendang, Ketupat dan Sabal Kentang Ati di Meja Makan
Biasanya sih tinggal makan, sudah disediakan ibu di kampung. Tapi sekarang, kita harus bisa menyediakan menu ini untuk keluarga tercinta. Jika terlalu sulit untuk memasak semuanya, banyak kok catering yang menyediakan paket ketupat opor atau rendang yang siap antar. Rasanya tidak afdhol jika menu ketupat, opor, rendang dan sambal ati tidak tersedia di rumah saat lebaran.

Sediakan Kue Lebaran
Selain makanan berat, cemilan yang biasanya bercitra rasa manis ini sangat enak disantap sambil bercengkrama saat lebaran bersama keluarga. Walaupun tidak mudik dan berkumpul bersama keluarga besar, tetaplah sediakan toples berisi nastar, putri salju atau kestangel di meja tamu agar susana lebaran semakin terasa.

Video Call dengan Sanak Saudara di Kampung Halaman
Dari pada menggunakan jalur telepon biasa untuk mengucapkan maaf lahir batin kepada keluarga di kampung, lebih baik menggunakan fasilitas video call karena penggunanya yang bisa bertatap muka. Selain itu kita yang di rantau juga bisa menyaksikan suasana lebaran di kampung yang selalu bikin rindu.

Bersilaturahmi Ke Rumah Tetangga yang Masih Tersisa
Pasti selalu ada tetangga yang senasib dengan kita, tidak bisa mudik karena berbagai alasan. Berkunjunglah ke rumah mereka untuk bersalaman dan saling memaafkan agar suasa lebaran terasa lebih meriah.

Mengunjungi Event atau Pameran 
Biasanya ada saja event atau pameran yang diadakan saat lebaran. Misalnya bagi warga jakarta, ada Jakarta Fair yang tetap buka di hari lebaran. Dengan mengunjungi pameran, kita tidak akan bosan di rumah dan melalui momen lebaran begitu saja.

Berwisata
Jika mengunjung event atau pameran tidak memungkinkan untuk dilakukan atau tidak tertarik sama sekali, maka berwisata ke berbagai objek wisata bisa menjadi pilihan lain. Apalagi anak-anak, pasti akan sangat senang. Tapi carilah tempat wisata yang tidak terlalu ramai agar bisa menikmati suasana liburan dengan lebih tenanģ.

Wisata Kuliner
Mencoba berbagai menu yang dirasa menarik juga bisa dilakukan untuk mengisi libur lebaran. Tentunya rumah makan atau restoran banyak yang tetap buka saat lebaran tiba karena inilah momen yang tepat bagi mereka untuk mengais rezeki berlimpah.

Menginap di Hotel
Malas beres-beres rumah saat lebaran? Menginap di hotel bisa menjadi jawabannya. Suasana baru dan tenang akan menambah keintiman keluarga. Di hotel juga banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti kolam renang, restoran, pijat dan spa. Pilihlah hotel dengan suasana resort agar mendapatkan manfaat liburan yang maksimal.

Itulah beberapa hal yang hisa dilakukan saat lebaran walaupun tidak berkesempatan mudik ke kampung halaman. Nanti bisa jadi konten YouTube atau bahan tulisan di blog deh.

Semoga bermanfaat :)

2 comments: