Header Ads

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak saat Mudik Lebaran


Tidak mau kan anak sakit saat lebaran? Disaat harusnya semua bersuka cita karena berhasil meraih kemenangan di hari yang fitri, eh kita malah sedih karena sang buah hati terkapar tak berdaya.

Baca juga : 4 Hal yang Bisa Dilakukan jika Anak Sakit saat Lebaran

Sebelum bencana mengerikan itu terjadi, sebaiknya optimalkan usaha kita untuk menjaga daya tahan tubuh anak sebelum, saat dan setelah mudik lebaran. Apa sajakah usaha yang dapat dilakukan? 

Perhatikan Nutrisi Makanan
Walaupun banyak makanan manis yang menggugah selera terhidang di atas meja, jangan terlalu memberikan kebebasan kepada anak untuk mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika perutnya terlanjur kenyang dengan semua makanan manis tersebut, dia tidak akan berselera untuk memakan makanan bergizi yang seharusnya didahulukan untuk dikonsumsi. Orang tua perlu menyediakan makanan bergizi untuk anak walaupun sibuk dengan banyaknya tamu yang datang dan bersilaturahmi. Kualitas makanan sangat menentukan kesehatan tubuh anak.

Perbanyak Minum Air Putih
Bukan hanya makanan manis yang akan tersaji di atas meja, tapi minuman manis pun juga ada. Lebih baik menyodorkan air putih kepada anak dari pada terlalu banyak meminum minuman kemasan. Terlalu banyak rasa manis yang tertelan dan melalui tenggorokan, semakin mudah anak terserang batuk.

Istirahat yang Cukup
Memang menyenangkan bagi anak untuk bermain ditengah keramaian, apalagi ada saudara yang seumuran. Anak sangat jarang memperlihatkan rasa lelahnya karena begitu tertarik dengan dunia bermainnya. Agar anak tidak terlalu kelelahan, tidurkanlah anak seperti biasa. Kelelahan akan menurunkan daya tahan tubuhnya dan virus akan mudah menyerang.

Minum Multivitamin
Sebagai tambahan, minumkanlah multivitamin yang mampu meningkatkan daya tubuh anak setelah makan. Pilihlan multivitamin yang memang dikhususkan untuk anak.

Gunakan Essential Oil
Sebagai penjaga daya tahan tubuh dari luar, gunakanlah essential oil untuk dioles atau di diffuse. Berdasarkan pengalamanku lebaran tahun lalu, alhamdulillah Byan selalu sehat, ceria dan tidur nyenyak dengan memanfaatkan essential oil. Sesuaikan jenis oil dengan kegunaannya agar hasil yang didapatkan seperti yang diharapkan.

Itulah beberapa tips menjaga daya tahan tubuh anak selama mudik lebaran. Walaupun agak merepotkan, yang penting anak bisa selalu bermain dengan riang seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat :)


2 comments: