Header Ads

Ide Kado Lahiran Murah yang Pasti Terpakai



Bingung mau beli kado apa saat mengunjungi saudara atau teman yang baru saja melahirkan? Takutnya dibeli yang mahal-mahal malah tidak terpakai. Kan mubazir. 

Memang beberapa item hadiah yang diberikan saat aku melahirkan anak pertama dan kedua hanya menumpuk di dalam lemari saja dan tidak tahu mau diapakan. Bukannya sengaja, tapi memang ada beberapa barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan benar-benar tidak terpakai dengan berbagai alasan. Selain itu, harga yang harus dibayarkan juga menjadi salah satu yang hal yang harus dipikirkan agar tidak terlalu membebani kita saat memilih kado lahiran. Apalagi kado yang dibelikan harganya mahal, tidak terpakai pula. Kan sayang.

Nah untuk menghindari hal yang seperti ini, berikut beberapa ide kado lahiran murah dan kemungkinan besar pasti dibutuhkan bayi atau ibu

🎁 Baju Bayi

Source: www.freepik.com
Lebih baik memberikan baju bayi untuk usia 3 bulan keatas. Kenapa? Karena orang tua sudah pasti telah mempersiapkan baju bayi berukuran new born beberapa bulan sebelum melahirkan, apalagi ini adalah kelahiran anak pertama. Ditambah lagi berat badan dan tinggi badan bayi yang meningkat pesat diawal kehidupannya, baju bayi dengan ukuran new born hanya akan dipakai sebentar saja. Baju tidur atau baju rumah dengan bahan nyaman dan model yang simple lebih dibutuhkan dari pada memberikan baju bepergian dengan banyak model yang belum tentu sesuai dengan selera orang tua. Maklumlah, baju yang akan dikenakan bayi sangat dipengaruhi oleh selera orang tuanya, terutama ibu. Jadi lebih aman untuk memberikan baju berukuran lebih besar dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

🎁 Jaket

Source: www.freepik.com
Walaupun hanya digunakan disaat cuaca dingin menyerang, tapi barang yang satu ini sering lupa dipersiapkan orang tua saat menunggu kelahiran anak. Padahal bayi masih sangat sensitif dengan penurunan suhu dan harus selalu dijaga kehangatan tubuhnya. Jaket merupakan item yang mudah untuk dibawa ibu kemana-kemana demi menjaga suhu tubuh bayi. Begiku pribadi, jaket adalah barang wajib yang harus selalu dibawa saat berpergian bersama anak.

Baca juga

Etika Mengunjungi Ibu yang Baru Melahirkan
Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Melahirkan
Kenapa Sih Memilih Melahirkan secara Sesar? Inilah Beberapa Alasannya
Estimasi Biaya Persalinan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Jakarta Selatan
Prosedur Operasi Sesar/ Bedah Sesar

🎁 Kaus Kaki

Source: www.freepik.com
Mulai dari bayi sampai dewasa sekali pun, kaus kaki masih bisa dikatakan sebagai suatu barang yang selalu dibutuhkan dan pasti terpakai. Apalagi bayi yang kemana-kemana belum bisa dipakaikan sepatu atau sandal, masak iya harus bertelanjang kaki? Bayi sangat membutuhkan kaus kaki dengan jumlah yang tidak sedikit. Bukan hanya dipakai saat bepergian saja, tapi di rumah juga bisa menggunakan kaus kaki untuk memberikan kehagatan dan kenyamanan.

🎁 Kupluk/Topi Anak

Source: www.freepik.com
Kepala merupakan bagian tubuh bayi yang juga harus dijaga suhunya agar tetap hangat. Apalagi bayi dengan rambut yang tipis, pasti udara atau angin yang dingin lebih mudah menyerang kulit kepalanya. Berikanlah topi bayi yang lembut, elastis dan nyaman agar bisa dipakai lama. Topi jenis kupluk biasanya lebih mudah dipakaikan kepada bayi karena tidak mudah terlepas dan pas di kepala.

🎁 Selimut Bayi

Source: www.freepik.com
Masih dengan alasan pentingnya menjaga kehangatan tubuh bayi, memberikan selimut merupakan salah satu pilihan yang tepat. Selimut ini bisa saja dibalutkan ke tubuh bayi, atau dipakaikan saat tidur di stroller dan di rumah. Selimut bayi juga merupakan salah satu barang yang wajib dibawa saat bepergian bersama bayi. Jadi tidak ada ruginya memberikan kado berisi selimut bayi saat mengunjungi ibu pasca melahirkan.

🎁 Handuk

Source: www.freepik.com
Jarang sekali orang tua menyiapkan banyak handuk saat membeli perlengkapan bayi sebelum lahiran. Padahal saat bayi lahir, ada saja kejadian yang sering mengotori handuk dan harus mencucinya, seperti terkena pipis atau pup bayi. Handuk juga berbahan tebal sehingga membutuhkan waktu agak lama untuk kering dan siap digunakan kembali. Jadi, bayi akan sangat membutuhkan tersedianya banyak handuk bersih di lemari.

🎁 Kantong/Botol Penyimpan ASI 

Source: www.freepik.com
Menyimpan ASIP (ASI Perah) merupakan hal wajib yang dilakukan ibu pekerja yang memikiki bayi. Jika kebetulan yang dikunjungi adalah seorang ibu pekerja, maka kantong/botol ASI dan ice gel sudah pasti sangat dibutuhkan untuk membawa ASIP dari kantor ke rumah. Ibu rumah tangga pun terkadang juga mengalami kondisi dimana harus memerah ASI demi kebaikan bayi, seperti aku yang sesaat setelah melahirkan mengalami hiperlaktasi atau aliran ASI yang terlalu deras sehingga bayi susah untuk menyusu. Jadi aku harus memompa sebagian ASI sebelum menyusuinya secara langsung. ASI hasil pompa pastinya akan disimpan juga menggunakan botol/kantong ASI. Jadi tidak ada salahnya memberikan botol/kantong ASI dan ice gel kepada ibu pekerja yang sudah pasti membutuhkannya.

🎁 Cooler Bag dan Ice Gel

Source: www.google.com
Item yang satu ini juga cocok diberikan kepada ibu pekerja untuk menjaga suhu ASI selama perjalanan agar kualitasnya tidak rusak. Cooler bag dengan tambahan ice gel biasanya mampu menjaga suhu ASI agar tetap dingin hingga 24 jam lamanya. 

🎁 Mainan

Source: www.freepik.com
Pilihlah mainan yang aman digunakan anak dengan material yang bebas dari bahan berbahaya dan berstandar SNI. Ini dimaksudkan agar kesehatan bayi terjaga selama memainkannya. Biasanya mainan yang disukai bayi adalah mainan yang bisa digigit, berwarna cerah, berbunyi dan mudah digenggam.

🎁 Alas Tidur Stroller

Source: www.google.com
Tidak semua stroller bayi memiliki permukaan yang empuk dan nyaman ditiduri oleh bayi. Mungkin hampir semua orang tua memberikan alas berupa kasur tipis pada stroller sebelum menidurkan bayi mereka disana. Alas stroller ini juga memerlukan pengganti saat dicuci, jadi tidak cukup jika hanya memiliki satu saja.

🎁 Alat Makan

Source: www.freepik.com
Walaupun belum digunakan saat bayi lahir, tapi perlaatan makan pasti akan digunakan saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan. Biasanya orang tua belum mempersiapkan peralatan makan saat bayi mereka lahir. Jadi memberikan peralatan makan adalah pilihan yang tepat. Pastikan alat makan yang diberikan aman digunakan oleh bayi ya. 

🎁 Slaber/Bib Bayi

Source: www.freepik.com
Bukan hanya peralatan makan saja yang menjadi item penting saat MPASI (Makanan Pendamping ASI) dimulai. Slaber juga dibutuhkan agar makanan yang tumpah tidak mengotori baju bayi dan menambah tinggi tumpukan baju kotor. Aku pribadi lebih memilih slaber dengan bahan yang tidak menyerap air atau silikon sehingga tidak perlu repot mencucinya karena hanya perlu dibilas saja. Atau bisa juga memberikan slaber bayi untuk fashion yang bentuknya mirip dengan scraf orang dewasa. Biasanya ini digunakan untuk menyerap air liur bayi agar tidak membasahi baju.

Dengan ide-ide ini, tidak perlu lagi deh membebani diri dengan memberikan barang yang mahal seperti stroller atau bouncher demi memastikan kado yang diberikan terpakai. Selain itu tidak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam, sudah pasti barang-barang tersebut akan diperlukan bayi atau ibu.

Sebagai tambahan informasi, ada beberapa barang yang sebaiknya dihindari saat memilih kado untuk ibu yang baru melahirkan agar tidak terbuang percuma.

❌ Produk Perawatan Ibu dan Bayi

Tidak semua produk yang kita anggap cocok dan berkulitas bagus, juga berdampak sama bagi orang lain. Begitu pula dengan produk perawatan ibu dan bayi seperti suplemen pelancar ASI, sabun mandi bayi, atau krim-krim lain. Sebaiknya jangan memberikan produk sejenis ini karena belum tentu akan digunakan nantinya. Malah lebih buruknya lagi, bisa saja produk yang kita berikan memberikan dampak buruk seperti alergi atau masalah ketidak cocokan lainnya.

❌ Barang yang Dipakai sesuai Selera

Selera masing-masing orang berbeda dalam hal pemilihan warna, bentuk, atau fungsi dari suatu barang. Hindarilah memberikan kado berupa barang yang kegunaannya sesuai selera ibu atau bayi, agar tidak mubazir dan menumpuk begitu saja dalam lemari. Salah satunya adalah gendongan, ada ibu yang cocok menggunakan gendongan samping instan atau menggunakan jarik, ada juga yang lebih nyaman menggunakan gendongan kangguru, atau malah ada juga yang memilih membawa stroller atau keranjang bayi saat bepergian. Contoh lainnya tas bayi, bisa saja orang tua lebih nyaman menggunakan tas ransel dengan model lain karena lebih praktis dan modelnya hang kekinian. 

Itulah beberapa ide dan saran dalam memilih kado saat mengunjungi ibu yang baru melahirkan. 

Semoga bermanfaat :)

2 comments:

  1. handuk, baju bayi sama jaket emang kado yang kepakai banget. lumayan juga buat emaknya nggak perlu sering beli baju sampai umur anak hampir setahun. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget hahaha. Seneng kalau dapet kado yang bener-bener kita butuhin, jadi nggak perlu beli.

      Delete