2 Versi Resep Olahan Sarden Kalengan dengan Cita Rasa Berbeda

Source : freepik.com by jcomp 
Ikan sarden kalengan bisa dijadikan bahan masakan dadakan yang bergizi dan mudah diolah. Ikannya yang sudah dimasak presto membuat kita tidak perlu bersusah-susah memisahkan antara daging dan durinya. Sausnya juga beragam, mulai dari yang tidak pedas hingga yang cocok disantap bagi pencinta pedas. Apalagi mereknya, banyak sekali. Rasanya sih hampir sama, hanya saja masing-masing orang pasti punya pilihan sendiri yang dirasa paling oke dan cocok di lidah.

Aku salah satu pelanggan ikan sarden kalengan yang sangat terbantu dengan tersedianya makanan praktis ini. Biasanya aku membeli kemasan paling besar dengan pilihan saus tomat agar dapat dimakan seluruh anggota keluarga karena rasanya yang tidak pedas. Maklum, di rumah ada dua balita yang lidahnya masih risih kalau terkena makanan pedas.

Meskipun sarden kalengan bisa dimasak seadanya tanpa tambahan banyak bumbu, tapi aku tetap lebih suka jika dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang biasa digunakan untuk menyedapkan masakan secara alami. Hasilnya jadi gurih dan amisnya pun hilang.

Baca juga : 3 Resep Olahan Daging Sederhana dan Enak untuk Keluarga


Bosan dengan Bumbu Sarden Kalengan yang Rasanya Itu-itu Saja? Coba Deh 2 Variasi Resep Berikut

Memasak makanan yang bervariasi sepertinya sudah menjadi rutinitas harian seorang ibu atau istri demi menyajikan santapan sehat untuk keluarga. Bahan masakan yang sama bisa saja dimasak berkali-kali asalkan dengan bumbu dasar yang berbeda, agar tidak bosan ketika memakannya. Namun terkadang disaat-saat genting, memasak menu keluarga terpaksa harus disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersisa. Disitulah letak tantangannya, bagaimana agar bahan masakan yang seadanya itu bisa dipadu-padankan hingga menjadi masakan enak tanpa mengenyampingkan nilai gizinya.

Berikut 2 variasi resep olahan ikan sarden kalengan yang sering aku eksekusi disaat kulkas sudah hampir kosong. Dua-duanya enak. Beda bumbu, beda pula gurihnya. Namun tidak menghilangkan cita rasa khas sarden kalengan. No micin juga tentunya.


Sarden Daun Bawang Tomat

Bahan:
1 kemasan besar ikan sarden kalengan saus tomat
2 potong tahu, potong dadu kecil
1 buah kentang, potong kecil
6 siung bawang merah, iris
5 siung bawang putih, iris
2 batang daun bawang, iris besar
1 batang saledri, iris besas
Cabai merah keriting, iris serong (optional)
1 buah tomat, potong 
Saus tomat botolan secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis
Garam, gula, lada secukupnya

Cara membuat:
🌸 Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi tapi jangan sampai kecokelatan.
🌸 Masukkan tahu dan kentang. Tumis hingga bawang berubah kecokelatan. Tahu dan kentang tergoreng setengah matang.
🌸 Masukkan tomat, daun bawang, saledri dan cabai merah. Tumis sebentar hingga layu.
🌸 Masukkan sarden kalengan. Tambahkan air secukupnya agar kuah tidak terlalu kering selama proses pematangan. 
🌸 Tambahkan saus tomat botolan sesuai selera. 
🌸 Masak hingga semua bahan matang dan kuah mengental.
🌸 Tambahkan garam, gula dan lada secukupnya. Aduk dan tes rasa.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat.


Sarden Rempah-Rempah

Bahan:
1 kemasan besar sarden kalengan saus tomat
2 buah kentang, potong kecil
7 siung bawang merah, iris
6 siung bawang putih, iris 
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
1 lembar besar atau 2 lembar kecil daun salam
2 lembar daun jeruk
Cabe merah keriting, iris serong (optional)
Saus tomat botolan secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis
Garam, gula, lada

Cara membuat:
🌸 Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk dan cabai merah hingga wangi, tapi bawang belum kecokelatan.
🌸 Masukkan kentang. Tumis hingga bawang kecokelatan. Kentang sudah tergoreng setengah matang.
🌸 Masukkan sarden kalengan. Tambahkan air hingga semua bahan terendam. 
🌸 Masukkan saus tomat sesuai selera.
🌸 Masak hingga matang dan air menyusut.
🌸 Tambahkan garam, gula, lada. Aduk dan tes rasa.
🌸 Sajikan bersama nasi hangat.




Itulah dua variasi resep memasak ikan sarden kalengan. Bahan masakan instan juga bisa dimasak enak dengan tambahan bumbu-bumbu andalan yang biasanya selalu ada di dapur.

Semoga bermanfaat.


12 comments:

  1. Selama ini masak sarden, belum pernah kepikiran dicampur tahu atau kentang. Terimakasih resepnya kak. Bermanfaat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)
      Cobain deh, enak kok. Biar isinya nggak cuma ikan doang.

      Delete
  2. Aku kalo masak sarden juga ditambahin lagi bahan2 lain mba, Krn jujur ga kuat Ama amisnya :p.makanya jarang sih makan ini, aku LBH milih korned. Tp bukan berarti ga pernah masak.

    Asal ditambahin bbrp bumbu rempah dan cabe, jd enak sih memang :D. Tx resep nya, aku pgn ikutin masaknya ntr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama. Aku juga nggak kebayang makan sarden kalengan tanpa ditambahin bumbu. Amis.

      Sama-sama. Cobain deh :)

      Delete
  3. makasih banget ini resepnay sangat sederhana siapapun pasti bisa

    ReplyDelete
  4. Mah. Sarden kalengan masih ditambahin saos tomat lagi enggak keaseman kah? Karena saosnya kan udah berasa saos tomat gitu. anyway, makasih banyak resepnya, Mah, karena sarden ini andalan masak kepepet buat suamik hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di lidah aku sih nggak keaseman, Mbak. Nambahinnya juga nggak banyak kok. Biar tetap kental aja setelah ditambahkan bahan lain. Kalau cuma ditambah air doang pasti jadi encer. Nggak ditambah air juga kuahnya bakalan kurang.

      Sama-sama :)

      Delete
  5. Gak kepikiran buat nambah tahu kentang. Pengen coba ahhh

    ReplyDelete