Melihat Sisi Lain Google AdSense pada Blog, Bukan Hanya Soal Nominal!


Google AdSense menyediakan cara memperoleh uang tanpa harus mengeluarkan modal (berbayar) dari iklan yang ditayangkan pada sebuah halaman blog. Jadi para blogger bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan Google secara otomatis di blog mereka. Canggihnya, iklan yang tampil akan disesuaikan dengan kecenderungan artikel dan kriteria pengunjungnya. Pemilik blog juga bisa memilih iklan yang boleh dan tidak boleh dimunculkan. Menarik bukan? Jika viewer-nya banyak, iklan diklik, maka duit mengalir dengan otomatis. 


Namun, tulisan ini tidak akan membahas bagaimana cara mendaftar Google AdSense dan tips lulus monetisasi. Kenapa? Karena sudah banyak yang menulis tentang itu secara detail, bahkan dari Google AdSense sendiri. Lagi pula aku juga bukan ahlinya, permintaanku untuk bergabung Adsense pernah ditolak. Penghasilanku dari AdSense pun masih sangat sedikit. 


Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

_____________

Bagiku, bukan hanya penghasilan AdSense saja sumber kebahagiaan bagi seorang blogger, tapi ucapan terima kasih dari pembaca yang terselesaikan masalahnya berkat cerita yang dibagikan jauh lebih mengena.

_____________

Melalui blog, seseorang bisa menjadi manusia yang bermanfaat lewat tulisannya.


Dari pada hanya fokus dengan jumlah uang yang dihasilkan, aku lebih memilih melihat AdSense dari sudut pandang yang berbeda. Kembali lagi ke niat awal, aku memulai menulis blog karena ingin berbagi hal bermanfaat untuk orang lain. Pengalamanku sebagai ibu, parenting, kesehatan, resep atau apapun itu, selama bernilai manfaat dan memberi solusi, akan aku tulis. 


Jadi apa saja sih manfaat Google AdSense selain untuk menghasilkan uang? Berikut beberapa hal yang aku rasakan, dan disadari atau tidak, mungkin juga dirasakan oleh blogger lain.



Baca juga : Belum Pernah Menang Lomba Blog? Tenang, 5 Hadiah Ini Tetap Kamu Dapatkan




1 Tetap “Menghidupkan” Blog

Jika tempat memasang iklannya saja tidak aktif, tentu pihak yang beriklan tidak berminat untuk bekerja sama. Begitu pula halnya dengan Google AdSense selaku si pemasang iklan, pasti akan tertarik pada blog yang rajin menampilkan tulisan baru dan banyak pengunjung. Semakin banyak tulisan yang di-posting, akan semakin besar pula url blog terdeteksi oleh mesin pencari, sehingga peluang iklan akan dilihat semakin meningkat.

Berbeda dengan Youtube yang disebutkan jelas batasan subscriber dan jam tayang untuk pengajuan monetisasi, batasan jumlah artikel dan pengunjung blog tidak dijelaskan oleh AdSense.

_____________

Dari beberapa sumber atikel yang pernah aku baca, baik artikel dalam dan luar negeri, prediksinya sangat bervariasi. Jika dibuatkan range-nyaperkiraan jumlah pengunjung antara 100-250 pengunjung aktif per hari.

_____________

Sedangkan jumlah artikel, sangat disarankan sudah memiliki minimal 10-30 artikel berkualitas dengan jumlah kata minimal antara 400-600 kata

Blogger yang ingin bekerjasama dengan AdSense harus selalu aktif menulis dan memelihara situsnya dengan baik agar proses monetisasinya berjalan lancar.




2 Membuat Konten Berkualitas

Blog aktif saja tidak cukup. Google AdSense memiliki persyaratan blog dengan tulisan yang berkualitas, orisinil, unik dan menarik untuk dibaca lebih jauh oleh pengunjung. Selain itu disarankan pula untuk mengaktifkan kolom komentar agar pengunjung dapat memberi respon, baik itu pertanyaan, saran atau sekadar berterima kasih.

Bagiku pribadi, artikel yang berkualitas adalah artikel yang jelas, tidak bertele-tela serta mampu memberi minimal salah satu dari poin berikut, yaitu informasi, solusi, hiburan, edukasi atau inspirasi

_____________

Alur penulisannya harus saling berhubungan. Jangan sampai di awal membahas A, tiba-tiba saja membahas Z pada poin setelahnya. Usahakan semua poin terkait dan tidak lepas-lepas. 

_____________

Selain itu artikel juga harus terkonsep dengan baik, misalnya ditambahkan gambar, kutipan, atau editing html lain, sehingga pembaca tidak bosan dengan tulisan yang penuh dan monoton. Jika memungkinkan, lengkapi dengan infografis dan video agar pesan dapat tersampaikan dengan maksimal.

Berat bukan? Maka dari itu seorang blogger tidak cukup hanya menguasai kemampuan menulis saja, tapi kebutuhan pembaca juga harus diperhatikan. Aku pun masih terus belajar untuk menulis artikel yang lebih baik lagi agar tetap menarik dan mengikuti perkembangan. 




3 Belajar Mempercantik Blog

Persyaratan selanjutnya dari Google AdSense adalah tata letak dan navigasi blog yang baik. Bagaimanapun, sentuhan seni tetap dibutuhkan dalam desain template yang menjadi interface pembaca. Template harus enak dilihat, baik itu dari pemilihan tulisan, warna dan ornamen lainnya. Blogger juga perlu mengatur tata letak setiap komponen agar tersusun rapi, efektif dan efisien. Wajib tampilkan kolom Tentang/About beserta kontak yang bisa dihubungi. Ini menunjukkan keseriusan dari pemilik blog. Jangan gunakan wiget yang tidak diperlukan.


Blog harus memiliki menu navigasi untuk mempermudah pembaca mencari artikel yang dibutuhkan. Navigasi ini harus jelas, sederhana dan terstruktur. Pengelompokannya jangan campur aduk dan tumpang tindih. Disamping mode web, perhatikan juga tampilan mode mobile-nya, karena sekarang ini sangat banyak pembaca yang menggunakan perangkat mobile untuk mencari informasi. 


Mempercatik blog ini membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman, karena ada kode html yang akan diutak-atik. Jika mengerjakannya sendiri dirasa terlalu sulit, maka menggunakan jasa orang lain yang lebih profesional bisa menjadi pilihan. Tapi bukannya tidak mungkin untuk melakukannya sendiri. Banyak sekali tutorial terkait ini yang bisa dijadikan referensi dan dipelajari secara otodidak.




4 Mematuhi Aturan

Google AdSense tidak akan membiarkan blog yang bekerjasama dengannya untuk melanggar peraturan perundang-undangan dan kebijakan program internal mereka. Misalnya pelanggaran hak cipta dengan melakukan copy-paste tulisan orang lain, mengambil gambar tanpa menyertakan sumber, mengklik iklan sendiri dengan harapan penghasilan bertambah, menampilkan konten dewasa atau mengarahkan pengunjung ke situs lain saat iklan diklik. 


Memangnya Google bisa tahu kita ngapain saja? Pasti tahu. Tidak ada jejak digital yang bisa hilang tanpa bekas. Apalagi teknologi Google sudah sangat canggih. Mencari rekam jejak partnernya mungkin hal yang mudah. Makanya, jadilah blogger yang baik dan cerdas dengan mempelajari aturan yang ada serta mematuhinya agar terhindar dari tindak kejahatan yang tidak disadari.




5 Blog Diakui Google

Poin yang satu ini lebih kepada menjelaskan perasaanku sendiri saat menerima kabar bahwa blogku lulus monetisasi. Bahagianya tidak bisa digambarkan, karena blog yang aku kelola sendiri bisa diterima oleh Google yang notabenenya adalah penguasa dunia maya. Membayangkan betapa banyak blog lain yang mendaftar, aku menjadi salah satu yang terpilih diantara mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang ditolak hingga beberapa kali. Tampilnya iklan dari Google AdSense di halaman blogku menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena blog yang aku bangun telah sesuai dengan kriteria Google sebagai partner kerjasamanya.




6 Blog Lebih Terpercaya dan Terlihat Keren

Google saja percaya, apalagi pembaca? Semua orang bisa mem-posting apa saja di internet. Tidak sedikit konten-konten tidak bermutu yang terbaca oleh pengunjung. Apalagi konten copy-paste, sering aku temukan. Alamat URL-nya berbeda, tapi isinya sama persis tanpa dicantumkan sumber tulisan. 


Dengan adanya iklan AdSense di blog kita, secara tidak langsung memberi tahu pengunjung bahwa blog ini sudah lulus penyaringan Google sebagai blog yang berkualitas dan taat aturan. Selain itu, blog yang memiliki iklan AdSense dengan jumlah wajar, tidak mengganggu dan berhubungan dengan tema tulisan terlihat lebih keren dan lebih hidup. Tidak kalah dengan situs-situs terkenal lainnya.



Baca juga: Tips Bisa Tetap Nge-blog Meski Sibuk



Itulah beberapa manfaat dan keuntungan lain dari adanya Google AdSense pada blog. Demi lulus monetisasi, blogger harus berusaha memberikan yang terbaik untuk menampilkan blog berkualitas. Upayakan agar pengunjung merasa nyaman saat membaca dan ada pesan positif yang didapatkan.


Intinya, Google AdSense hanya memilih blog yang sesuai dengan kriterianya untuk diajak bekerjasama, dalam hal ini adalah pemasangan iklan. Kriteria ini merujuk kepada Persyaratan Kelayakan dan Kebijakan Program yang ditulis jelas dalam laman Google Bantuan (https://support.google.com/adsense/).


Mungkin banyak blog yang bisa langsung berhasil dalam satu kali pendaftaran. Tapi untukku pribadi yang harus melakukannya sendiri, dan dengan kemampuan yang pas-pasan, tentu butuh perjuangan yang tidak mudah dan tidak sebentar. Namun berkat semangat dan kerja keras, aku akhirnya bisa memonetisasi blogku. Setelah ini, mempelajari SEO agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan dari AdSense. 


Semangat, bloggers! Teruslah belajar dan berkarya!


Semoga bermanfaat.



10 comments:

  1. Mantap bund, aku juga ngeblog salah satunya karna pengin nge-share tutorial biar bermanfaat buat yang lagi mencari tutorial tersebut lewat google hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau niatnya baik, insyaAllah rezeki nyusul. Aamiin 😊

      Delete
  2. Bener Mbaaa, aku dulu waktu ngajuin adsense berkali2 tuh ganti tema karena ditolak sama google. Emang ga boleh neko-neko dan yang penting isinya jelas dan mudah buat dibaca. Setelah ganti domain dan ajuin adsense ulang bisa langsung keterima karena udah ngikutin syarat2 persis dari adsense. Rasanya emang bikin seneng banget karena kayak kata Mba 'google aja bisa percaya kok maka pembaca juga' hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Waktu ngajuin AdSense pertama dulu, nafsu banget. Blog masih ala kadarnya, tulisan juga suka-suka. Eh, bener dong langsung ditolak. Jadinya berusaha bikin yang bagus dulu. Baru berani ngajuin lagi.

      Positifnya, semangat belajar bikin konten berkualitasnya jadi keterusan sampai sekarang :D

      Delete
  3. Halo Mba, salam kenal. Perdana mampir kemari karena tertarik tulisan ini 😁

    Poin-poin yg disebutkan di atas ternyata aku rasakan juga. Walaupun awalnya pas adsense terpasang berharap bisa dapat penghasilan tambahan. Cuma emang perlu blog nya diisi dengan tulisan yg oke jugaa. Kalo kosong kan gimana mau ada yg klik iklan hhhe..

    Betul banget, ada rasa bangga juga karena Google percaya sama blog kita. Makanya kita juga perlu untuk merawat isi blog ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak. Salam kenal juga 🤗
      Bener banget. Kalau rumahnya aja nggak menarik, mana ada yang datang berkunjung. Jadi harus semangat terus mengembangkan blog, biar pengunjung banyak, dan pundi-pundi dari AdSense otomatis naik. Aamiin semoga semua blogger bisa.

      Delete
  4. Artikelnya bermanfaat banget. Makasih Mbak Novarty 🌻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Makasih juga ya Mbak sudah mampir ❤

      Delete
  5. Halo mbk, salam kenal aku juga pengen daftar google adsense tapi masih ragu. Selain trafik yg pas2an aku juga ngerasa ngga PD sama tulisanku, apakah memberi manfaat atau tidak. Habis blogku niche nya tentang hiburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak. Salam kenal juga :)

      Kalau Mbak masih ragu, coba bikin konten yang lebih bermanfaat dan informatif lagi, namun masih sesuai dengan tema blog Mbak. Misalnya ditambah dengan tips, how to, review atau solusi. Seperti kita yang sering mencari informasi apapun di internet, bahkan untuk hal yang remeh-temeh. Selama informatif, pasti bermanfaat.

      Semangat, Mbak. Pasti bisa!

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)