SUKIYA - AEON MALL BSD, TANGERANG SELATAN


SUKIYA

Aeon Mall BSD City Lantai 3 unit 348
Jalan BSD Raya Utama, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Tangerang, Banten
Jam operasional: Setiap hari, 09.00 WIB - 22.00 WIB

        


Tempat ini selalu ramai pengunjung saat jam makan siang setiap kali kami ke Aeon Mall BSD. Ini kedua kalinya kami makan di sini. Desain ruangannya sangat ramai dan meriah, dengan sisi dinding yang penuh gambar. Pembatas dengan area jalan pengunjung mall hanya menggunakan pagar rendah dengan tanaman plastik hijau diatasnya. Strategi yang bagus untuk memberi kesan lebih luas.


Mejanya tergolong rapat, makanya bisa menampung pengunjung yang banyak. Ditambah pula terdapat tumpukan tinggi kursi di beberapa sudut, menyiratkan bahwa pengunjung bisa melebihi jumlah kursi yang telah tertata. Mungkin ini alasan yang membuat Sukiya terlihat begitu penuh. Beruntung lokasinya di bagian hook, sehingga sesaknya lumayan tersamarkan jika dilihat dari luar.


Baca juga: PANCIOUS - PONDOK INDAH MALL, JAKARTA SELATAN



Mengunjungi Sukiya memang paling tepat ketika ingin makan berat. Hampir semua menunya berupa satu mangkuk atau satu piring hidangan utama yang berisi karbohidrat beserta lauknya, seperti nasi dan ramen. Porsinya juga mengenyangkan, apalagi mengambil menu paket yang berkomposisi lebih banyak. 


Sebagai informasi tambahan, daging yang digunakan untuk gyudonnya adalah 100% US Beef. Sedikit bocoran, memesan minuman green tea bisa di refill!




Set Puas Cheese Yakiniku Bowl (R) + Onion Ring + Lemon Tea IDR 52,726


Secara sederhana, menu ini merupakan rice bowl dengan beef yakiniku dan siraman saus keju diatasnya. Bagi pencinta keju, hanya dengan melihat tampilannya saja mungkin sudah menggugah selera, karena topping kejunya lumayan banyak, yaitu saus keju kuning pekat ditambah dengan parutan mozarella


Ketika disuap, rasa keju sangat mendominasi dengan teksturnya yang creamy. Manis dari yakinikunya tersamarkan, namun porsi dagingnya yang banyak sukses menonjolkan keberadaan beef di sana. Rasanya tidak terlalu neko-neko, nasi, beef yakiniku yang manis dan gurih-asin keju yang lumer di mulut. Seperti yang tertera di menu, menambahkan spicy sauce bisa menjadi pilihan untuk memperkaya rasa.


Kami memesan set menu onion ring dan ice lemon tea. Seperti kebanyakan lemon tea, rasanya sama dengan teh yang bercampur asam dari lemon. Namun onion ring-nya sedikit berbeda, potongannya sangat besar sehingga rasa bawang bombai sangat kuat ketika dimakan. Meski tergolong berpotongan besar, tepung pembalutnya tetap kriuk saat digigit. Set menu juga dilengkapi dengan salad irisan kol dengan saus mayonise.


Baca juga: CoCo ICHIBANYA - GANDARIA CITY MALL, JAKARTA SELATAN




Set Menu Japanese Egg Sauce Chicken Katsu Bowl + Gorengan PREMIUM + Miso Soup IDR 59,090 


Menu ini memiliki lebih banyak kondimen, yaitu nasi, dua potong chicken katsu ukuran sedang, siraman saus telur serta beberapa potong wortel dan brokoli. Saus telurnya adalah yang paling ditonjolkan di menu ini, dan menjadi pembeda dari chicken katsu bowl lain. Sekilas sausnya tampak seperti orak arik telur yang diaduk dalam saus kental bening. Jika dicicip tanpa dicampur yang lain, rasanya cenderung hambar.


Jika disuap dalam satu sendok dengan komponen lengkap, yaitu nasi, chicken katsu, kuah dan sayurannya, baru pas karena mendapat rasa gurih dari chicken katsunya yang kriuk. Saus telurnya menjadikan menu ini creamy yang nyaris basah karena kuah kentalnya. Pada buku menu juga direkomendasikan untuk menambahkan spicy sauce yang mungkin bisa melengkapi saus telurnya yang minim rasa.


Kami memesan set menu gorengan PREMIUM dan miso soup. Ternyata memesan soup bersama menu ini tidak cocok, mengingat saus telurnya sudah membuat makanan sedikit basah. Satu mangkuk soup hangat ini berisi kuah kaldu gurih, tiga potong tahu kecil yang lembut dan sedikit taburan daun bawang. Jika ingin menikmati miso soup, mungkin lebih enak dimakan terpisah dari menu utamanya. 


Gorengan PREMIUM terdiri dari dua buah bakso ikan, dua chikuwa japanese tempura dan satu potong chicken katsu. Ketiga gorengan ini tentu memiliki rasa yang sudah familiar, bakso ikan yang kenyal dengan rasa ikan, chikuwa japanese tempura yang merupakan fish cake dari ikan giling dan chicken katsu yang merupakan potongan daging ayam yang dibalur tepung lalu digoreng crunchy. Sama seperti menu sebelumnya, set menu ini juga dilengkapi dengan salad dari irisan kol dengan saus mayonise.




Chicken Popcorn & Fish Ball Kids Meal IDR 29,090 


Takjub dengan porsi sebanyak ini hanya dibanderol dengan harga tidak sampai 30 ribu rupiah. Terdapat satu mangkuk nasi dengan bakso ikan goreng dan chicken popcorn yang lumayan banyak, satu mangkuk miso soup, satu bungkus kecil agar-agar kemasan, satu kotak susu ukuran 125 ml dan satu buku mewarnai. Berhubung terakhir kami kesini stok buku mewarnainya kosong, maka diganti dengan satu mangkuk yakiniku beef


Fish ball memiliki rasa yang sama dengan fish ball pada umunya. Chicken popcorn yang disajikan banyak hingga menutupi semua nasi yang berada di bawah mangkuk. Rasanya gurih, berbumbu dan crunchy, kriteria makanan yang umumnya disukai anak-anak. Berhubung rice bowl-nya "kering", sangat cocok jika setiap sendoknya diberikan kuah miso soup sebelum disuap. Porsinya sangat cukup untuk anak usia hingga 10 tahun, bahkan bisa berdua untuk anak usia balita. Apalagi ditambah pula dengan semangkuk beef yakiniku gratis, tentu semakin mengenyangkan.


Setelah menghabiskan makanan utama, anak bisa menikmati satu kotak susu cokelat manis dan agar-agar kemasan yang tidak mungkin ditolak. Walaupun sudah kenyang, susu dan agar-agar kemasan ini bisa dibawa pulang untuk dimakan nanti.




Cheese Foam Matcha Latte (M) IDR 35,454


Minuman dingin dengan tambahan cheese foam sebagai topping yang sempat viral beberapa waktu lalu dan lumayan banyak penggemar ini, ternyata juga tersedia di Sukiya. Terdapat tiga varian rasa, yaitu Matcha Latte, Stawberry Milk dan Milk Tea. Kebetulan kali ini kami mencoba Matcha Latte. 


Kemasannya sudah dalam kemasan take away, tertutup rapat dengan plastik pada bagian atasnya. Gradasi warnanya sangat menarik, putih dari susu pada bagian bawah, hijau dari matcha pada bagian tengah, dan kuning muda dari cheese foam pada bagian atas. Namun sayangnya cheese foam tidak terlalu banyak, jadi hanya terlihat seperti lapisan tipis saja.


Ternyata rasanya memang terlihat seperti tampilannya, rasa matcha mangalahkan rasa keju yang seharusnya menjadi primadona. Mungkin jika cheese foam-nya diberi lebih banyak lagi, atau rasa matcha-nya sedikit lebih dilembutkan, rasa kejunya akan menguat.


__________ 



Sukiya memungkinkan dikunjungi oleh keluarga dengan membawa serta anak, karena tersedianya baby chair. Sukiya juga memungkinkan dikunjungi dalam jumlah orang yang banyak karena mejanya pun sangat banyak. Hanya saja banyaknya meja makan ini membuat Sukiya menjadi sangat penuh dan riuh, apalagi ketika ramai sesak oleh pengunjung.


Spesialnya, Sukiya menyediakan tombol bel untuk memanggil pramusaji ketika hendak memesan atau membutuhkan sesuatu, jadi tidak perlu mengangkat tangan dan berteriak-teriak agar terdengar.


Dalam masa pandemi Covid-19, tentu sangat dibutuhkan penerapan protokol kesehatan disemua tempat, khususnya tempat makan. Pengecekan suhu tubuh pengunjung, tersedianya hand sanitizer di kasir, serta pramusaji yang menggunakan masker dan face shield sudah diterapkan. Sayangnya protokol lain seperti menjaga jarak duduk lumayan terabaikan. Selain itu masih digunakannya menu berbentuk buku juga berisiko menularkan virus, ditengah tempat makan lain yang sudah menerapkan menu barcode.


Pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau kartu, Shopee Pay, OVO, BCA Flazz, GoPay dan ePASS.


Baca juga: RAMEN YA! - GANDARIA CITY MALL, JAKARTA SELATAN


__________


Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)