Nostalgia Sambil Mengasah Otak dengan Solitaire, Sekarang Mainnya Bisa Online dan Gratis!

Game Solitaire

Saya masih ingat kenangan ketika berusia sekitar 10 tahun, sekolah hanya sampai jam 10 pagi, dan saat pulang selalu mampir ke kantor orang tua yang berjarak beberapa ratus meter saja. Aktifitas yang saya lakukan sudah pasti memainkan game di komputer sampai jam istirahat siang. Spider solitaire adalah salah satu game klasik bawaan Windows XP yang waktu itu sangat popular. Bukan hanya saya, bahkan orang tua saya pun juga memainkannya.


Identik dengan susunan kartu remi dan aturan main yang sederhana. Namun bagi saya yang masih berusia belia, menyelesaikan misi permainan tentu menjadi tantangan tersendiri. Ajaibnya, walau susah dan lebih sering kalahnya dari pada menangnya, saya tetap betah berjam-jam menatap layar komputer dan terus berupaya keras menuntaskannya. Bahkan Solitaire masih saya mainkan hingga memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Ada yang sama juga seperti saya?                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Solitaire Masih Ada! Kini Bisa Dimainkan Secara Online

Sejak pandemi, game manjadi salah satu solusi penghilang bosan yang paling mujarab. Namun dari banyaknya pilihan game modern dengan visual yang ciamik, saya tetap mencari game sederhana namun tetap mengasah otak. Beberapa kali mencoba memainkan game kekinian yang berjenis petualangan atau berlevel hingga ratusan, saya menjadi sering kebablasan dan melewatkan tanggung jawab yang seharusnya diprioritaskan.


Tidak heran bila saya mengingat game jadul yang hanya melakukan satu misi tanpa perlu dihadapkan dengan level yang saling bersambung. Kalau sudah menang, berarti sudah tamat. Bila ingin lanjut main, tinggal ulang lagi dari awal. Tidak perlu penasaran dengan level-level selanjutnya yang membuat saya lupa diri.


Kebutuhan game simpel inilah yang membawa saya mulai mencari informasi mengenai Spider Solitaire yang sering saya mainkan dulu. Mungkin sudah lebih dari 10 tahun saya tidak lagi melihat deretan kartu remi untuk disusun pada game Solitaire. Awalnya saya tidak berekspektasi terlalu tinggi, bila Solitaire sudah tidak tersedia lagi, paling tidak saya bisa menemukan game serupa. 


Tapi ternyata Solitaire masih ada, lo! Malah bisa diakses secara online dan dimainkan pada perangkat lain selain komputer atau laptop. Jadi makin leluasa main kapan saja.


Wah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Disaat saya butuh game sederhana yang mengasah otak, Solitaire hadir di depan mata dengan kemasan yang menurut saya lebih modern tanpa meninggalkan citra lamanya. Susunan reminya, animasi gerakannya sound-nya, bahkan warnanya masih tampak sama. Kalau sampai bertahan sejauh ini, berarti bukan hanya saya saja yang ingin bernostalgia. Pasti masih banyak yang mengemarinya. 



Apa Sih Serunya Main Solitaire?

Game Online Solitaire

Bagi yang belum pernah mencoba main Solitaire, pasti bertanya-tanya, apa sih serunya menyusun remi doang? Sekadar informasi, Solitaire ini sudah berusia 30 tahun dan menurut Microsoft masih ada 35 juta pengguna yang aktif memainkannya setiap bulan. Kalau tidak seru, tidak mungkin puluhan juta orang itu tercatat dalam data.


Menurut saya pribadi, ada beberapa keseruan yang membuat saya masih antusias memainkan Solitaire saat dulu dan beberapa waktu belakangan ini.


1. Cara Main yang Sederhana

Menurut sejarah Solitaire yang saya baca, sebenarnya game ini diciptakan untuk membantu pengguna komputer agar lebih lihai menggerakkan mouse. Cukup dengan melakukan klik, drag dan drop kartu remi sesuai perintahnya. Tidak perlu menggunakan keyboard sama sekali. 


2. Mengasah Otak

Meski hanya menyusun kartu remi, namun jangan salah, menyelesikan permainan juga butuh strategi. Salah strategi, bisa-bisa kekalahan menanti. Misalnya ketika mengurutkan kartu sesuai angkanya dengan beberapa kartu bantuan yang bisa digunakan apabila tidak ada lagi kartu terbuka yang dapat diurut. Kalau saja salah membuka kartu dan menempatkannya di bagian yang tidak tepat, bisa saja kartu bantuan ini habis terpakai sedangkan permainan belum selesai. Siap-siap saja untuk kalah.


3. Tidak Membuat Kecanduan

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, Solitaire yang tidak memiliki level menjadi kelebihan tersendiri untuk saya yang membutuhkan game sebatas untuk peredam bosan dan stres. Sekali main, langsung tamat. Jadi saya tidak perlu takut kecanduan karena penasaran dengan tantangan di level selanjutnya.


4. Sekarang Bisa Dimainkan Secara Online, GRATIS!

Dulu internet belum sejaya sekarang, Solitaire hanya bisa dimainkan melalui komputer yang terinstal Windows. Tapi kini Solitaire tersedia versi online-nya, yaitu di solitaire.org. Jadi bisa dimainkan kapan saja dan menggunakan perangkat apa saja.


Saya sendiri lebih sering bermain di tablet kesayangan. Selama terkoneksi ke jaringan Internet, pasti bisa memainkannya dengan lancar. Aksesnya cepat, tidak perlu loading lama atau tersendat-sendat. Terdapat pula instruksi yang jelas agar pengguna baru mengerti aturan mainnya, bahkan ada juga yang dilengkapi video demonstrasi. Jangan khawatir pula dengan iklan-iklan yang suka mengganggu pada situs-situs online, Solitaire bersih dari iklan sehingga nyaman sekali bagi pengguna.


5. Permainannya Lebih Lengkap

Berbeda dengan versi jadul yang saya mainkan ketika kecil dulu, Solitaire sekarang tidak hanya terbatas pada game klasik dan Spider Solitaire saja. Namun sudah tersedia beberapa pilihan game yang bisa membuat pengguna semakin bebas memilih. Yang paling membuat saya suka adalah hampir semua game baru ini tetap mengandalkan kesederhanaan instruksi permainan, namun masih mengasah otak.


Ketika membuka laman awal Solitaire, mungkin hanya tampak tujuh permainan pada menu. Padahal ini hanya permainan intinya saja, lo? Jika ingin bereksplorasi dengan lebih banyak permainan lagi, coba deh scroll lebih ke bawah, nanti akan tampak ratusan game yang dikelompokkan dalam beberapa kategori. Berikut kategori tersebut yang sengaja saya cantumkan dengan URL-nya agar bisa langsung dilihat dan dimainkan.

🌸 Logic Puzzle Games : solitaire.org/logic-puzzle-games/
🌸 Word Games : solitaire.org/word-games/
🌸 Mahjong Games : solitaire.org/mahjong-games/
🌸 Hidden Object Games : solitaire.org/hidden-object-games/
🌸 Card Games : solitaire.org/card-games/
🌸 Math 3 Games : solitaire.org/match-3-games/
🌸 Free Online Games : solitaire.org/free-online-games/


Dalam kategori game yang semakin dikembangkan Solitaire ini sudah banyak yang tidak lagi berpatok hanya kepada kartu remi. Misalnya ketik saya mencoba memainkan salah satu game dari kategori Hidden Object Games yaitu Hidden Princess. Secara visual jauh lebih kaya warna dan permainanya butuh ketelitian untuk mencari benda-benda kecil tersembunyi. Kemudian saya juga memainkan Zuma Ball dari kategori Math 3 Games. Memang asyik menembakkan bola tepat di kelompok warna yang sama. Ada juga Letter Scramble dari kategori Free Online Games yang cocok sekali untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris. 


Game Solitaire
Hidden Princess (kiri), Zuma Ball (tengah), Letter Scramble (kanan)
Bayangkan, dalam satu website tersedia permainan sebanyak ini! Saya pun awalnya tidak menyangka bahwa Solitaire akan menyediakan game di luar kartu remi. Ternyata memang kebutuhan pasar menjadi tujuan utama, tidak heran kalau Solitaire terus menambah game-geme koleksinya dan berhasil menarik pengguna yang lebih luas.

Teman-teman sudah mencoba semua kategori Solitaire atau malah baru tahu nih? 



Favorit Saya Pyramid dan Tripeaks          

Setelah mengetahui bahwa Solitaire bisa diakses secara online dan menyediakan lebih banyak jenis permainan, saya bersemangat sekali mencoba berbagai game dari semua kategori. Tapi bagaimanapun menariknya game-game lain tersebut, tetap saja game inti atau utama dengan remi-reminya menjadi yang paling seru untuk saya mainkan. Nah, ini dia dua game Solitaire yang paling sering saya mainkan.

Pyramid Solitaire

Pyramid Solitaire

Ini adalah yang paling saya sukai karena memberi suasana segar dari Solitaire. Tetap mengandalkan klik sebagai inputan utama. Saya hanya perlu menjumlahkan kartu yang tersedia pada bagian bawah dengan kartu yang tersedia pada pada pyramid hingga berjumlah 13. Bila jumlahnya memang 13, maka pasangan kartu tersebut gugur. Saya harus membuka seluruh kartu yang tertutup agar memenangkan permainan.

Kadang ada kartu terbuka yang memiliki angka sama. Pilihan saya menentukan kartu tertutup mana yang selanjutnya akan terbuka. Kalau salah, bisa jadi saya kalah. 

Tantangan lebih seolah diberikan oleh tampilan waktu bermain yang sengaja dibuat besar pada bagian atas untuk menjadi pengingat sekaligus target yang hendak dikalahkan pada kemenangan selanjutnya. Misalnya sekarang saya menang dalam waktu 5 menit, maka di permainan berikutnya saya harus bisa lebih cepat dari itu. Semangat untuk memecahkan rekor sendiri makin terpacu! 

Sederhana sekali bukan? Namun jangan sampai meremehkannya karena tetap saja butuh strategi dan kemampuan membaca peluang agar bisa menang. 


Tripeaks Solitaire

Tripeaks Solitaire

Alasannya hampir sama, ini game baru Solitaire yang juga baru saya mainkan setelah puluhan tahun. Masih mengandalkan kartu remi, saya harus menghabiskan semua kartu dengan cara mencari pasangan kartu yang ada pada bagian bawah. Syarat pasangannya harus memiliki angka satu tingkat di atas atau satu tingkat di bawahnya. Kartu yang berhasil dipasangkan akan gugur, sehingga lama-kelaman kartu semakin sedikit lalu habis.

Kembali lagi ke penyusunan strategi untuk memilih kartu, otak saya perlu menentukan ketepatannya. Kalau slaah, bisa-bisa tidak ada kartu lagi yang akan terbuka.Ujung-ujungnya pasti kalah.

Tripeaks juga menampilkan waktu bermain, jadi saya tidak bisa bertele-tele dan berpikir terlalu lama. Entah kenapa game yang memperlihatkan waktu seperti ini terasa lebih seru dan menantang. Saya jadi ingin lebih cepat bermain sebagai pembuktian bahwa saya dapat berpikir cerdas.

Walau hanya klik-klik saja, terlihat sederhana, saya sering kalah, lo! Makanya saya masih betah memainkannya agar dapat formula yang pas untuk menang. 



Kalau ditanya urutan selanjutnya, mungkin saya akan menjawab Mahjong. Bukan karena saya sering menang, namun saya lebih sering kalahnya karena keburu pusing melihat begitu banyak gambar kecil yang harus saya pasangkan. Saya kadang suka kesal ketika tumpukan mahjog itu harus dipilih sesuai tingkatannya. Bila ada yang menghalangi di atasnya, maka mahjong tidak bisa di-klik

Mahjong Solitaire
Mahjong, butuh konsentrasi untuk menyelesaikannya

Seru, bukan? Solitaire versi sekarang sangat menjawab kebutuhan game masa kini. Pilihannya lebih banyak dan semuanya seru. Bisa pula diakses secara online dan tentunya gratis. Siapa sih yang tidak senang diberikan game gratis? Apalagi yang sudah familiar karena pernah dimainkan ketika kecil dulu.

Masih bingung mau main game apa selama di rumah atau waktu senggang? 
Solitaire saja!

Terkadang game sederhana dan klasik lebih berhasil menyegarkan pikiran.

Solitaire mana favoritmu? Yuk, share di kolom komentar!


2 comments:

  1. Waaaah aku seneeeng ada linknya semuaaaa :D. Jadi ga susah mau cari gamesnya. Aku kalo Solitaire paling sukabyg Klondike dan piramid mba. Yg lainnya aku agak lupa cara mainnya, atau ada juga yg blm familier. Hrs dipelajari dulu :D.

    Naaah trus fav selanjutnya paling suka mahjong hahahaha. Itu seru sih. Walopun mata suka siwer yeee liat gambarnya yg kecil2 itu :p. Tapi memang seru aja. Apalagi kalo mainnya sambil tanding bareng suami :p. Yg kalah hukumannya mijit hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka yang games utama Solitaire, Mbak. Sudah berkembang jauh sekarang. Terakhir main mah waktu masih muda belia. Mentok di Spider Solitaire doang.

      Waaah, boleh juga tuh buat ide main Solitaire bareng suami hahaha

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)