Belajar dan Berkarya dengan Tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 Inch, Gadget Praktis Alternatif Laptop

Tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 Inchi

"Mbak, kamu kapan sih nulisnya? Aku saja baru buka laptop, anak-anak langsung datang ikutan mencet-mencet keyboard. Padahal sengaja beli laptop biar bisa belajar nulis."


Berbicara masalah produktivitas di rumah, saya teringat akan masalah seorang teman yang juga ingin aktif menulis blog. Namun sayangnya, dia merasa terkendala dengan waktu menulis yang terbatas. Mengasuh dua balita sepanjang hari, sering kali menghancurkan jadwal-jadwal yang telah ia susun sempurna.


Ini bukan masalah ketersediaan waktu, namun disebabkan oleh pemilihan gadget yang kurang tepat. 


Kondisi saya bisa dibilang nyaris sama. Mengurus dua anak dan setumpuk tugas rumah tangga. Saya punya jadwal, teman saya pun menyusun jadwal. Lalu kenapa eksekusinya bisa berbeda? Saya yakin, gadget kami lah titik pembedanya. Saya menggunakan tablet sebagai alternatif laptop.



Keunggulan Samsung Galaxy Tab S2 8 Inch yang Dukung Fleksibilitas Kerja

Tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 Inchi

Sudah lebih dari lima tahun tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 inch menemani saya belajar banyak hal. Gadget inilah saksi utama kisah from zero to hero ala saya. Hampir seluruh karya saya lahir dari tablet ini. Dulu saya hanya menulis suka-suka, kini sudah jauh memperhatikan kaidah. Skill lain yang selama ini terkubur pun akhirnya ikut tergali. 

Di tengah banyaknya variasi gadget, saya memilih tablet bukan tanpa alasan. Pemakaiannya yang jauh lebih ringkas memungkinkan saya untuk belajar kapan saja, walau hanya beberapa menit di sela tanggung jawab utama sebagai ibu rumah tangga. Spesifikasinya pun sangat mumpuni untuk memfasilitasi aktivitas saya yang lebih banyak menulis blog, mencari referensi di Internet, membuat desain grafis sederhana, konten media sosial dan sesekali belajar membuat ilustrasi.


Saya pernah membandingkan kenyamanan pemakaian pada tiga jenis gadget berbeda, yaitu laptop, smartphone dan tablet. Tetap saja, tabletlah yang paling pas. Keunggulan berikut inilah yang menjadi alasan kenapa tablet, dalam hal ini Samsung Galaxy Tab S2 8 Inch, berhasil mendukung proses belajar saya. 


1. Cara Pakai Praktis

Cara menggunakan tablet sama dengan smartphone. Menyala selama baterai masih ada, membuat tablet bisa langsung digunakan kapan saja. Touchscreen-nya juga memudahkan saya melakukan segala sesuatu dengan cepat. Ini sangat menguntungkan bagi saya yang seringnya mencuri-curi waktu untuk belajar dan berkarya. 

  

2. Ukuran yang Pas

Ukuran Tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 Inch jelas lebih lebar dari smartphone dan lebih kecil dari laptop. Dimensinya 198.6 x 134.8 x 5.6 mm, pas ketika dipegang dan jelas ketika dilihat. Layarnya berjenis Super AMOLED dengan 16 juta warna dan tingkat kerapatan hingga 320 ppi, sehingga mampu menampilkan warna yang cukup tajam. Saya menjadi lebih leluasa mengerjakan banyak tugas, terutama menulis artikel ribuan kata serta menggambar dan desain yang memadupadankan banyak warna. Selain itu, bobotnya hanya sekitar 272 gram saja, tentu lebih unggul dari sisi portabilitas. 


3. Memiliki Fungsi Menyerupai Laptop

Tablet bisa dikatakan versi mini dari laptop. Samsung Galaxy Tab S2 memiliki prosesor tangguh, yaitu kombinasi CPU Octa Core 1.9 GHz dan GPU Mali-T760 MP6. Hampir semua task-task umum yang dilakukan dengan laptop, juga bisa dikerjakan dengan tablet ini. Malah instal aplikasinya lebih mudah, tanpa pusing memikirkan produck key


Dalam hal media penyimpanan, Samsung Galaxy Tab S2 sudah dilengkapi RAM 3 GB. Makanya ketika membuka banyak aplikasi sekaligus, tidak ada proses loading lama atau nge-lag. Kebetulam memori internal tablet saya 32 GB, termasuk pilihan yang paling kecil. Namun ini sudah sangat cukup untuk menyimpan banyak gambar, foto dan beberapa video singkat tanpa memberatkan kinerja tablet. 


Sebagai gambaran, berikut aplikasi yang rutin saya gunakan dan tidak ada masalah hingga detik ini.

Google Chrome untuk menulis blog dan mencari referensi. Saya bisa membuka lebih dari dua puluh tab sekaligus.

Canva dan Cut+Mix Studio untuk membuat desain grafis dan editing foto sebagai pelengkap tulisan dan konten media sosial.

MediBang Paint untuk belajar membuat ilustrasi.


4. Baterainya Tahan Seharian

Ukuran tablet yang lebih lebar pasti diimbangi pula dengan kapasitas baterai yang lebih besar dibanding smartphone. Namum spesifikasi tablet tidak sekompleks laptop, sehingga baterai tablet bisa bertahan lebih lama. Tablet Samsung Galaxy Tab S2 8 Inch memiliki baterai Li-Ion 4000 mAh. Saya bisa menggunakan tablet seharian penuh tanpa perlu mengisi ulang daya. Awet banget!


5. Koneksi dan Komunikasi Aman

Biasanya saya menggunakan Wi-Fi selama di rumah dan paket data ketika ke luar rumah. Ini juga menjadi kelebihan tablet, selain mampu menangkap sinyal Wi-Fi dengan baik, tersedia pula slot untuk SIM card yang memungkinkan tablet tetap terkoneksi ke Internet walau di luar jangkauan sinyal Wi-Fi. Selain itu, saya masih bisa menelepon atau berkirim pesan layaknya menggunakan smartphone.


6. Bersosial Selancar Smartphone

Saya bebas menginstal banyak sekali aplikasi chatting, media sosial atau media komunikasi digital lain. Bila dibandingkan dengan laptop, tentu ini menjadi keunggulan luar biasa. Apalagi saya juga harus aktif bermedia sosial untuk keperluan branding, memenuhi ketentuan kerjasama atau mendapatkan berbagai informasi terkait writing, blogging dan desain. Jadi saya tidak perlu berganti gadget untuk mengunggah karya apa pun yang saya kerjakan dalam tablet. Setiap hari saya aktif menggunakan WhatsApp, Gmail, Facebook, Instagram, dan Twitter.  Bila digabungkan dengan aplikasi belajar saya yang telah disebutkan sebelumnya, masih tetap lancar jaya.


All in one, semua bisa dilakukan dalam satu perangkat. Mungkin saya tidak akan berada di titik sekarang tanpa tablet. Kemampuan menulis saya jauh membaik, job-job mulai berdatangan dikarenakan blog tanpa putus dikelola, serta banyak ilmu dan keterampilan yang saya dapatkan setelah bertahun-tahun mengandalkan kepraktisan dan kelengkapan fungsi dari tablet. 


Terbukti bahwa memilih gadget yang tepat dapat memaksimalkan aktivitas dan produktivitas. Masih yakin mau asal beli?



Spesifikasi Bukan Iklan

Spesifikasi dan review gadget di Carisinyal

Flashback ke masa di mana saya kebingungan memilih gadget, berkali-kali suami menyuruh saya mempelajari spesifikasi. "Spesifikasi itu ditulis buat bantu konsumen untuk memilih, bukan iklan doang!" Itulah pesan yang tidak akan saya lupa, karena berkatnya saya bisa menjatuhkan pilihan pada gadget yang tepat. 


Agar tidak salah membeli gadget, kuncinya adalah menyesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi. Jadi tentukan dulu pekerjaan yang hendak dilakukan, baru memilih gadget yang menunjang pekerjaan tersebut. Perhatikan pula kekurangan yang mungkin ada, jangan sampai kekurangan itu merupakan kebutuhan utama. 


Misalnya Tablet Samsung Galaxy Tab S2 ini memiliki kamera standar, yaitu 2.1 MP untuk kamrea depan dan 8 MP untuk kamera belakang tanpa LED Flash. Berbagai review menilai bahwa ini merupakan kekurangan Samsung Galaxy Tab S2 sebagai tablet kelas menengah. Bukannya saya tidak tahu, malah sebelum membeli saya sudah mempertimbangkan. Berhubung saya terbiasa memotret dan merekam video dengan kamera khusus, kemungkinan besar saya tidak akan menggunakan kemera tablet untuk dokumentasi. Makanya tidak akan jadi masalah.


Tanpa mempelajari spesifikasi dan aktif membaca review, mungkin saya tidak akan sedetail ini menganalisa gadget sebelum membeli. Makanya saya sangat menganjurkan untuk mengetahui, memahami dan mempertimbangkan spesifikasi bagi teman-teman yang berencana membeli gadget. Tentunya harus dari sumber tepercaya, ya.


Nah, dari pada pusing memilih dan memilah jutaan website ber-niche teknologi, mending langsung meluncur saja ke Carisinyal. Tidak perlu membuka banyak website, Carisinyal sudah menyediakan informasi berkualitas dan super lengkap, mulai dari smartphone, laptop, aplikasi, game, dan berbagai informasi dari dunia teknologi lainnya. Pembahasannya pun detail, ada spesifikasi, harga, review, tips dan trik serta rekomendasi gadget terkini. Terdapat pula kolom percari dan fitur filter untuk memudahkan pengguna mencari gadget yang lebih spesifik.

Carisinyal

Yuk, pastikan membeli gadget sesuai kebutuhan agar tidak rugi dari sisi finansial dan produktifitas. Langsung cek informasinya di Carisinyal.com.


Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)