Sosok Pahlawan yang Mengubah Haluan

No comments

Kontes Blog Super Bercerita

Tidak salah bila mengartikan pahlawan sebagai tokoh yang berjasa untuk bangsa dan negara. Sejak masih belia, kita memang diperkenalkan dengan sosok pahlawan nasional yang bahkan nama dan wajahnya sudah hafal dalam kepala. Tapi sadarkah bahwa ternyata banyak sekali orang-orang berharaga di sekitar kita yang keberadaannya terkadang luput dari makna pahlawan?


Bagi saya, pahlawan bukan hanya yang mengorbankan diri dalam peperangan. Atau yang namanya tercatat dalam buku sejarah dengan sepak terjang luar biasa demi memperjuangkan kemerdekaan. Namun, mereka yang saya anggap pahlawan adalah mereka yang bisa memberi perubahan positif, baik itu untuk kehidupan manusia, lingkungan atau hal lainnya. Tidak peduli besar atau kecil, berdampak untuk satu negara atau hanya satu orang, asal kehadirannya bermakna besar dalam suatu hal, maka mereka layak disebut pahlawan.



Supporter Terbaik! Pendamping Hidup yang Tak Membiarkan Istrinya Redup

Bukan karena memenuhi semua kebutuhan hidup saya dan keluarga. Atau cinta kasih yang tiada tara (*eaaaa). Namun, ada alasan khusus kenapa suami menjadi sosok yang sangat berjasa dalam mengubah satu hal dalam hidup saya. Ya, hanya satu, namun memutar haluan nyaris 180 derajat. Satu hal besar yang saya sebut tujuan.


Sebelumnya, tujuan hidup yang saya pikirkan hanyalah menjadi manusia biasa yang hidup mainstream seperti manusia biasa. Sekolah, kuliah, bekerja, menikah dan berkeluarga, Hanya itu. Menjalani kehidupan seperti air mengalir yang saya artikan sebagai sebuah tujuan. Tidak ada motivasi selain ingin menjalani kehidupan yang dianggap normal bagi kebanyakan orang. 


Memang hal itu terwujud. Namun sayangnya, di tengah menikmati kehidupan normal yang ditargetkan dulu, takdir membanting setir yang sedang saya kemudikan. Tepat setelah kelahiran anak pertama, saya memutuskan resign dari PNS dan memilih menjadi ibu rumah tangga. Hampir semua keluarga menentang. Bahkan mereka yang sebelumnya tidak pernah bertegur sapa, tiba-tiba turut berkomentar. Sedangkan saya, jatuh terpuruk tanpa harapan. Terjebak dalam kontra yang menganggap bahwa saya terlalu naif.


Disaat semua meremehkan, hingga saya pun tak lagi merasa berharga, hanya suami yang menggembar-gemborkan bahwa saya pasti menemukan peluang di jalan lain. Beliau percaya saya bisa, walau saya tak berpikir serupa.


Meski butuh waktu lama dan perjuangan yang tidak mudah, saya bersyukur sekali sampai di titik sekarang. Titik yang tanpa dukungan suami, pasti tidak akan saya capai. Mungkin masih terlihat begitu kecil. Saya menjadi blogger dengan penghasilan yang belum pasti, sesekali membuat video YouTube dengan subscriber yang masih ratusan atau menerbitkan beberapa buku antologi yang ber-ISBN. Namun, hal yang dianggap kecil itu merupakan pencapaian terbesar di sepanjang hidup saya.


Sosok pahlawan
Menulis menjadi tujuan baru yang tercipta berkat dukungan dan apresiasi suami

Suami tak keberatan bila harus berbagi tugas mengasuh anak dan mengemasi rumah, demi memberi ruang untuk saya menyelesaikan beberapa tulisan. Beliau juga selalu rela menunda keperluannya apabila ada webinar atau kelas daring yang harus saya ikuti. Lelaki ini jugalah yang pasti berada di baris terdepan untuk mengapresiasi setiap karya yang saya hasilkan. Bahkan dengan semangat mempromosikan blog dan buku antologi saya di media sosial, grup chatting atau teman-temannya. Apresiasi yang berhasil membuat saya semangat menghasilkan karya-karya selanjutnya.


Berkat besarnya kepercayaan yang diberikan suami akan kemampuan yang saya sendiri tak menyadari, saya sadar bahwa memiliki kehidupan yang mainstream, bukanlah tujuan yang saya dambakan. Itu hanyalah sebuah cara untuk sekadar cari aman. Aman dari tuntutan atau penghakiman orang lain. Buktinya, setelah saya memantapkan diri untuk meraih mimpi menjadi blogger dan penulis profesional, rasanya jauh lebih membahagiakan.


Saya tidak peduli harus begadang hampir setiap malam. Terlalu lelah membagi waktu dengan urusan anak dan rumah tangga. Bahkan di saat orang lain menganggap perjuangan saya tidak berarti, tak pernah sedikit pun membuat langkah saya terhenti. Tak pernah menyangka saya akan memiliki kekuatan sebesar ini.


Andai dukungan ini tak ada, mungkin saya tak akan menjadi apa-apa. Hanya bisa pasrah menerima keadaan dibalik daster dan tumpukan piring kotor tanpa hasrat mengembangkan diri atau beraktivitas produktif.


Terima kasih, pendamping hidup yang tak pernah membiarkan saya redup. Sekeras saya berusaha mematikan lampu harapan, sekeras itu pula beliau menyalakannya kembali.


***


Sosok pahlawan yang saya ambil dari circle kehidupan terkecil ini merupakan bukti bahwa banyak sekali peran luar biasa yang sering kali dianggap biasa. Karena saking dekatnya. Tak jarang terlambat menyadari ketika peran itu sudah tak lagi di rasa. 



Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

Lomba blog
Gambar: Aplikasi Super

Cerita saya hanyalah satu dari jutaan pahlawan yang ada di sekitar kita. Penghargaan atas perjuangan mereka untuk membawa manfaat dan perubahan positif bisa kita beri dalam bentuk tulisan yang menginspirasi. Bayangkan betapa bahagianya mereka atas apresiasi yang kita berikan, sehingga sosok kepahlawanan mereka bisa dibaca oleh banyak orang.


Nah, dari pada disimpan sendiri, ceritakan sosok pahlawan versi teman-teman, yuk. Pas banget nih, Aplikasi Super kembali menggelar Kontes Blog Super Bercerita dengan tema #KadoUntukPahlawan. Jadi, para blogger bebas mengangkat kisah apa saja dari para pahlawan yang ada di sekitar. Beberapa poin yang bisa dituliskan adalah sebagai berikut.

  1. Profil dari sosok yang dianggap layak disebut sebagai pahlawan.
  2. Alasan mengapa sosok tersebut layak disebut sebagai pahlawan.
  3. Harapan dan "kado yang ingin diberikan untuk sosok pahlawan yang dipilih.


Hadiah yang menanti tidak main-main, lo! Penulis cerita terbaik dalam Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah jutaan rupiah.

Juara 1 : Rp 2.000.000,-

Juara 2: Rp 1.000.000,-

Juara 3: Rp 500.000,-

5 Juara Umum @ Rp 200.000,-

Bonus 30 Submission pertama @ Rp 50.000,-


Bukan hanya untuk pemenang, Aplikasi Super juga akan mewujudkan keinginan untuk memberi hadiah atau kado kepada sosok pahlawan yang diceritakan. Ini merupakan bentuk dari sebuah penghargaan dan apresiasi terhadap sosok-sosok pahlawan yang di sekitar kita.


Sebagai peserta kontes, blogger juga akan mendapatkan e-sertifikat, mini course dan webinar bersama narasumber ternama. Seperti pada Kontes Blog Super Bercerita #MenulisUntukIndonesia tahun lalu, Aplikasi Super menghadirkan Maman Suherman dan Ivan Lanin sebagai narasumber webinarnya! Kurang greget apa coba? Pastinya, sayang banget untuk dilewatkan.


Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan ini akan berlangsung pada tanggal 4 April – 5 Juni 2022


Syarat Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

  1. Peserta WAJIB melakukan pendaftaran melalui link berikut: bit.ly/formsuperbercerita
  2. Usia website/blog minimal 2 bulan
  3. WAJIB follow instagram @aplikasisuper
  4. Intisari artikel WAJIB diunggah di feed instagram dengan mention dan tag @aplikasisuper
  5. Artikel WAJIB memberikan link ke homepage https://superapp.id/
  6. Link artikel yang sudah jadi WAJIB submit artikel di: bit.ly/submitsuperbercerita


Ketentuan Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

  1. Kontestan DILARANG menyalin artikel dari platform maupun kontestan lain.
  2. Artikel tidak mengandung unsur pornografi, SARA, muatan politik atau tindakan yang melanggar hukum.
  3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di manapun sebelumnya.
  4. Posting artikel HANYA di website/blog pribadi.
  5. Kontestan DIPERBOLEHKAN membuat lebih dari satu artikel dengan cerita yang berbeda. Semakin banyak artikel yang dibuat, semakin besar kesempatan untuk menjadi pemenang.
  6. Kontestan TIDAK DIPERBOLEHKAN menggunakan platform user-generated blog seperti Kompasiana, IDNTimes Community, Hipwee Community dll.
  7. Pajak hadiah ditanggung pemenang.
  8. Panitia berhak mendiskualifikasi kontestan apabila melanggar syarat & ketentuan yang telah ditetapkan.
  9. Keputusan juri MUTLAK dan tidak bisa diganggu gugat.
  10. Pemenang akan diumumkan melalui blog dan Instagram SUPER.
  11. Bagi kontestan yang install dan memberikan rating bintang 5 & komentar positif tentang Aplikasi SUPER di Playstore akan menjadi nilai plus.
  12. Kontes blog ini GRATIS, tidak dipungut biaya apa pun. Jadi, buat kamu yang hobi nulis di blog, yuk segera daftar dan submit karya terbaik kamu!


Bila ada pertanyaan seputar kontes blog ini, silakan hubungi tim SUPER melalui email:

robertus@nusantara.technology

nabila@nusantara.technology

WhatsApp: +62 818-0409-0199


Bagaimana, menarik sekali, 'kan? Kapan lagi bisa memberi apresiasi kepada sosok pahlawan dengan kesempatan mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan keuntungan lain yang tak kalah istimewa. Yuk, ceritakan sosok pahlawan yang ada disekitar kita. 


Ingat, setiap kisah inspiratif, akan membuka peluang lahirnya sosok baru yang inspiratif pula. Mana tau salah satunya melalui tulisan kita. 

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)