Pengalaman Ngecat dengan Nippon Satin Glo: Bebas Bau dan Tidak Khawatir Lagi Anak Coret-coret Dinding

No comments
Pengalaman mengecat rumah dengan Nippon Paint

Sudah enam tahun sejak saya dan suami menempati salah satu unit di rusunawa ini. Awalnya berdua, sekarang sudah berlipat jadi empat. Mulanya dinding rumah putih bersih, kini sudah entah berantah bentuknya. Coretan anak di mana-mana, belum lagi yang mengelupas karena bekas tempelan solasi dekorasi ulang tahun. 

Beberapa bulan belakangan, saya kepikiran untuk memberi suasana berbeda di rumah ini. Inginnya mengecat ulang dengan beberapa warna berbeda. Selain untuk membersihkan kembali dinding yang sudah tak karuan, saya juga berharap variasi warna ini bisa memberi suasana baru. 

Apalagi sejak pandemi, semua aktivitas bisa dilakukan di rumah selama berhari-hari. Supaya tidak jenuh, pilihan warna yang tepat pasti akan memberi energi tertentu. Warna bukan lagi sebatas dekorasi, namun juga ada pertimbangan aspek psikologis di dalamnya.


Kenapa Memilih Hijau?

Cat dinding hijau untuk kesan bahagia dan segar

Harus hijau banget, ya? Kan banyak warna lain yang lebih familiar dipakai orang.
Ya, karena warna ini spesial bagi saya. Bukannya tanpa makna, banyak alasan kenapa saya yakin memilih warna hijau muda nan pekat sebagai warna pembuka dari pemasangan wajah baru di hunian kami.

Pertama, melengkapi kekurangan hunian kami yang tidak memiliki halaman. Saya pun juga bukan ibu yang hobi bercocok tanam. Jadi tidak ada nuansa hijau menyegarkan sama sekali yang ada di rumah kami. Makanya saya yakin untuk memindahkan kesegaran dari tanaman ke dinding saja.

Kedua, saya memiliki masalah mata, yaitu Computer Vision Syndrom. Mata saya rentan sakit dan juga berimbas hingga ke kepala apabila terlalu lama menatap perangkat berlayar. Sedangkan pekerjaan saya hampir 100 % dikerjakan di depan layar. Meski begitu, saya bisa menyiasatinya dengan mengalihkan penglihatan setiap 20 menit ke objek lain. Rekomendasinya tentu saya kepada sesuatu yang berwarna hijau. Kalau satu sisi dinding full saya cat dengan warna hijau, pasti akan sangat membantu.

Ketiga, mengidamkan susana teduh. Beberapa orang menganggap warna yang saya pilih terlalu gelap. Tapi bagi saya, ini bukan gelap, melainkan teduh. Saya menginginkan warna hijau yang memberi kesan bahwa saya sedang berteduh di bawah banyak pepohonan rindang setelah berpanas-panasan. Saya amat menyukai momen ini. Nah, warna hijau muda yang sedikit pekat inilah yang paling tepat.

Keempat, nostalgia ke rumah orang tua semasa remaja. Dulu, seluruh dinding di rumah lama orang tua saya berwarna hijau. Main di gradasi saja. Bahkan gorden hingga seprei tempat tidur pun berwarna serupa. Ini menjadi alasan terakhir kanapa saya sangat yakin memilih hijau, yaitu untuk membangkitkan kenyamanan yang sama di rumah saya sekarang meski tidak lagi tinggal bersama orang tua. Ah, rindu sekali rasanya.

Bagi saya, memilih warna untuk hunian harus direncnakan dan jelas ingin membuat kesan seperti apa. Karena rumah adalah tujuan kita untuk pulang dan melepaskan segala kepenatan, berkumpul bersama keluarga, serta melakukan berbagai aktivitas. Tidak peduli warna itu anti-mainstream, yang penting sesuai dengan kebutuhan penghuninya.


Setelah Pilah Pilih, Saya Mantap dengan Nippon Satin Glo

Mitra10 Bintaro
Mitra10 Bintaro
Kita tidak mungkin mengecat rumah sering-sering. Bahkan sekali setahun pun belum tentu. Makanya saya selektif sekali dalam memilih cat. Yang jelas, merek cat harus menyediakan warna yang saya cari, awet dan hasilnya bagus. 

Saya langsung menuju Mitra10, sebagai toko yang diakui lebih lengkap menyediakan cat berbagai warna dan ukuran. Karena ingin mendapatkan yang terbaik, tentu lebih baik pula mencarinya ke tempat terlengkap. Ini pertama kalinya saya ke Mitra10. Benar saja, tokonya besar sekali. Banyak merek cat tersedia di sini. Lengkap dengan SPG-nya masing-masing. Jadi bebas mau bertanya dan berkonsultasi. 

Saking bingungnya mau memilih yang mana, berbekal pengetahuan sederhana mengenai cat Nippon Paint yang kebetulan saya miliki, otomatis saya fokus bertanya tentang Nippon Paint. Pas juga dilayani oleh SPG Nippon Paint yang ramah. 

Konsultasi dengan SPG Nippon Paint
Konsultasi dengan SPG Nippon Paint di Mitra10 Bintaro
Pembuka perbincangan kami adalah ketersediaan warna hijau teduh yang saya inginkan. Kebetulan warna hijau tersebut, yang lebih tepatnya disebut Hijau Klepon, ada dan masuk dalam Tema Tropical pada Tren Warna Ramadan (TWR) 2022 yang dihadirkan oleh Nippon Paint, bertema Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri. Dimaksudkan untuk mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadan dengan lebih optimis.

Memang warna hijau banyak dijadikan dekorasi utama dalam nuansa Ramadan dan lebaran. Karena selama Ramadan dan Idul Fitri, akan menjadi momen berkumpulnya keluarga. Makanya warna hijau yang secara psikologis memberi dampak semangat dan bahagia, menjadi salah satu warna favorit. Wah, padahal dulu saya pikir karena hijau adalah satu warna kesenangan Nabi Muhammad SAW dan identik dengan warna ketupat, hehe.

Ada juga nih warna Monochrome, seperti putih, abu-abu dan hitam, yang memberi kesan bersih, sederhana dan murni. Efek psikologis bisa memberikan kesan syahdu, tenang dan tentunya clean. Ruangan akan tampak lebih bersih, luas dan simple. Pemberian aksen tema monokrom, menambah ketegasan dan nuansa baru agar ruangan terasa lebih hidup.

Satu lagi yang tak kalah digemari, yaitu warna Warm, seperti pink muda atau krem, yang secara psikologis akan memberi ketenangan, hangat dan intimate. Kesan yang ditimbulkan kental dengan kehangatan, sehingga ruangan terasa lebih tenang dan nyaman.

Silakan dipilih warna yang berdampak psikologis postif ini sesuai kebutuhan. Karena bagi saya, warna dinding rumah sangat menentukan "rasa"  apa yang hadir di dalamnya.

Next, ternyata Nippon Paint ini juga banyak sekali produknya. Untuk dinding rumah saja, beberapa di antaranya ada Nippon Satin Glo, Nippon Spot-less, Flaw-less, Nippon Weatherbond Solareflect dan Nippon Bee Brand 1000. Tentu di setiap jenisnya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Makanya tanpa ragu saya menjelaskan kondisi rumah saya yang memiliki anak kecil, cat ini rencananya akan diaplikasikan dalam ruangan, serta saya sangat mengutamakan kualitas agar hasilnya maksimal dan awet.

Lalu, direkomendasikanlah Nippon Satin Glo dengan kode warna SHENANIGAN-NP BGG1652A. Yas! Ini memang warna yang saya incar!

Warna saja tentu tidak cukup. Saya harus tahu dulu apa keunggulan Nippon Satin Glo dan seberapa besar menjawab kebutuhan saya. Saya diberikan pamflet sembari dijelaskan keunggulan-keunggulan tersebut. Biar lebih jelas, saya tulis dalam poin-poin saja.
  • Fungsi utama Nippon Paint Satin Glo adalah daya tutupnya sangat baik, anti jamur dan ati lumut, serta mudah dibersihkan dengan ketahanan sikat yang sangat baik. Jadi kalau nanti anak-anak saya mencoret dinding dengan krayon, pensil atau spidol whiteboard, bisa dihapus dengan mudah. Bahkan Satin Glo ini bisa dijadikan sebagai cat papan tulis. Emak-emak dijamin langsung berbinar deh kalau tahu ada cat yang bisa begini. 
  • Soal keramahan lingkungan, Nippon Satin Glo sudah mengantongi Green Label Singapore, sangat rendah bau, sangat rendah VOC, 100% bebas dari APEO, 100% bebas dari logam berat dan 100% bebas formaldehida. Sebagai ibu yang harus mengutamakan kesehatan dan keamanan keluarga, terutama anak-anak yang masih kecil, ini tentu menjadi kabar baik. 
  • Keunggulan lainnya adalah warna yang bisa dikreasikan (makanya warna hijau royo-royo keinginan saya tersedia), warna tahan lama, anti kelupas dan tidak mudah mengapur, serta mudah diaplikasikan dan cepat kering. Kalau dari penjelsan yang saya terima, Nippon Satin Glo hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk kering sentuh dan 2 jam untuk kering keras. Jadi enggak wanti-wanti lagi bakal mengenai tangan anak yang suka tidak sabaran
  • Hasil akhir yang diberikan lebih mengkilap dan halus. 
  • Berbahan dasar air, jadi tidak perlu membeli pelarut khusus, pakai air saja bisa.

Sebanyak itu, guys! Entah kenapa saya merasa bahagia karena tidak membutuhkan waktu lama menemukan cat yang cocok. 

Oiya, itu hanya yang disandingkan dengan kebutuhan saya saja. Ada lagi lo keunggulan Nippon Paint untuk keseluruhan jenis produknya. Tak kalah wow

Selain tema Ramadan ini, Nippon Paint memiliki 10.000 warna pilihan. Pokoknya jangan khawatir untuk memilih warna yang anti-mainstream.

Nippon Paint juga memberikan garansi produk serta warna 100% akurat dan konsisten. Tidak perlu khawatir warna tiba-tiba berubah saat diaplikasikan.

Dan yang paling penting, produk Nippon Paint telah didistribusikan luas di lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke ada. Tidak berlebihan bila mengungkapkan Di mana-mana pakai Nippon Paint.

Setelah melakukan pemesanan, saya baru tahu kalau beberapa warna cat yang khusus seperti hijau teduh pilihan saya ini, dibuatkan langsung setelah dipesan. Ada alatnya di sana, namanya alat tinting. Saya pun bisa melihat bagaimana proses pencampuran ini. Ada warna putih, jingga dan beberapa warna lain yang dicampurkan dalam ember cat. Setelah volumenya mencapai 2,5 Liter, sesuai dengan pesanan saya, maka cat tersebut diputar cepat agar warna tercampur merata. 

Alat tinting Nippon Paint
Alat tinting Nippon Paint di Mitra10 Bintaro
Ilmu baru juga nih buat saya. Tidak semua cat dibuat dan dikemas di pabrik, namun di toko-toko cat seperti Mita10 ini juga punya mesin sendiri untuk mengkombinasikan warna. Pantas saja warna cat bisa banyak banget.

Oiya, untuk harganya,, 2,5 Liter Nippon Satin Glo dengan kode warna SHENANIGAN-NP BG1652A adalah Rp 348.000,-. Untung saat itu diskon 10%, jadi lebih murah deh.


Proses Mengecat Dinding Rumah

Inilah proses intinya. Setelah mendapatkan cat yang sesuai dengan kebutuhan saya, saatnya mengekseskusi. Mari kita buktikan apakah keunggulan Nippon Satin Glo ini sesuai dengan kenyataanya. 

Saat membeli cat kemarin, saya sempat menanyakan urutan mengecat dinding rumah dengan Nippon Satin Glo. Maklum, saya ibu-ibu yang belum berpengalamn mengecat dan sok ingin melakukannya sendiri. Langkahnya, bersihkan dulu dindingnya, lalu cat dua kali agar hasil maksimal. Pencampuran air 20% saja dari cat. Tapi setelah membaca label pada ember cat, ternyata boleh juga tanpa dicampur air. Lebih kental, tentu menutupnya lebih sempurna.

1. Bersihkan Dinding

Bersihkan dinding
Bersihkan dinding sebelum mengecat
Seharusnya kan diamplas dulu, didempul dulu dan diberi cat dasar dulu. Tapi karena saya menilai dinding saya masih baik-baik saja, paling hanya ada coretan anak-anak dan bekas solasi, maka saya hanya membersihkan seadanya saja. Yang penting tidak ada kotoran yang menempel.

Jangan lupa beri solasi kertas pada batas-batas tertentu, seperti pada bagian tepi colokan atau switch lampu, serta bagian sudut dinding bila hanya ingin mengecat satu sisi saja. Ini agar hasilnya nanti lebih rapi. Dan satu lagi, wajib mengalas lantai di sekitar dinding dengan koran agar tetesan cat tidak mengotori lantai.

2. Proses Pengecatan Tahap Pertama

Pengecatan pertama
Proses pengecatan tahap pertama
Alat yang saya gunakan hanya kuas lebar dan tempat menaruh cat. Karena tidak melakukan pencampuran, saya langsung tuang saja. Kemudian saya celupkan bagian ujung kuas ke dalam cat dan mulai dioles-oleh ke dinding.

Awalnya saya mengecat sembarangan. Ternyata jauh lebih baik memulainya dari bagian atas. Agar bila tetesan jatuh ke bawah dan mengenai dinding, bisa dirapikan saat mengecat pada bagian bawahnya. Utamakan bagian sisi tengah dulu, baru nanti terakhir di bagian-bagian tepi yang membutuhkan kehati-hatian agar tidak mengenai bagian lain yang tidak masuk area pengecatan.

Perlu beberapa kali menguas agar warna merata. Karena tidak mencampur cat dengan air, maka dinding saya lebih cepat tertutup rapat. Namun karena ini masih di bagian awal, maka masih ada bagian yang belum sempurna warnanya. Tidak apa, masih ada nanti sesi kedua yang akan memaksimalkan.

Tunggu sampai kering keras, yaitu dua jam, sebelum melakukan pengecatan tahap kedua. Ini saran dari Mbak SPG Nippon Paint. 

Selepas 20 menit, saya juga membuktikan apa yang saya dengar di Mitra10 kemarin. Cat memang sudah kering saat disentuh. Secepat itu, ya.

Hasil pengecatan pertama
Hasil pengecatan tahap pertama
Tahu enggak, apa yang membuat saya semakin jatuh cinta dengan Nippon Satin Glo ini? Benar-benar enggak berbau. Sampai saya coba untuk mengecat di bawah AC karena gerah, dengan menutup pintu dan jendela tentunya, tetap tidak ada bau, lo. 

Merasa beruntung karena di awal pengecatan rumah ini saya memilih Nippon Paint!

Sip, sesi pengecatan pertama selesai. Untung saja rumah saya tidak beratap terlalu tinggi, jadi mengandalkan meja saja cukup untuk mengecat bagian atas. Ternyata emak-emak juga bisa ngecat!

3. Proses Pengecatan Tahap Kedua

Proses pengecatan kedua
Proses pengecatan tahap kedua
Sebenarnya di tahap kedua ini hanya mengulang apa yang saya lakukan di pengecatan tahap pertama tadi. Hasilnya memang jauh lebih bagus dan menutup sempurna. Warna merata di seluruh permukaan dinding. 

Taraaa... akhirnya dinding rumah saya sudah memiliki penampilan baru. Jangan buru-buru membuka solasi kertas, nanti saja. Kemasi dulu cat, atau kalau ada sisa, masukkan kembali ke embernya. Tutup rapat agar tidak kering. Jangan lupa, rendam kuas dan wadah cat dengan air. Leyeh-leyeh sebentar dulu, jadi nanti saja cuci-cucinya.

Hasil pengecatan kedua
Hasil pengecatan tahap kedua
Ada kejutan lagi nih saat saya mencuci tangan. Berhubung tidak menggunakan sarung tangan karena lupa beli, saya berpikir bakal susah membersihkan tangan setelah mengecat. Ternyata gampang, lo! Cuma digosok-gosok sebentar doang, langsung bersih. Mungkin karena water-based kali, ya. 

***

Kualitas cat tentu menentukan seberapa berkualitas pula hasilnya. Sejauh ini saya sangat suka dengan Nippon Satin Glo. Kalau saya boleh menyarankan, memang lebih baik tidak mencampurnya dengan air agar hasilnya maksimal. 

Nah, bagaimana hasil kering kerasnya setelah pengecatan tahap kedua? 


Hasilnya Bikin Nagih Ngecat Lagi!

Setelah mengecat, saya menemani anak tidur siang dulu. Pas sekali dua jam. Jadi, bangun-bangun sudah siap melakukan penilaian. Sejauh mana keunggulan Nippon Satin Glo terbukti setelah pengecatan selesai sesuai rekomendasi, yaitu dua kali.

Warna Akurat

Warna Nippon Paint akurat
Warna di pamflet dan aslinya sama
Pantas saja Nippon Paint berani memberi garansi warna 100% akurat. Ternyata warna yang saya lihat di pamflet, di ember cat dan di dinding setelah diaplikasikan, semuanya sama. Enggak ada melenceng sama sekali. Bisa dilihat kan di foto kalau kode warna cat pilihan saya yang ada di pamflet sama persis dengan yang ada di dinding?. 

Ada Kesan Kilau dan Halus saat Disentuh

Kesan kilau setelah dicat
Kesan kilau setelah dicat dengan Nippon Satin Glo
Dari awal saya sudah diinformasikan oleh SPG Nippon Paint bahwa keunggulan Nippon Satin Glo adalah kilauan dan kehalusannya. Lagi-lagi ini terbukti. Bila dibandingkan dengan dinding bercat lama saya, hijau ini memang berkilau saat terkena cahaya lampu. Namun bukan kilau yang lebay, tapi kilaunya pas tidak berlebihan. Dan saat disentuh, terasa sangat halus. Jadi seperti bukan dinding yang kesat dan kalau digaruk pakai kuku ada parutan cat yang nyangkut (mainan saya waktu SD ini). Hasil cat Nippon Satin Glo lebih tertutup rapat dan sangat halus. Seperti ada lapisannya gitu.

Diendus Bagaimanapun Tetap Tak Berbau

Mulai dari awal pengecatan, memang tidak ada bau yang saya khawatirkan akan mengganggu anak-anak. Begitu pula setelah pengecatan selesai, tetap tidak menyisakan bau. Saya sudah mengendus dekat-dekat, benar-benar bebas bau, Jadi mau mengecat kapan pun dan kondisi rumah bagaimanapun, baik untuk rumah yang banyak jendela dengan sirkulasi udara baik, hingga rumah yang tak banyak udara bebas, tetap bisa nyaman mengecat berkat Nippon Paint.

Warna Merata dan Menutupi Sempurna 

Warna merata dan daya tutup baik
Zoom dinding setelah dicat dengan Nippon Satin Glo
Tidak butuh tenaga profesional dan pengalaman kalau mengecat rumahnya pakai Nippon Satin Glo. Saya yang ibu-ibu saja bisa mengecat dengan hasil yang sangat memuaskan. Ini tentu karena pemilihan cat yang memang sudah berkualitas. Warna yang dihasilkan merata dan menutup celah dinding dengan sempurna. Bekas coretan dan bekas solasi sebelumnya tidak terlihat lagi. Ini sangat terlihat setelah dua kali pengecatan seperti yang direkomendasikan. Saat kering sentuh juga sudah terlihat kok.

Coretan Bisa Dibersihkan

Coretan di dinding bisa dibersihkan
Coretan di dinding bisa dibersihkan dengan mudah
Inilah yang paling spesial. Perkembangan bukan hanya di dunia digital saja, namun juga di dunia cat. Siapa sangka sekarang mencoret-coret dinding bukan lagi masalah? Nippon Satin Glo membuat dinding rumah saya tidak lagi terancam oleh coretan anak-anak. Tanpa perlu bersusah payah melarang mereka bereksplorasi, saya bisa menjaga dinding agar tetap bersih. Biarkan saja dicoret-coret, setalah itu dihapus saja dengan tisu atau spon basah.

Saya menguji dengan krayon putih dan kuning. Awalnya agak deg-degan karena takut nanti tidak bisa dihapus. Eh, ternyata cukup dilap pakai tisu basah saja langsung cling! Wah, pokonya top deh Nippon Satin Glo. Saya sarankan sekali bagi orang tua yang punya anak kecil dan sedang aktif-aktifnya coret dinding, cat saja dindingnya dengan Nippon Satin Glo. Jadikan seluruh dinding berfungsi layaknya papan tulis! Anak senang, kita tenang.

***

Masih banyak bagian dinding yang ingin saya cat. Sudah pasti akan membeli Nippon Paint lagi. Saya mah orangnya anti ribet. Kalau sudah ketemu yang cocok dan puas dengan produk tersebut, saya tidak akan membuang tenaga untuk mencoba-coba. 

Ditambah lagi saya bisa mengecat sendiri berkat bantuan Nippon Satin Glo yang berkualitas jempol. Jadi bikin ketagihan mengecat rumah. Kemarin saja, suami berkali-kali menawarkan bantuan, tapi saya tetap kekeh melakukannya sendiri karena hasil yang saya dapatkan begitu baik. Mungkin next kalau dinding yang akan dicat lebih luas, memang harus dikerjakan bareng suami.

Hebatnya Nippon Paint yang Serba Bisa
Hebatnya Nippon Paint Solusi Total Untuk Segala Pengecatan

Bila teman-teman berencana mengecat rumah dalam waktu dekat dan tertarik juga mencoba produk Nippon Paint, bisa sekali menghubungi WhatsApp Care Nippon Paint untuk konsultasi pengecatan/produk lebih lanjut, atau gunakan layanan Colour Scheme Service untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. GRATIS!

WhatsApp Care Nippon Paint: 0811-1283-028

Colour Scheme Service:
  1. Isi formulir online dengan lengkap di http://bit.ly/FormCS
  2. Kirimkan foto ruangan dengan ukuran minimal 2 Mb.
  3. Pihak Nippon Paint akan mengirimkan 3 alternatif kombinasi warna.
  4. Bisa melakukan 1 kali revisi apabila ada perubahan warna.
  5. Hasil visualisasi akan didapatkan melalui email dalam jangka waktu 5 hari kerja.

Berkat pengalaman mengecat dengan Nippon Satin Glo, saya menyimpulkan bahwa pemilihan cat yang tepat akan menentukan kemudahan proses pengecatannya dan sebaik apa hasilnya. Carilah referensi terlebih dahulu, jangan malu untuk banyak bertanya dan utarakan saja kebutuhan kita. Nanti SPG pasti akan memberi rekomendasi yang paling cocok. Dan satu lagi, dengan Nippon Paint, kita bisa bebas memilih warna. Jadi lebih leluasa menentukan warna apa yang paling sesuai untuk hunian, baik dari sisi selera maupun psikologis.

Selamat mengecat rumah untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri.
Hebatnya Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna.
Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)