Anak Tidak Mau Makan Nasi? Rice Cooker Berdesain Imut dari Cosmos Bisa Jadi Solusi

4 comments

Sebagai ibu dua anak yang mengasuh mereka full 24 jam, asam-garam dunia makan anak yang lebih sering penuh drama, sudah kenyang saya alami. Bahkan, anak pertama saya GTM bertahun-tahun! Bukan lagi hitungan hari atau minggu seperti kasus GTM anak pada umumnya.

Tidak bisa diungkapkan lagi betapa stresnya saya.


Review rice cooker Cosmos Fabelia

Salah satu yang paling bikin sebal, dan itu terkadang masih terjadi sampai sekarang saat usia anak-anak sudah 5 tahun dan 3 tahun, adalah sulitnya menyuapi mereka nasi. Enggak enak katanya. Padahal lauknya sudah dibuatkan atau dibelikan sesuai apa yang diminta, tapi tetap saja makannya bertele-tele. Kan saya jadi bete.


Ternyata, ada lo penyebab anak tidak mau makan nasi yang diungkapkan oleh pakar. Dan itu bukan terjadi pada anak saya saja. Kira-kira apa ya penyebabnya? Lalu, bagaimana mengatasinya?


Dan yang paling penting, apa hubungannya dengan rice cooker berdesain imut dari Cosmos yang saya tuliskan pada judul? 

Baca sampai selesai, ya. Semua lengkap saya tulis. 


Baca juga: 3 Tahun Anakku Susah Makan, Ternyata Ini Penyebabnya


Penyebab Anak Tidak Mau Makan Nasi

Penyebab anak tidak mau makan

Sebenarnya anak yang tidak mau makan nasi bukan berarti dia tidak suka nasi, tetapi anak dalam fase picky eater atau pilih-pilih makanan. Ya, memilih makanan adalah fase umum yang dilalui anak dalam tumbuh kembangnya. Tidak ada hubungannya dengan terlalu manja, terlalu menuruti kehendak anak, atau komentar miring lainnya. 


Anak pilih-pilih makanan itu NORMAL. Termasuk saat anak bilang tidak mau makan nasi. Namanya saja fase, pasti akan terlalui. Jadi hanya sementara. 


Ini disampaikan jelas dalam artikel yang saya baca di hellosehat.com, yang mengutip dari Healthy Children. Jadi, salah satu penyebab anak tidak mau makan nasi adalah kerena anak sedang dalam tahap memilih makanan. Di usia balita, anak sudah bisa mengenal mana makanan yang dia suka dan tidak. Ini akan berubah sesuai keinginannya. Bisa selama berminggu-minggu, maunya makan menu yang sama saja dan menolak beberapa jenis makanan. 


Kita saja yang sudah dewasa, pasti ada masa malas makan nasi juga kan? Nah, sama. Anak-anak pun merasakan hal serupa. Sederhananya begitu kesimpulan saya.


Berarti solusinya tetap menantang kreativitas orang tua agar anak mau makan nasi. Bila saat itu tidak suka, memancing seleranya dengan carayang tepat, pasti akan membantu.  



Pemilihan Alat Makan Pengaruhi Selera Makan

Desain alat makan

Saya setuju bahwa banyak sekali bahan makanan lain sebagai alternatif nasi, seperti kentang, roti, ubi, pasta, mie atau labu. Tetapi, memasak dengan variasi menu yang bukan menjadi kebiasaan makan saya dan suami, cukup melelahkan. Makanan pokok kita, orang Indonesia, ya nasi. Terserah mau dibilang jadul atau kampungan, rasanya nasi tidak mungkin akan saya singkirkan dalam hidup anak saya, hanya karena dia menolak makan nasi. 


Tahu cara apa yang paling efektif memancing selera anak untuk makan selain mengganti bahan makanannya? Yaitu mengganti peralatan makannya!


Bukan asal bicara. Saya membuktikan ini di anak saya yang pertama dan kedua. Hanya dengan mengganti sendok, tiba-tiba saja dia mau makan. Hanya dengan mengganti piring makan, eh langsung ludes beberapa menit. Bahkan saat saya masak dengan panci baru yang berwarna, berkali-kali minta dipanggangkan roti dengan panci tersebut. Padahal rasanya sama saja. 


Ternyata ini juga ada penelitiannya, lo! Mengutip dari food.detik.com, warna dan gambar di piring makan bisa memengaruhi porsi makan dan membangkitkan selera makan. Pembuktian ini dilakukan oleh beberapa tim ahli dari New York dan Indonesia. Studi lebih baru lagi oleh Cornell University, dengan melibatkan anak-anak sulit makan, memberikan piring warna-warni dapat menarik perhatian mereka dan mereka cenderung makan lebih banyak. Meski disajikan makanan sehat seperti brokoli dan ikan. 


Pantas saja anak saya langsung lahap saat mengganti sendok dan piring. Ternyata memang terbukti melalui penelitan dan studi yang dilakukan oleh ahli. Alih-alih memaksa masak kreatif setiap hari dengan bahan-bahan tidak familiar demi anak mau makan, menggunakan trik visualisasi ini sangat bisa dicoba.


Salah satunya tipsnya adalah dengan memilih rice cooker berdesain imut dari Cosmos, yaitu FABELIA Series. Bukan hanya satu, tapi ada tiga desain menggemaskan yang cocok sekali dengan keceriaan dunia anak, yaitu berdesain Kucing, Harimau dan Koala. 


Mengganti panci saja manjur, mengganti rice cooker yang biasanya berdesain polos, bisa jadi manjur juga, 'kan? 



Rice Cooker CRJ-3307 FABELIA Series Cat, Berdesain Kucing Imut, Sajikan Nasi Hangat Spesial untuk Keluarga

Rice cooker Cosmos

Ibu-ibu galau macam saya yang pusing karena anaknya nolak makan nasi, padahal emaknya hobi makan nasi dan bapaknya juga enggak bisa kalau enggak makan nasi, rice cooker berdesain lucu menggemaskan dari Cosmos ini bisa jadi solusi praktis. Jujur, saya baru kali ini melihat rice cooker bergambar hewan. 

Memakai trik visual untuk memancing selera makan anak, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, dapat direalisasikan dengan rice cooker Cosmos CRJ-3307 Fabelia Series. Masak nasi, pastinya pakai rice cooker, dong? Anak-anak pun juga sudah tahu itu. Kalau alat masak nasinya diganti dengan yang imut-imut begini, seperti tokoh-tokoh kartun di video kesukaan anak, bukannya tidak mungkin anak akan semangat makan nasi.


Berhubung anak-anak saya lagi suka sekali dengan kucing, maka saya memilih yang berdesain kucing. Namanya Mira Si Kucing dengan kode CRJ-3307 C (CAT).


Tidak hanya bergambar wajah kucing di bagian depannya, tapi sampai ke belakang juga ada ekornya. Seperti satu tubuh lengkap kucing. Lucu ya? Tapi buat saya, yang paling menggemaskan adalah hidungnya yang bertuliskan Cosmos. Terus ceklekan-nya seperti mulut. Kalau kata anak saya sih itu lidahnya. Hehe.


Dari tampilannya saja anak saya sudah tertarik. Mirip sama Pusi belang tiga yang ada di Rusun tempat tinggal kami. Warnanya sama persis, yaitu jingga, putih dan hitam.


Bentuknya bagus, kualitasnya oke enggak?

Tak perlu takut. Kualitas Cosmos sebagai merek yang sudah familiar di tengah masyarakat ini, sudah tidak diragukan lagi. Dari segi kualitas, produk ini sudah diproduksi oleh perusahaan yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu sesuai standar ISO 9001:2015 dengan nomor sertifikat 54580/A/0002/UK/En


Rice cooker Cosmos CRJ-3307 Fabelia Series ini memiliki teknologi Smart Heating System, yaitu teknologi pemanasan modern 3D yang menghasilkan perputaran panas merata, sehingga nasi menjadi lezat, pulen dan matang merata. Selain itu sudah dipastikan food grade yang jelas sudah aman untuk konsumsi.


Isi rice cooker Cosmos

Rice cooker Cosmos CRJ-3307 Fabelia Series ini penanak nasi serbaguna. Bukan hanya dapat memasak nasi, tetapi juga bisa menghangatkan dan mengukus makanan. 3 in 1 kalau bahasa singkatnya. Memasak pun jadi lebih praktis dan efisien. Mengukus bakpao atau menghangat sop dan makanan berkuah lainnya langsung bisa di sini juga.


Pancinya anti lengket, enggak bakalan susah dicuci dan mubazir karena ada kerak nasi menempel yang terbuang. Kapasitasnya 1,8 liter, jadi sekali masak cukup untuk makan sekeluarga. 


Cara menggunakannya sama seperti rice cooker pada umumnya. Untuk mempermudah, disertakan juga gelas ukur untuk menakar beras dan air agar perbandingannya tepat. Selain itu, ada pengukus serbaguna juga dan sendok nasi. Berhubung memiliki fungsi untuk mengukus, jadi kita tidak direpotkan lagi mencari wadah kukusan yang pas. Tenang, sudah disediakan lengkap! Tinggal pakai.


Spesifikasi rice cooker Cosmos Fabelia

Jangan lupa, saat jam makan tiba, letakkan rice cooker Mira Si Kucing di meja makan dan mengambil nasinya juga di depan anak-anak. Jadi anak menyaksikan bahwa sepiring nasi hangat yang akan ia makan, di masak oleh "robot kucing". Seru!


Kalau anak sudah tertarik makan nasi, sekeluarga bisa makan dengan menyenangkan. Tidak pusing memikirkan anak yang tutup mulut terus. Semua menikmati serta momen makan bersama menjadi istimewa dan dinanti-nanti. 


Cinta ibu memang sebesar itu. Anak susah makan saja, sampai mencari segala cara. Beruntung ada produk-produk yang mengerti. Seperti Cosmos Fabelia ini. Walau bagi kita orang dewasa yang normal tampak biasa, tetapi bagi anak-anak kita atau orang-orang yang memiliki masalah makan, desain peralatan makan menjadi sangat berarti.


Baca juga: Bahan Masakan Ini Mampu Berikan Rasa Gurih pasa MPASI


Oiya, rice cooker Cosmos CRJ-3307 Fabelia Series ini bisa didapatkan secara online di Official Store Cosmos Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, BliBli, Akulaku dan JD. ID. Jadi tak mesti harus keluar rumah untuk mencari, karena dari rumah pun bisa dibeli. Kemasannya yang ciamik membuat produk ini bisa sekali dijadikan hadiah untuk orang tersayang. Lucu seperti desain rice cooker-nya! Silakan dipilih, mau Mira Si Kucing seperti kesukaan anak-anak saya, Tiara Si Harimau, atau Koara Si Koala. Imutnya sama.


Jika ingin series Mira Si Kucing sama seperti saya, bisa langsung beli di sini

https://tokopedia.com/belanjacosmos/cosmos-crj-3307-rice-cooker-1-8-l-fabelia-series-kucing-cat


***


Cerita pengalaman saya yang sedikit ini membuktikan bahwa kreatifitas dalam mencukupkan kebutuhan nutrisi anak sangat diperlukan. Anak tidak mau makan nasi, tidak perlu semakin menjauhinya dari nasi, namun bisa disiasati dengan visual alat makan yang menarik.


Ingat, selera makan anak bisa dipancing dengan alat makan atau alat memasak yang berbeda dari biasanya. Visualisasi itu berpengaruh dan sudah dibuktikan dengan penelitian.


Selamat memasak dengan rice cooker Cosmos CRJ-3307 Fabelia Series yang lucu. Hadirkan keceriaan keluarga dalam sepring nasi hangat yang menjadikan makan bersama lebih menyenangkan. 


Semoga bermanfaat.

4 comments

  1. Nah iya mba, akupun dulu pas anak2 males2an makannya, ga langsung ganti Ama makanan lain, tapi mulai dari perlatan makan, suasana makan, biar dia tertarik. Kecuali kalo diganti peralatan makannya ttp ga ngaruh, baru deh, ganti makanan 😄. Si Kaka pernah ga suka nasi, dan beralih ke roti2an. Aku sendiri sempet lama makan kentang sebagai Karbo. Tapi biasanya pasti balik ke nasi lagi 🤣.

    Baguus amat rice cookernya. Yg gambar kucing pastinya favoritku, buat kami sekeluarga kucing mah udah kayak keluarga 🤣. Ntr kalo rice cookerku yg skr udh perlu diganti, aku mau beli ini deh. Kyknya baru kali jni liat rice cooker gambarnya lucu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu malah nggak sengaja aja. Pas ganti sendok doang, kok anakku langasng lahap. Padahal menunya sederhana banget. Makanya aku percaya kalau alat makan itu ngaruh banget ke selera makan.
      Monggo Mbak dibeli Cosmos Fabelia Series. Lucu kaaaan 😍

      Delete
  2. Wah bener juga, rice cookernya bermotif, piring bermotif bikin anak seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Anak-anak pasti demen sama yang berdesain imut kayak rice cooker ini.

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)