IndiHome Blogger Inauguration 2022: Relasi, Edukasi dan Rekreasi

2 comments

"Selamat siang, saya dari panitia Malam Inaugurasi IndiHome Blog Competition."

Pesan melalui aplikasi WhatsApp ini menjadi awal dari pengalaman berharga yang saya dapatkan di hari ini, 22 September 2022, tepatnya dalam rangkaian acara IndiHome Blogger Inauguration.


IndiHome Blogger Inauguration 2022

Memang hal pertama yang membuat saya antusias adalah pengumuman pemenangnya. Namun, yang dipersiapkan ternyata lebih dari itu. Panitia menyusunkan acara yang tidak hanya sebatas ajang prestasi, namun juga mengukir cerita bagi kami, para blogger.


Saya bisa bertatap mata dengan teman-teman blogger yang selama ini hanya sebatas bertemu melalui layar.

Saya mendapat edukasi menarik melalui kunjungan ke dua kantor Telkom, yang berlokasi di Bogor dan Jakarta.

Saya juga sekalian berekreasi bersama teman-teman dengan ketertarikan yang sama, sambil menikmati obrolan. Jujur, bagi saya ibu-ibu yang setiap hari berjibaku dengan urusan rumah, ini adalah momen yang di tunggu-tunggu.


Tidak ada yang lebih menyenangkan ketika hobi menjadi pintu penembus batas. Hobi ngeblog yang akhirnya membawa langkah kecil saya untuk bersua dalam momen seperti ini.



Kumpul Bareng Blogger Se-Indonesia

Kumpul blogger


Rasanya nyaris mustahil untuk bertemu, apalagi berkumpul dengan rekan blogger dari provinsi yang secara jarak terpisah jauh. Nah, di sini lah hal tersebut terwujud. Total sekali menfasilitasi kami. Acara diselenggarakan di Jakarta, namun tak perlu ada yang khawatir soal akomodasi. Saya yang tinggal di Jakarta saja, juga mendapatkan fasilitas ini. Menginap di salah satu hotel agar besoknya tidak terlambat karena harus berangkat pagi-pagi ke Bogor. 


Teman-teman yang dari luar Jakarta juga ditanggung transportasinya. Dijemput di bandara dan menjamin sampai ke hotel sesuai jadwal. Intinya, tidak sepeser pun biaya yang kami keluarkan untuk sampai ke lokasi acara. Baik itu ke hotel, ke kantor Telkom yang dikunjungi dan juga ke Hotel Raffles Kuningan Jakarta di mana Malam Inaugurasi diselenggarakan sebagai puncak acara.


Bahkan urusan konsumsi pun dipenuhi. Makanan lengkap tiga kali sehari dan snack. Kalau celoteh salah seorang teman blogger di perjalanan menuju Bogor tadi, "Belum lapar, eh sudah makan lagi."


Terima kasih IndiHome dan semua panitia. Saya pribadi begitu merasa dihargai.


Sedikit banyaknya membangkitkan semangat saya untuk tetap mengembangkan kemampuan blogging karena ternyata apresiasi semesta itu jauh lebih indah dari yang saya bayangkan. 


Berlebihan? Lebay? Tidak. Saya yang baru pertama kali mengikuti acara blogger, yang difasilitasi lengkap seperti ini, benar-benar bersyukur bisa menjadi salah satu peserta IndiHome Blogger Inauguration 2022. Saya yakin, teman-teman pun juga merasakan kesenangan serupa.



Kunjungan Ke Gedung OPMC Telkom Bogor

Gedung OPMC Telkom Bogor

Ada apa sih di sini? Kok sampai menjadi pilihan lokasi kunjungan? Baiklah, akan saya ceritakan lengkapnya agar apa yang membuat saya tertarik bisa menjadi informasi menarik juga buat teman-teman. 

Di gedung ini, ada dua lantai yang menjadi fokus kunjungan. Pertama, Fullfillment Control Center (FCC) di lantai 2, dan yang kedua Departement Sosial Media di lantai 4. Yang paling bikin speechless adalah tidak ada hari libur bagi 2200 karyawan di sini. Wah, kebayang dong bagaimana upaya IndiHome untuk menjaga kenyamanan pelanggan? 


Yuk, sekarang kita bahas satu per satu.


Fullfillment Control Center (FCC)


Fullfillment Control Center (FCC) merupakan salah satu bagian penting pelayanan IndiHome karena di sini semua pendaftaran pelanggan baru akan diproses tanpa terkecuali. Semua permintaan pemasangan internet IndiHome dari seluruh Indonesia terkumpul di sini. Ada bagian verifikasi data yang memastikan bahwa data calon pelanggan sesuai, lalu ada bagian call center yang menghubungi secara langsung para pelanggan baru ini agar tidak terjadi miss, lalu diteruskan sampai pemasangan jaringan terselesaikan dengan baik.


Ternyata, mendaftar IndiHome bisa secara online lo dari website-nya. Jadi tinggal isi data dan foto dengan KTP. Nanti pasti akan masuk ke bagian verifikasi. Saya saja baru tahu saat kunjungan ini. Kini tidak harus menghubungi pihak IndiHome, kita bisa mendaftar secara mandiri.


Departemen Sosial Media


Selanjutnya yang tak kalah seru adalah Departemen Sosial Media. Seiring fitalnya penggunaan berbagai platform sosial media, IndiHome pun juga memenuhi kebutuhan masyarakat melalui departemen ini. Semua yang berhubungan dengan media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya, mulai dari pengaduan, saran atau hal apa pun yang disuarakan pelanggan, departemen inilah yang bertugas memberi respon.


Dalam sebulan, ada jutaan trafik yang masuk, dan takjubnya, itu ditangani satu per satu juga. Misal, kalau ada yang menyampaikan keluhan melalui Instagram dan nge-tag akun IndiHome, departemen inilah yang akan memberi jawaban dan solusi. Begitu pula dengan akun media sosial lainnya.


Intinya, gedung OPMC Telkom akan menjaga kepercayaan pelanggan sebaik mungkin agar tetap sesuai dengan harapan, kemudian juga memberikan edukasi akan manfaat yang didapatkan pelanggan, serta menjamin loyalitas pelanggan.



Next, Ke Telkom Landmark Tower

Telkom Landmark Tower

Kita kembali lagi ke Jakarta, tepatnya ke Gatut Subroto. Kesan pertama saya yang jarang menginjakkan kaki di gedung-gedung tinggi, walau sebenarnya sering melewati, Telkom Landmark Tower ini tinggi sekali! Sampai 50-an lantai. Norak, ya? Ah, tidak apa. Kenyataan, hehe.

Dari sudut pandang pengunjung, dekorasi kantor ini instagramable banget! Baru saja memasuki pintu utama, kami sudah bertemu layar besar dengan pemutaran video atraktif. Memang masih seputar informasi Telkom, namun pengemasannya itu memanjakan mata. Kekinian.


Berhubung pas jam istirahat siang, kami dipersilakan makan dan salat. Beruntung saya menyempatkan salat di mesjid lantai 8. Besar dan luas sekali. Sepertinya bisa memuat semua karyawan segedung. Tempat makannya pun juga tak kalah bikin betah. Terletak di lantai 31, saya bisa makan sambil menikmati pemandangan kota dari jendela kaca. Kapan lagi? Bahkan tepat di sebelah tempat makan ini juga tersedia alat-alat gym. Lengkap banget fasilitasnya.


Lantai 31 di Telkom Landmark Tower


Lanjut ke hal yang lebih serius. Habis leyeh-leyeh, kami kembali ke sesi edukasi ke TIOC (Telkom Integrated Operation Center). Terpampanglah di depan mata semua operasi yang ada di balik produk-produk Telkom. Di layar besar tampil semua data, grafik-grafik terkini kondisi dari setiap layanan Telkom. Jadi kalau ada masalah, bisa langsung terdeteksi.


TIOC (Telkom Integrated Operation Center)


Biasanya, saya melihat layar besar seperti ini hanya di film-film. Semua karyawan fokus ke layar monitor demi memastikan semua dalam keadaan baik. Tujuannya hanya satu, yaitu agar segalanya dapat di-monitoring dan memberi solusi atau penanganan secepat-cepatnya. Bahkan kalau ada masalah serius, karyawan bisa tidur di ruang monitor ini. 


Saya yang melihat langsung bagaimana kerasnya upaya Telkom untuk memastikan layanan yang dimilikinya dapat diakses dengan baik, entah kenapa memberi poin berarti. Minimalnya, untuk ke depan, jangan sekali-kali berburuk sangka bila tiba-tiba ada masalah dari jaringan IndiHome di rumah bermasalah. Alhamdulillah bila penanganannya cepat, berarti masalah tidak serius. Tapi bila proses perbaikannya memakan waktu, belum tentu masalah kita tidak ditangani, tapi memang butuh pengerjaan yang lebih detail.


So, pelanggan pun mesti beretika. Tidak ada satu pun perusahaan yang tidak memaksimalkan layanannya. Hanya saja sebagai pelanggan, kita tidak bisa melihat bagaimana beratnya pekerjaan yang dilakukan agar segalanya bisa berjalan maksimal.



Relasi, Edukasi dan Rekreasi Di IndiHome Blogger Inauguration 2022

IndiHome Blogger Inauguration 2022

Semua pasti setuju bahwa berjumpa dengan teman-teman satu frekuensi akan menciptakan suasana positif. Itulah yang saya dapatkan dari IndiHome Blogger Inauguration 2022. Edukasinya jelas sudah saya jabarkan lengkap dari kunjungan ke dua kantor Telkom. Soal relasi pun juga sudah saya ceritakan dari bagaimana hebohnya ketika bertemu dengan teman-teman blogger yang sebelumnya hanya mengenal nama. 

Rekreasinya di mana? Ini me time saya! Me time berbobot yang padat pengalamanan. Istilahnya sih "daging" banget. Kalau biasanya me time hanya minum segelas kopi, kali ini jauh berbeda. Saya bisa melakukan perjalanan ke Bogor, di perjalanan pun penuh candaan, serta menikmati hidangan makan siang dari ketinggian juga menggurat kesan tersendiri. Happy lah pokoknya!


Malam ini, acara puncak akan menjadi penutup dari perjalaanan kami seharian ini. Siapa pemenang dari lomba blog IndiHome akan diumumkan. Banyak yang tidak sabar dan menunggu-nunggu pastinya. Termasuk saya. Penasaran.


Tapi siapa pun yang menjadi juara, siapa pun yang menang, bisa menjadi salah satu peserta dalam IndiHome Blogger Inauguration 2022 sudah cukup menjadi apresiasi yang luar biasa. Tulisan saya yang mungkin masih jauh dari sempurna, di tulis sambil momong anak pula, akhirnya bisa membawa saya ke sini. 


Sekali lagi, terima kasih IndiHome. Semoga tahun depan bisa ketemu lagi!

2 comments

  1. wah senang banget yaa kak dapat banyak pengalaman dan cerita seru. sharing kakak membuat saya semangat untuk terus nge blog. aku masih suka kayak puasa senin kamis ngeblog nya. hehehe alias enggak rutin. sekali-kali boleh review & input blog aku yaah kak. https://hagyanandaaleeshaa.blogspot.com
    Thank you kak. salam kenal kak Novarty. sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah makasih, Mbak. Nggak apa nggak rutin, nggak harus tiap hari juga nulis blognya, tapi yang penting konsisten. Aku pun nulis juga sesempatnya aja 😊
      Okee nanti aku mampir ke blog Mbak yaaa. Semangat juga Mbaak 💪🏼

      Delete

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)