Berapa Lama Masa Pakai Busi Mobil?

No comments

Sebagai salah satu komponen penting mobil, busi bagaikan jantungnya mesin. Tanpa keberadaanya, mustahil bagi mobil bisa menyala. Busi mobil sendiri berfungsi sebagai pemantik api pada pembakaran di kepala silinder, menghidupkan mesin, membentuk percikan listrik dan menjaga kestabilan.


Sepenting itu, lo!


masa pakai busi

Karena pentingnya peranan busi mobil ini, Anda harus selalu meluangkan waktu untuk memeriksa kondisinya. Sebab, busi mobil memiliki usia pakainya sendiri. Ya, ada limitnya!


Biasanya busi mobil sudah harus diganti ketika sudah mencapai antara 60.000 sampai 80.000 kilometer. Tapi ada juga kondisi di mana meskipun sudah menempuh jarak hingga di atas 100.000 km, busi tetap bisa digunakan karena masih berfungsi dengan baik dan tidak kotor.


Sebenarnya jarak interval penggantian busi memang tidak menentu, semua tergantung kondisi pada busi itu sendiri. Namun idealnya, selain harus diganti jika telah mencapai jarak tempuh seperti yang telah disebutkan tadi, busi biasanya juga harus diganti sejak 12 bulan sejak pergantian busi sebelumnya.


Baca juga: Pengalaman Perpanjang SIM Online dan Biayanya Melalui Aplikasi Digital Korlantas POLRI (SINAR)


Selain itu, masa pakai busi juga bisa ditentukan dari gejala yang bisa diamati pada mobil Anda. Karena penggantian busi tidak selalu terpaku pada jarak saja. Ada berbagai gejala yang merupakan penanda jika busi pada mobil Suzuki kesayangan Anda harus diganti. Gejala tersebut antara lain:

  • Mesin tidak bisa langsung menyala

Pertanda busi mobil perlu diganti yang paling umum adalah ketika mesin tidak bisa langsung menyala. Jadi ketika distarter, mesin butuh waktu beberapa saat untuk akhirnya bisa hidup. Hal ini tentunya menghambat kinerja mobil. Jika Anda mengalaminya, segeralah periksa kondisi busi. Apakah harus diperbaiki atau harus segera diganti dengan yang baru

  • Busi berubah warna

Ciri-ciri lainnya dari kondisi kerusakan busi mobil adalah warnanya yang berubah dari putih menjadi kecoklatan. Perubahan warna ini terjadi akibat proses pembakaran pada ruang bahan bakar yang kurang sempurna, sehingga menghasilkan butiran-butiran halus berwarna gelap seperti arang yang mengotori bagian elektroda dan ujung insulator. Ini juga yang menyebabkan asap mobil jadi berwarna hitam dan mesin susah untuk dinyalakan ketika dalam kondisi dingin.

  • Mesin kurang responsif

Gejala lain dari busi mobil yang sudah habis masa pakainya adalah saat tarikan mesin mobil dirasa kurang responsif. Ketika mesin mobil tidak responsif, otomatis akselerasi pada mobil menjadi tidak maksimal.


Baca juga: 6 Alasan Kenapa Harus Ada Aplikasi Ojek Online Di Gawai Kamu


Nah, agar busi mobil tetap awet, lakukan pemeriksaan busi setidaknya 1 bulan sekali. Pastikan busi dalam kondisi baik, tidak ada bagian yang meleleh atau kotor agar bisa bekerja dengan optimal. Lakukan juga pengecekan pada komponen lain mobil Suzuki kesayangan Anda hanya di bengkel resmi Suzuki. Kunjungi bengkel resmi Suzuki langganan terdekat di kota Anda untuk mendapatkan layanan terbaik dari teknisi profesional dan terpercaya!


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)