Tidak Lagi Insecure, Atasi Jerawat dengan 3 Langkah Ini

No comments

Memiliki jerawat atau noda di wajah tentu sangat mengganggu. Baik dari yang tampak secara visual, maupun rasa sakit yang timbulkan bila jerawat sedang meradang. Tidak sedikit orang yang berjerawat cenderung merasa tidak percaya diri akibat jerawat-jerawat tersebut. Bahkan ada yang sampai tidak mau bersosialisi karena insecure.


Cara mengatasi jerawat

Jangankan jerawat yang banyak, jerawat satu saja sudah menurunkan rasa percaya diri. Betul, kan?


Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya memiliki jerawat itu adalah hal yang normal dan banyak orang yang mengalaminya. Makanya tidak perlu perlu terlalu sedih karena kalau ditangani dengan tepat, jerawat yang menggangu itu bisa sembuh. 


Baca juga: Make Up Daily Simple Cocok untuk Ibu-Ibu Anti Ribet


Nah, untuk menyembuhkan jerawat tentu memerlukan cara penanganan sebagaimana yang akan dibahas pada artikel ini. Ada langkah-langkah yang akan saya share. Penasaran? Simak ulasan nya sampai habis, ya.


Jaga Kebersihan dan Pola Hidup 

Langkah yang paling pertama dan sangat penting dalam menuntaskan jerawat di wajah adalah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup. Terdengar basi, tapi kenyataanya memang inilah yang paling dibutuhkan untuk mengusir jerawat. Logikanya, kalau hidup kita sehat, jerawat yang pada dasarnya adalah "penyakit" akan menyingkir. Percuma saja jika sudah melakukan berbagai perawata, namun langkah yang satu ini belum diterapkan.


Pertama-tama, kita bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti rutin membersihkan wajah, mengganti sarung bantal dan guling, tidak menyentuh-nyentuh jerawat, hingga melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan ini dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat, sebab salah satu faktor utama penyebab jerawat adalah ketidakbersihan seseorang, yang diikuti gaya hidup tidak sehat. 


Coba bayangkan, bila beberapa hal kecil yang dicontohkan tadi tidak dilakukan, pasti akan menjadikan tubuh tidak sehat, kan? Apalagi kalau tidak pernah berolahraga, bisa-bisa masalah jerawat tak akan kunjung selesai. Oleh karena itu, terapkan pola hidup yang bersih dan sehat terlebih dahulu, ya! 



Jangan Menggunakan Make Up yang Berat 

FYI, make up sebenarnya bukan lah penyebab utama munculnya jerawat. Buktinya bisa dilihat dari beberapa orang bisa berjerawat, padahal tidak pernah sekalipun mengoleskan riasan di wajahnya. Sedangngkan pada beberapa orang lainnya yang memakai make up setiap saat, malah tidak terjadi reaksi apa-apa di wajahnya. 


Namun yang menjadikan wajah berjerawat setelah menggunakan make up adalah dari cara membersihkan make up tersebut atau terkandungnya bahan yang bersifat komedogenik. Di mana bahan tersebut terkenal dapat menyumbat pori-pori, lalu bakteri dapat tumbuh dari memakan sisa-sisa minyak, kotoran, dan debu, hingga akhirnya terjadilah peradangan dari dalam yang berujung pada munculnya jerawat. 


Kejadian ini tentu akan memperparah jerawat jika kasusnya wajah yang sudah berjerawat, ditambah dengan memakai make up yang berat, plus diikuti produk yang salah. Wah, makin menjadi-jadi deh jerawatnya.


Jika memang harus menutupi jerawat atau bekas jerawat dikarenakan acara tertentu, kita bisa menggunakan barenbliss Concealer, sebab dengan menggunakan produk tersebut, bekas jerawat atau warna merah akibat peradangan jerawat dapat tertutupi dengan baik. Concealer milik barenbliss ini mengandung salah satu komposisi yang dapat menenangkan kulit dengan sifat anti inflamasi sehingga cocok untuk menutupi noda atau pun jerawat.



Gunakan Skincare yang Tepat dan Sesuai 

perawatan untuk wajah berjerawat

Penting bagi pemilik wajah berjerawat untuk memilih dan menggunaka skincare yang tepat dan sesuai dengan kondisi wajah. Dilansir dari beberapa sumber, terdapat tahap keparahan dari jerawat yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih produk. 


Mulai dari mild, moderate, hingga severe. Bila sudah di tingkat severe, dokter biasanya akan menyarankan jika untuk melakukan konsultasi kepada dokter spesialis kulit. Karena di tahap ini, jerawat yang muncul tidak dapat diobati hanya dengan produk-produk over the counter (OTC) atau produk-produk yang dijual di pasaran secara bebas. 


Diperlukannya kandungan yang lebih kuat untuk membasmi jerawat mode severe, dimana produk tersebut akan diresepkan oleh dokter. Selain mode severe, kita masih bisa untuk menggunakan produk-produk OTC. 


Penting sebelum membeli produk, untuk melihat komposisinya terlebih dahulu. Biasanya untuk membasmi jerawat, diperlukan beberapa tipe skincare, yakni hydrating dan eksfoliasi. Eksfoliasi digunakan untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat. Sementara pada tipe skincare hydrating, lebih tepat digunakan ketika kita sedang tidak melakukan eksfoliasi.


Oh iya, penggunaan skincare eksfoliasi tidak bisa digunakan setiap hari, ya! Karena akan membuat wajah menjadi iritasi. Jika ada jerawat yang bernanah, jangan coba-coba memencet atau memecahkannya dengan paksa. Gunakan acne patch atau spot treatment untik lebih amannya. Salah satu rekomendasi spot treatment yang dipercaya dapat membantu pemulihan jerawat adalah barenbliss Pimple Warrior.


Itu lah beberapa langkah untuk menyembuhkan jerawat yang bisa teman-teman praktikkan. Memang membutuhkan konsistensi dan niat yang kuat agar hasilnya sesuai harapan. Mungkin membutuhkan waktu dan proses yang lebih panjang, karena membasmi jerawat berhubungan dengan bagaimana menerapkan pola hidup sehat. 


Baca juga: Fashion bagi Si Tubuh Gemuk agar Terlihat Langsing


Dan satu lagi, penting untuk diketahui, jika tidak bisa menangani masalah jerawat sendiri, pergilah ke tempat profesional seperti dokter kulit atau tempat perawatan kulit yang terjamin reputasinya. Sebab jika terus memkasa menanganinya sendiri tanpa ada perubahan yang baik, justru hal tersebut dapat menyebabkan jerawat semakin parah dan bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bopeng dan sebagainya. Kalau sudah begini, pasti akan menambah biaya lagi untuk mengatasi masalah keparahan tersebut. 


So, jangan takut datang ke ahlinya, serta pilih dokter yang dipercaya dan berpengalaman.

Semangat untuk sesama pejuang jerawat! Semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)