Alirkan Cinta dengan Masak Seru Bareng Ibu

No comments

"Nanti kalau aku udah besar, Bunda duduk-duduk aja nonton drama Korea. Biar aku yang masak. Supaya Bunda enggak capek."


Masak Seru Bareng Ibu

Ibu mana yang tak "meleleh"? Mendengar anak sulung saya berkata seperti itu dengan wajah polosnya, langsung buru-buru saya peluk dan bilang terima kasih. Bukannya tanpa alasan, sejak mendapat tugas sekolah memasak telur dadar bersama ibu di rumah, dia mulai sering meminta tugas saat saya sibuk di dapur. Seru, ungkapnya.


Baca juga: 2 Versi Resep Olahan Sarden Kalengan dengan Cita Rasa Berbeda


Terlepas terwujud atau tidak, karena saya juga pasti tidak akan pernah menagih janji itu kelak, paling tidak, saya sudah sangat bahagia dengan niat baiknya. 



Ajak Anak Memasak, Aktivitas Seru Penuh Makna

Berantakan? Makin ribet? Jelas akan ada kejadian seperti ini. Makanya, saat mengajak anak masak bersama, terutama anak dengan usia prasekolah dan sekolah dasar, yang dijadikan fokus pertama kali bukanlah untuk membantu agar proses memasak menjadi semakin rapi atau selesai lebih cepat. Namun lebih kepada menanamkan nilai-nilai baik pada anak.


Walau sedikit menambah pekerjaan ibu, untuk beres-beresnya, mengajari ini dan itu, tapi selama caranya tepat, aktivitas ini pasti tetap seru. Saya sering tertawa saat anak-anak melakukan hal di luar prediksi. Pernah telur puyuh yang mereka kupas, hanya tinggal beberapa butir karena habis di makan. Di tambah lagi celotehan lucu khas anak-anak yang spontan terucap selama masak. Misal, "Kenapa sih makanan kita sama kayak hewan? Wortel itu kan makanan kelinci?" Dijamin dapur akan semakin ramai!


Tahukah ibu bahwa mengajak anak memasak, akan memberi makna yang sangat besar? Berikut beberapa di antaranya.


1. Meningkatkan Ikatan

Agar berhasil, butuh niat dan rencana agar kedekatan secara fisik saat memasak, bisa meningkatkan kedekatan emosional juga. Niatkan dulu bahwa kegiatan ibu memasak bersama anak memang bertujuan untuk saling dekat, saling menunjukkan perhatian dan kasih sayang, saling mengerti, serta saling berbagi cerita. Jadi, praktiknya akan mengikuti niat tersebut. Percayalah, ikatan yang kuat antara ibu dan anak, akan memberi dampak positif untuk keduanya hingga nanti-nanti.


2. Bekal Hidup

Dalam tugas mengupas telur puyuh, mengolesi roti dengan mentaga, atau tugas lain yang mungkin  terkesan receh, ada sejuta bekal untuk kehidupan anak dan ibu. Misalnya untuk anak, terlatih kemandirian, tertanam konsep gotong royong, memecahkan masalah, ketelatenan, menjaga amanah, hingga membangun kepercayaan diri anak karena upayanya dihargai dan kehadirannya dibutuhkan. Begitu pula dengan ibu, ada latihan untuk membangun komunikasi dengan anak, memantau perkembangannya, hingga mengetahui pergaulannya.


3. Menghargai Makanan

Ini yang paling penting. Dengan mengetahui proses memasak yang panjang, tidak tiba-tiba saja makanan bisa tersaji di piring, anak akan lebih menghargai makanan yang ia makan. Apalagi kalau sudah terlibat dalam proses memasaknya, akan lebih semangat lagi menyantap hingga habis tanpa sisa.


Ini hanya garis besarnya saja. Mungkin kalau digabungkan dengan cerita ibu-ibu lain, bisa panjang sekali daftarnya. Pasti akan ada aliran cinta di sana. Ibu dan anak sama-sama merasakan indahnya saling diperhatikan, dihargai, disayangi dan dimengerti.

Yakin tidak mau mencoba? 



Bijak Pilih Produk Memasak yang Berkualitas dan Aman

Pilih produk yang aman

Sejak punya anak, saya semakin selektif dalam memilih berbagai produk, terlebih produk yang digunakan dalam aktivitas yang melibatkan anak-anak. Kalau ingin mengajak anak memasak, saya harus memastikan bahwa semua alat yang saya gunakan tidak membahayakan mereka. 


Kompor gas, contohnya. Mulai dari kompor itu sendiri, sampai regulatornya, saya pastikan berkualitas dan tidak abal-abal. Kalau mau memakai blender saat bikin jus buah, atau oven untuk memanggang kue, juga tidak terlepas dari standar saya ini. Jangan sampai aktivitas ibu memasak dengan anak yang harusnya memberi dampak positif, malah terjadi sebaliknya. Gara-gara produk yang digunakan tidak terjamin keamanannya.


Kalau saya, mending pilih merek-merek yang sudah terbukti reputasi baiknya. Kompor Rinnai, salah satu yang paling banyak digunakan keluarga nusantara. Pokoknya kalau berkunjung ke rumah seseorang dan sempat melipir ke dapurnya, pasti produk dari Rinnai Indonesia ini sangat familiar terlihat. Alasannya apa? Karena banyak yang puas selama menggunakannya. Betul, kan? 


Soalnya kompor gas ini bukan merupakan barang sekali atau dua kali pakai langsung ganti. Bisa berpuluh-puluh tahun tidak ganti. Saya menyimpulkan dari kompor gas yang ada di rumah orang tua saya, berpuluh tahun tidak pernah ganti-ganti. Di rumah saya sekarang, sudah 7 tahun juga tidak pernah ganti. Bersyukur sekali karena memilih produk yang tepat dan awet. Dimulai dari Rinnai, memasak jadi tak perlu banyak khawatir.


Sekadar informasi ya, Ibu-ibu, dan saya kira ini bisa dijadikan referensi, Rinnai ini adalah merk global dengan kualitas ternama dari Jepang dan telah beroperasi di 15 negara di seluruh dunia, termasuk salah satunya Indonesia. Berkualitas internasional! Penghargaan pun semakin membuktikan bahwa produknya aman dan berkualitas, yaitu Indonesian Customer Satisfication Award (ICSA) 2008-2013, Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2007 – 2018, No.1 Choice Award For Indonesian Women Survey 2012 dan 2013, Indonesia’s Most Favourite Women Brand 2012, iDea Rumah Award Reader’s Choice 2014 untuk kategori Kitchen Appliances dan Water Heater.


Jadi ibu memang harus jeli mencari informasi produk sebelum membeli. Untung ya sekarang banyak sumber digital yang bisa diselancari. 


Pastikan rice cooker juga aman

Oiya satu lagi, rice cooker. Salah satu alat masak yang juga sudah menjadi kebutuhan dalam urusan menanak nasi. Jangankan yang sudah berkeluarga, saat masih gadis, rice cooker Miyako yang ginuk-ginuk mini, ukuran paling kecil, sudah menjadi idola di kalangan para anak kost. Harganya terjangkau, dan super awet. Saya masih ingat, warnanya biru. Bahkan masih saya pakai saat baru menikah. Kalau sekarang, tentunya sudah upgrade size. Mana cukup lagi?


Keamanan dan kualitas rice cooker ini juga tak kalah penting. Pertama, menaruhnya pasti di sekitar meja makan. Saya malah di meja makannya. Anak-anak saya bisa sangat dekat dengan rice cooker tersebut, atau kadang meminta menyendokkan nasi sendiri ke piringnya. Kedua, memasak nasi juga pakai ini, sampai ke bahan terkecil yang dipakai dalam proses pembuatannya, bisa berpengaruh pada kualitas nasi yang sekeluarga makan. Pokoknya makanan yang masuk ke tubuh ini pasti berkaitan dengan wadah masak yang digunakan. 


Sekali lagi, mending pilih yang aman saja. Rice cooker Miyako dan kompor Rinnai bisa menjadi pilihan alat masak yang aman dan berkualitas, terlebih bila mengajak serta anak memasak bersama. Kalau sudah aman, bisa lebih fokus memaksimalkan waktu berkualitas tersebut. Setuju?


Eh, hampir kelupaan. Tadi sempat menyinggung regulator, rasanya penting juga membahas sedikit tentang ini. Saya awalnya sempat memilih regulator yang harganya lebih miring. Tapi ternyata gasnya jadi bocor terus, pas di pasang susah atau malah awalnya terpasang dengan pas, tiba-tiba saja bocor sendiri. Ini bahaya banget ya, Bun! Jadi, lagi-lagi saya membeli regulator dengan merek yang sudah familiar. Salah satunya ya Miyako.  


Kalau boleh merekomendasikan, kompor Rinnai, rice cooker Miyako dan regulator Miyako ini, bisa menjadi teman wajib anda dalam urusan masak yang bikin aman dan nyaman.


Mungkin ada yang bertanya, memang produk Miyako itu banyak, ya? Yes, berbagai peralatan rumah tangga, seperti Magic Warmer Plus, Blender, Kipas Angin, Water Dispenser, Mixer, Kompor Gas dan Regulator Gas. Semuanya ini bersertifikat SNI. Selain itu, produknya pun mudah dijumpai karena ada 1000+ dealer yang menjual beragam produk Miyako. Baik itu di pasar tradisional, pasar modern hingga di e-commerce


Ada kah yang juga menggunakan kompor Rinnai, rice cooker Miyako atau mungkin regulatornya? Boleh banget lo berbagi cerita di kolom komentar. Mana tau bisa menjadi referensi bagi yang lain.



Miyako x Rinnai Ajak Para Ibu Abadikan Momen Bahagia Bersama Anak Di Dapur

Miyako x Rinnai

Kebetulan kita sedang membicarakan dua merek idaman ibu-ibu, Miyako dan Rinnai, ada kompetisi menarik nih yang juga cocok dengan kehidupan ibu-ibu. Apalagi bagi ibu yang suka mengajak anaknya masak bersama. Jejak kehangatannya akan terekam dan tersebar lebih luas, serta berkesempatan mendapat apresiasi kemenangan juga. Kurang menarik apa coba?


Jadi, untuk merayakan hari Ibu tanggal 22 Desember nanti, serta Natal dan Tahun Baru 2023, Miyako dan Rinnai berkolaborasi untuk menghadirkan kompetisi foto di platform Instagram. Miyako x Rinnai mengajak para ibu untuk mengabadikan momen bahagia dan seru dalam melakukan aktivitas di dapur bersama buah hati tercinta. Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 1 - 30 Desember 2022. Catat ya, Bun.


Temanya adalah “Masak Seru Bareng Ibu”, yang bertujuan agar para ibu dapat lebih dekat dengan anak, serta memberikan edukasi kepada anak akan banyaknya kegiatan positif yang dapat dilakukan di rumah bersama keluarga. Pas banget, sebentar lagi mau libur, kan? Ini waktu yang tepat untuk merencanakan kegiatan memasak bersama anak, agar waktu libur tetap terisi oleh kegiatan seru, meski di rumah. 


Apalagi sekarang ibu-ibu sudah semakin kreatif dalam membuat konten digital di media sosialnya. Saya sendiri suka takjub, dan sering bertanya ke teman-teman sesama ibu, bikin kontennya pakai aplikasi apa atau tips pengambilan gambarnya seperti apa. Nah, kompetisi foto ini bisa banget dijadikan wadah menuangkan kreativitas tersebut. Media sosial jadi dapat dimanfaatkan dengan bijak dan positif, serta menularkan makna berkreasi di dapur bersama anak. Menambah kegiatan produktif ibu juga pastinya.


Baca juga: Resep Pancake Lembut Anti Gagal, Cocok untuk Sarapan dan Cemilan


Selain itu, Miyako x Rinnai juga akan mengadakan Live Cooking Demo di Instagram pada tanggal 23 Desember 2022 nanti, yang berlangsung dua kali, yaitu pukul 09.00 - 10.00 WIB di Instagram Rinnai (@rinnai_indonesia) dan pukul 14.00-15.00 WIB di Instagram Miyako (@miyako_indonesia). Tentunya dengan menggunakan beberapa produk dari Miyako dan Rinnai. Jadi bisa intip-intip keunggulan produk kalau ada rencana mau beli. Spesialnya lagi, akan ada hujanan hadiah menarik yang akan dibagikan selama acara berlangsung!


Acara puncak dari kompetisi “Masak Seru Bareng Ibu” ini tentunya pengumuman pemenang. Ingin tau hadiahnya?  Kesempatan untuk masak bersama Chef Norman Ismail secara langsung di studio Miyako x Rinnai! Wah, kapan lagi bisa sedapur sama celebrity chef?  Menangkan juga hadiah produk-produk Miyako dan Rinnai dengan total puluhan juta rupiah dan ratusan merchendise menarik lainnya. Berlimpah hadiah banget!


Pokoknya pantau terus seluruh media sosial Miyako x Rinnai, karena pemenang utama yang sudah terpilih akan diumumkan secara langsung di sini. 


Saya selalu bahagia bila ada kompetisi yang mendekatkan ibu dan anak seperti ini. Bukan hanya sebatas berharap mendapatkan hadiahnya, malah hadiah yang paling berarti adalah kesempatan untuk bisa beraktivitas dengan anak. 


Jangan lupa ikutan, ya! Mumpung deadline waktunya masih lama.

Selamat bersenang-senang bersama anak di dapur, Moms.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)