Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Renovasi Rumah

No comments

Merenovasi rumah bukan hanya untuk membuat hunian semakin cantik, nyaman, indah atau sesuai dengan selera Si Pemilik, namun juga untuk membenahi kerusakan yang ada seiring pertambahan usia pemakaian. Maka wajar bila renovasi selalu dibutuhkan. Setuju?


Pinjaman Tanpa Jaminan

Sayangnya, keinginan ini kerap tertunda karena terkendala biaya. Butuh biaya yang tidak sedikit, bahkan hanya ntuk satu sudut ruangan saja. Namun kini, apabila teman-teman butuh renovasi rumah sesegera mungkin, tak perlu khawatir khawatir soal dana. Bisa memanfaatkan pinjaman tanpa jaminan atau KTA untuk mendapat tambahan dana renovasi ini. Menarik, 'kan?


Pinjaman dana KTA dapat dimanfaatkan untuk membeli berbagai kebutuhan saat merenovasi. Bukan hanya bahan bangunan, namun lebih banyak dari yang dikira. Mulai dari membeli material, membayar jasa tukang, dan berbagai kebutuhan lainnya. 


Baca juga: Ingin Rumah Lebih Rapi? 5 Furnitur Ini Bisa Jadi Solusi


Pokoknya, layanan KTA sangat bisa dijadikan solusi bagi orang yang ingin merenovasi rumah segera atau dalam kondisi mendesak, tapi dananya masih belum cukup. Nah sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara pengajuan KTA dan memanfaatkannya untuk renovasi rumah. Baca artikel ini sampai habis, ya!


Pengajuan KTA untuk Renovasi Rumah

Saat rumah yang kita tinggali bersama keluarga sudah tak lagi mendukung berbagai aktivitas dan kebutuhan, tandanya perlu dilakukan renovasi. Bisa juga saat kita dan pasangan ingin upgrade hunian menjadi dua lantai atau menambah ruang, maka sudah waktunya pula untuk merenovasi rumah agar tetap memenuhi kenyamanan.


Agar tidak memberatkan kondisi keuangan keluarga, kita bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari perbankan. KTA ini banyak digemari karena proses pengajuannya tidak membutuhkan syarat jaminan. Tidak perlu repot menyerahkan aset berharga ke pihak bank sebagai jaminan, seperti ketika mengajukan kredit pada umumnya.


Beberapa bank memudahkan nasabahnya untuk mengajukan KTA lewat aplikasi mobile banking mereka, seperti PermataBank. Tapi perlu digaris bawahi bahwa sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.


1. Melengkapi Persyaratan Dokumen

Hal pertama yang perlu dsiapkan sebelum mengajukan KTA adalah melengkapi berkas atau dokumen yang disyaratkan oleh bank. Isi formulir pengajuan KTA yang biasanya disediakan oleh pihak bank. Selain itu, kita akan diminta melampirkan sejumlah dokumen. Dalam hal ini, masing-masing bank pasti memberlakukan syarat yang berbeda-beda. Namun secara umum, berkas yang diperlukan di antaranya adalah fotokopi KTP (bagi WNI), fotokopi KITAS (bagi WNA) serta fotokopi NPWP.


Perlu juga menyertakan slip gaji dan fotokopi kartu kredit. Slip gaji digunakan oleh pihak bank untuk melihat kemampuan kreditur dalam mengembalikan pinjaman. Bank akan melihat riwayat kartu kredit untuk tahu rekam jejak aktivitas keuangan kita. Jadi, pastikan riwayat kredit tetap bersih atau tidak pernah bermasalah, ya.


2. Proses Verifikasi

Setelah berkas lengkap diterima, pihak bank akan meminta calon kreditur menunggu proses verifikasi. Pihak bank pun mengecek dokumen serta riwayat kredit yang pernah diajukan sebelumnya. Proses ini dilakukan untuk melihat kebenaran data dan menilai kelayakan calon kreditur sebagai penerima layanan KTA.


3. Konfirmasi Pengajuan KTA

Selanjutnya, pihak bank akan mengkonfirmasi diterima atau tidaknya pengajuan KTA calon kreditur setelah proses verifikasi selesai. Apabila pengajuan disetujui, maka biasanya akan langsung dihubungi oleh bank. Setelah itu, akan diberi tahu waktu penandatanganan akad kredit. Biasanya, proses pengajuan kredit memakan waktu 3 sampai 5 hari kerja kalau data sudah lengkap.


4. Pencairan Dana

Apabila pengajuan KTA sudah resmi diterima, kreditur dapat mencairkan dana berdasarkan kebijakan dari bank. Ada bank yang meminta kreditur untuk menandatangani akad kredit lebih dulu sebelum proses pencairan. Ada pula bank yang langsung mentransfer dana ketika pengajuan KTA sudah disetujui.


Dengan mengetahui cara mengajukan pinjaman tanpa agunan ini, kita bisa tidak meraba-raba lagi ketika membutuhkan dana segera untuk keperluan renovasi rumah. Pasti ada saja kan renovasi yang tidak bisa ditunda, seperti atao bocor atau kerusakan parah yang membuat penghuni sangat terganggu?



Manfaat KTA untuk Renovasi Rumah

Pinjaman tanpa jaminan

Sebelum mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan, pastinya kita perlu mengetahui manfaat apa saja yang bisa diperoleh. Jangan sampai setelah mendapatkan dananya, malah digunakan secara sembarangan. Berhubung kali ini akan digunakan untuk hunian, berikut beberapa manfaat yang bisa dinikmati saat mengajukan KTA untuk renovasi rumah.


  • Solusi Kebutuhan Dana secara Cepat

KTA adalah produk yang sangat membantu untuk mewujudkan rumah impian. Saat pengajuan KTA disetujui, dana pinjaman akan langsung dicairkan ke rekening yang didaftarkan. Proses pengajuan KTA di era digital seperti sekarang ini sangatlah cepat. Biasanya, bank akan memproses pengajuan dalam 3 sampai 5 hari kerja. Proses pencairannya pun sangat cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama. Jadi, atap rumah bocor yang butuh penangan cepat di musim hujan atau dinding yang retak dan tampak membahayakan bisa segera diperbaiki.


  • Tenor Cicilan Lama

Dengan pinjaman KTA, kita bisa mendapatkan tambahan modal untuk renovasi rumah. Tidak perlu pusing memikirkan stabilitas keuangan keluarga dan tak perlu menunda lagi. Tanggungan yang tersisa hanyalah mengembalikan dana KTA secara mengangsur atau cicilan. Tentu ini lebih meringankan.


Tenor cicilan KTA atau masa pengembalian dana yang diberlakukan oleh tiap bank biasanya tak sama. Misalnya PermataKTA dari PermataBank yang menyediakan tenor selama 3 bulan sampai 5 tahun. Kreditur bisa memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Suku bunga cicilan yang ditanggung juga akan berbeda-beda tergantung dari tenor cicilan, plafon, hingga kebijakan bank yang dipilih.


  • Tidak Perlu Jaminan

Saat mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan, kita tidak perlu memberikan jaminan, seperti sertifikat rumah, kendaraan, atau perhiasan. Beda halnya dengan kebijakan kredit lain yang mengharuskan memberi aset berharga sebagai jaminan. Tidak mungkin kan untuk renovasi rumah, malah memberi jaminan rumah? Hehe. Intinya, poin ini kembali meringankan kreditur.


  • Jumlah Pinjaman Besar

Meski tidak memerlukan jaminan, produk KTA menawarkan jumlah pinjaman yang cukup besar, lo! Produk kartu kredit tanpa agunan PermataKTA dari PermataBank contohnya, menyediakan pinjaman mencapai Rp300 juta. Kita hanya perlu menyesuaikan jumlah dana yang dipinjam dengan estimasi biaya perbaikan rumah. Renovasi rumah pun bisa dituntaskan.


  • Pengajuan Praktis

Semakin berkembangnya teknologi, pengajuan pinjaman KTA kini sudah tidak ribet lagi. Pengajuan pinjaman KTA dapat dilakukan melalui aplikasi perbankan yang ada di smartphone. Jadi tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke bank. 



Tips memilih KTA untuk Renovasi Rumah

Ada banyak pinjaman uang tanpa jaminan dari berbagai lembaga keuangan atau perbankan. Sebelum mengajukannya, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini agar dapat memilih yang tepat dan tidak asal.

1. Pilih Suku Bunga Rendah

Setiap bank memiliki kebijakan suku bunga yang berbeda-beda. Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga rendah, sehingga angsuran pengembalian pinjaman jadi lebih ringan.

2. Pilih Tenor yang Sesuai

Pilihlah tenor pembayaran yang sesuai dengan kemampuan pengembalian dana. Kalau kita bisa melunasinya dalam jangka waktu 1 tahun, tidak perlu memilih tenor selama 2 tahun atau lebih.

3. Ajukan Pinjaman sesuai Kebutuhan

Saat ingin merenovasi rumah, kita tentu perlu merinci anggaran pengeluaran terlebih dulu. Cari tahu barang apa saja yang diperlukan dan kisaran harganya. Dengan begitu, kita bisa menentukan jumlah pinjaman agar sesuai dengan besaran dana yang dibutuhkan.

4. Pilih Bank dengan Pengajuan Mudah

Perlu memilih bank yang proses pengajuannya mudah. Misalnya dengan memilih bank yang memberlakukan syarat sederhana atau tidak ribet untuk pengajuan KTA. Pilih juga bank yang menyediakan aplikasi mobile banking untuk pengajuan KTA secara online, agar bisa melakukan pengajuan KTA tanpa mengganggu kesibukan.



Mengajukan PermataKTA untuk Renovasi Rumah

Salah satu layanan KTA online yang bisa di manfaatkan untuk renovasi rumah adalah PermataKTA. Produk pinjaman tanpa agunan dari PermataBank ini menyediakan pinjaman dana mencapai Rp300 juta, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan merenovasi rumah.


Pengajuan PermataKTA pun cukup praktis. Bisa dilakukan secara online dari mana pun dan kapan pun dengan menggunakan mobile banking PermataMobile X. Mobile banking ini bisa diunduh di Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna Apple).


Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman hingga Rp300 juta, kelebihan lainnya adalah bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta jangka waktu pinjaman fleksibel dari 3 bulan hingga 5 tahun. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.


Baca juga: Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Juga Ada Ilmunya, lo! Yuk, Simak 8 Tips Berikut


Semoga informasi ini bisa menjadi solusi teman-teman yang hendak merenovasi rumah, tapi masih bingung soal dana yang pastinya tidak sedikit. 

Selamat merenovasi rumah untuk hunian yang menyamankan!

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)