Beragam Jenis Buah untuk Penambah Imun Tubuh, Menyehatkan!

No comments

Kesehatan adalah koentji! Betul? Kalau tubuh sudah sehat, melakukan apa saja jadi lebih lanvar. Coba kalau sakit, sakit kepala saja deh, atau batuk dan flu, pasti bakal menimbulkan masalah baru. Minimal masalah dengan dampak buruk dari penyakit itu sendiri.


Buah untuk Penambah Imun Tubuh

Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh, ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah untuk penambah imun tubuh. Yang alami-alami saja, tapi manfaatnya juara. Hal ini dikarenakan buah untuk penambah imun tubuh diketahui mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang mampu mengoptimalkan proses metabolisme.


Baca juga: Gigi Anak Bolong! Yuk, Crosscheck Makanannya


Lantas, apa saja rekomendasi buah untuk penambah imun tubuh? Mari intip daftar rekomendasinya di sini.



Rekomendasi Buah untuk Penambah Imun Tubuh

Terdapat beragam rekomendasi buah untuk penambah imun tubuh yang baik dikonsumsi dalam menu makanan sehari-hari, seperti pepaya, jeruk, bluberi, jambu biji, stroberi, kiwi, dan apel. Beberapa di antaranya sangat mudah didapatkan dan sangat familiar. Memangnya apa sih kandungan dalam buah-buah tersebut? Berikut masing-masing penjelasannya.


1. Pepaya

Pepaya adalah rekomendasi buah untuk penambah imun tubuh yang pertama. Pepaya ini diketahui mengandung vitamin C tinggi sehingga mampu mengoptimalkan kerja daya tahan tubuh. Selain itu, pepaya memiliki kandungan kalium, folat, dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Bahkan, konsumsi pepaya secara rutin juga mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, lo! Dari dulu, sejak saya masik kecil, kalau sudah sembelit, pasti yang pertama kali diingat adalah pepaya. Ada yang sama?


2. Buah Sitrus

Saat membicarakan buah untuk penambah imun tubuh, belum lengkap rasanya jika tidak menyebutkan buah sitrus. Buah sitrus, seperti jeruk nipis, lemon, dan jeruk bali, mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Kandungan antioksidan pada buah sitrus juga mampu mengurangi kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas di dalam tubuh.


3. Bluberi

Blueberi merupakan buah rendah kalori yang mengandung vitamin dan antioksidan tinggi. Karena itulah, bluberi baik dikonsumsi sebagai buah untuk penambah imun tubuh. Dengan mengonsumsi buah bluberi secukupnya, sistem imun mampu mencegah efek radikal bebas yang dapat memicu peradangan dan kerusakan DNA sel. Cara mengonsumsi bluberi ini pun terbilang mudah, dapat dijadikan sebagai topping yogurt ataupun oatmeal untuk sarapan di pagi hari.


4. Stroberi

Masih satu keluarga dengan bluberi, buah penambah imun tubuh yang baik dikonsumsi dalam menu sehari-hari adalah stroberi. Stroberi mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan, yaitu antosianin yang tinggi, di mana kandungan tersebut mampu mengurangi kadar kolesterol jahat berlebih di dalam tubuh. Mau dimakan langsung, dibikin jus, dibuat smoothies atau diolah dalam bentuk makanan lain, stroberi tetap lezat untuk disantap.


5. Jambu Biji

Rekomendasi buah yang bagus untuk daya tahan tubuh berikutnya adalah jambu biji. Tak hanya kaya vitamin C, jambu biji juga mengandung serat dan protein tinggi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan serangan virus atau bakteri. Jambu biji pun ada beberapa jenis, seperti jambu bii kristal yang putih dan garing saat digigit, ada yang merah dan kuning dengan tekstur lebih lunak. Yang merah ini nih, yang umumnya dibikin jus.


6. Kiwi

Serupa dengan buah jambu biji, kiwi juga menjadi buah yang baik untuk daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin K, serat, dan asam folat tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, dalam satu buah kiwi berukuran sedang, terdapat kandungan vitamin C sebesar 71 miligram yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa sebanyak 79 persen. Mungkin karena ini buah kiwi rasanya asam. Tapi tetap banyak penggemarnya karena asam-asam enak.


Baca juga: 10 Hal Sederhana Ini Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuhmu


Itulah sederet rekomendasi buah untuk meningkatkan imun tubuh yang baik dikonsumsi dalam menu makanan sehari-hari. Memang sih yang lebih baik itu adalah rutin mengonsumsi buah. Semua ahli kesehatan pasti merekomendasikan hal yang sama karena sudah terbukti khasiatnya. Alami pula. 


Namun, perlu diingat bahwa selain mengonsumsi makanan sehat, penting pula untuk rutin berolahraga dan mencukupi waktu istirahat guna memaksimalkan kerja daya tahan tubuh. Olahraga 30 menit sehari, serta tidur 6-8 jam sehari. Jangan keseringan begadang, ya. 


Semoga bermanfaat.

No comments

Sebelum komentar, login ke akun Google dulu ya teman-teman. Jangan ada "unknown" diantara kita. Pastikan ada namanya, biar bisa saling kenal :)